• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nostalgia 7 Kebiasaan Pengguna Hape Jadul Yang Sulit ditemukan di Era Smartphone

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Nostalgia 7 Kebiasaan Pengguna Hape Jadul Yang Sulit ditemukan di Era Smartphone
Kebiasaan apa saja yang sering dilakukan di handphone atau smartphone zaman sekarang? Banyak sekali, dari mulai bermain game, mendengarkan musik, bersosial media, chattingan, nonton film, dll. Kecanggihan smartphone dimulai ketika memasuki era 2010an tapi sebelum itu, teknologi ponsel memang belum secanggih sekarang namun para pemegang ponsel jadul tetap mempunyai kenangan yang dulu pernah jadi kebiasaan. Ya, ada beberapa kebiasaan yang menjadi ciri khas di hape jadul gan. Ini dia ulasan singkatnya.

1. Pasang Ring Back Tone
Dulu belum ada streaming musik seperti sekarang dan tidak semua hape bisa memutar file MP3. Ada layanan yang namanya Ring Back Tone (RBT) yang sebenarnya sampai sekarang masih ada namun sudaj tidak ramai lagi. Dulu memasang RBT adalah sebuah hal yang membanggakan karena si penelepon kita akan mendengarkan lagu favorit kita. Harganya ya sekitar 10 ribu/bulan hanya untuk membuat si penelepon kita mendengarkan musik nada tunggu.

2. Ketik SMS Pakai Huruf Alay
Sebelum layanan pesan instan menjadi umum seperti sekarang, SMS adalah komunikasi jarak jauh sejuta umat. ABG pada masa itu biasanya mengetik teks SMS dengan huruf alay seperti menggantinya dengan angka sampai huruf besar dan kecil yang disatukan contohnya adalah "Sl4mAt m4l4M." emoticon-Ngakak

3. Sebagian Teks Hilang
Yang pernah merasakan kejayaan SMS di era layar monochrome pasti paham ini. "Sebagian Teks Hilang" adalah tulisan yang muncul di akhir pesan SMS karena biasanya si pengirim terlalu panjang dalam mengetik SMS hingga lebih dari satu layar. Seperti yang diketahui SMS hanya bisa mengirim 160 karakter dan bila lebih maka akan akan dianggap dua SMS dan seterusnya. Makannya zaman SMS, tulisannya juga disingkat-singkat.


4. Buka waptrick.com
Memasuki era GPRS dan wap, banyak hape yang bisa mengakses internet dengan kecepatan alakadarnya namun sudah cukup membuat penggunanya senang. Situs wap yang paling terkenal adalah waptrick.com yang menyediakan berbagai konten gratis mulai dari wallpeper, game java, hingga file MP3. Bisa download wallpaper baru saja waktu itu adalah sebuah kecanggihan yang hakiki.

5. Ketik Reg Spasi
Masih ingat pulsa amblas cuman karena kemakan iklan di tv atau majalah? Ya, dulu sempat marak layanan SMS premium yang menawarkan konten gratis seperti game, pesan enggak jelas, dll. Pengguna disuruh mengirimkan SMS dengan format tertentu seperti REG spasi AC ke 9090 untuk mendapatkan game java Assassin's Creed. Embel-embel gratis namun ternyata nantinya pulsa akan tersedot emoticon-Ngakak. Siapa agan di sini yang pernah iseng ikutan SMS seperti ini pakai hape ortu emoticon-Big Grin.

6. Transfer File Infrared
Wifi belum ada dan bluetooth tidak semua hape punya, maka hape yang punya infrared bisa memindahkan file tapi waktunya lama banget. Untuk bisa memindahkan satu file musik saja mungkin bisa memakan waktu sampai setengah jam dan itupun kedua perangkat harus didekatkan mirip pengantin yang mau menjalani akad nikah emoticon-Ngakak

7. QWERTY Everywhere
Terakhir, saat memasuki akhir 2000an dan smartphone Blackberry tengah naik daun. Bermunculanlah berbagai ponsel lokal atau entah buatan mana yang menjadi Blackberry wannabe dengan tampilan QWERTY, berharga murah mulai dari tiga ratus ribuan tapi jelas bukan smartphone. Orang-orang pun berbondong-bondong membeli Blackberry wannabe tersebut seperti Nexian, Mito, Cross, dan merk aneh lainnya.

Nah, gimana gan, ada yang mau nambahin enggak nih? emoticon-Ngakak

Quote:
yugicchi
orgbekasi67
ujellyjello
ujellyjello dan 66 lainnya memberi reputasi
67
18.7K
429
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.