TheNinetiesKid
TS
TheNinetiesKid
Penangkapannya hebohkan dunia, siapakah Ghislaine Maxwell?
Ketika sex offender dan pedofil Jeffrey Epstein ditemukan tewas bunuh diri di sel tahanannya pada Agustus lalu, pihak berwajib pun terpaksa memindahkan fokus mereka ke antek-antek Jeffrey Epstein. Salah satunya, dan yang paling terkenal, adalah Ghislaine (dibaca gi-len) Maxwell. 

Selama puluhan taun, Ghislaine merupakan salah satu wanita kepercayaan Jeffrey. Dan korban-korban Jeffrey pun menuduh Ghislaine ikut terlibat dalam aksi-aksi kriminalnya. Ia dituduh terlibat sebagai perekrut wanita-wanita muda yang nantinya akan menjadi korban Jeffrey.

Tanggal 2 Juli kemarin, di New Hampshire, AS, Ghislaine Maxwell ditahan oleh FBI, setelah menjadi buronan selama hampir setahun. Berita ini tentu menggemparkan dunia, dan terutama Amerika Serikat. Jadi siapa Ghislaine Maxwell?


Ghislaine Maxwell di tahun 1995. Foto: Chris Ison/AP

Lahir pada tanggal 25 Desember 1961, ia merupakan anak bungsu dari Robert Maxwell, seorang taipan media sukses asal Inggris. Dari lahir, ia hidup dalam kekayaan, namun sering diterpa kontroversi. Pada tahun 1991, ayahnya ditemukan tewas di lautan samudera Atlantik dalam keadaan tanpa busana. Ia terjatuh dari yachtnya (yang dinamai Lady Ghislaine) didekat Canary Islands. Ternyata, Robert telah menggelapakan puluhan juta poundsterling dari dana pensiun perusahaannya. Setelah kematian ayahnya, Ghislaine pindah ke AS, dimana ia mulai dekat dengan Jeffrey Epstein.

Setelah ditangkap, Ghislaine Maxwell dituntut atas tuduhan mengajak anak-anak dibawah umur untuk melakukan tindakan seks ilegal. Dalam dokumen persindangan, para pengacara dari Virginia Giuffre, salah satu korban Jeffrey Epstein, mengatakan bahwa Ghislaine adalah salah satu konspirator utama dalam mencari gadis-gadis dibawah umur. Mereka juga mengatakan bahwa Virginia dihampiri oleh Ghislaine ketika ia sedang bekerja resort milik Donald Trump dan ia ditawari pekerjaan. 


Jeffrey Epstein dan Ghislaine Maxwell.

Jeffrey dan Ghislaine lalu "mengubah [Virginia] menjadi budak seks dari tahun 1999 sampai 2002". Virginia sendiri menyatakan bahwa training tersebut dimulai segera setelah ia bertemu Ghislaine. "Training tersebut termasuk cara memuaskan nafsu Jeffrey, cara untuk diam dan patuh dengan segala kemauannya," ujar Virginia. Pada tahun 2015 lalu, Ghislaine sudah menolak keras tuduhan dari Virginia dan mengatakan bahwa semua tuduhan tersebut tidak benar adanya.

Dalam dokumen yang sama, satu korban lain, Joanna Sjoberg bersaksi bahwa ia "dihampiri oleh Ghislaine di kampus Palm Beach Atlantic College" pada Februari atau Maret 2001. Ia ditawarkan bekerja mengangkat telepon kantor, posisi yang hanya bertahan selama satu hari. Tak lama dari itu, ia diajari "cara untuk memijat" Jeffrey Epstein. Pengurus rumah Jeffrey, Juan Alessi, mengaku bahwa ia telah melihat "kurang lebih 100" wanita tukang pijat datang ke rumah Jeffrey.

Virginia Giuffre mengatakan bahwa saat ia berumur 17 tahun, ia dipaksa untuk bersetubuh dengan Pangeran Andrew di apartemen Ghislaine Maxwell di London. Ia juga mengatakan bahwa pertemuan tersebut difasilitasi oleh Ghislaine. Terdapat satu foto yang sudah tersebar luas, dimana Pangeran Andrew terlihat merangkul erat Virginia Giuffre. Foto tersebut diduga diambil dirumah Ghislaine, dan ia sendiri terlihat berdiri dibelakang dua orang tersebut.



Dalam sebuah wawancara dengan BBC, Pangeran Andrew menolak tuduhan dari Virginia, dan mengisyaratkan bahwa foto tersebut adalah hasil editan. Ia mengaku tidak ingat pernah berfoto dengan Virginia. Pangeran Andrew mengatakan bahwa ia terakhir bertemu Ghislaine Maxwell pada Juni 2019 lalu, namun mereka tidak membahas Jeffrey Epstein sama sekali. "Jika ada pertanyaan yang harus dijawab oleh Ghislaine, itu urusannya sendiri." ujarnya.

Diterjemahan dari artikel di ABC Australia, "What do we know about Ghislaine Maxwell?".
agusrezapratam4Junmai92newterminalspa
newterminalspa dan 33 lainnya memberi reputasi
34
15.1K
95
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.7KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.