i.am.legend.
TS
i.am.legend.
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an

Ilustrasi Surat Cinta


Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an


Quote:



Gw terkadang suka senyum-senyum sendiri jika mengingat masa-masa di SMA. Masa yang paling indah kalau orang bilang. Pernah nakal ikut tawuran. Aktif di kegiatan ekstrakurikuler. Sampai suka hiking, camping, dan.... bikin puisi! Apalagi saat itu gw ada dikepengurusan OSIS dan mengelola majalah sekolah, praktis gw punya banyak kesempatan untuk bikin cerita pendek dan bikin puisi.

Akibat 'keahlian' gw itulah akhirnya gw suka diminta untuk membuat puisi sama teman-teman sekolah gw, sampai yang paling ekstrim lagi, bikin surat cinta! Sampai suatu ketika teman gw marah ke gw karena cewek yang ditaksirnya pas didepan gw minta dibacain puisi yang pernah ditulisnya didalam surat cinta ke cewek itu (yang sebenarnya emang gw yang bikin). Praktis dia gak bisa. Eh, gw keceplosan bacain puisi itu diluar kepala ( ya hafal lah gw). Akibatnya cewek itu tahu kalau puisi didalam surat cinta itu gw yang bikin. Dan parahnya lagi, dia juga menduga semua tulisan puitis didalam surat cintanya itu hasil pikiran gw, dan sayangnya ini bener. Berantakan dah semuanya.

Kesananya? Bisa diduga. Tiap ada cewek yang dapat surat cinta dengan kata-kata yang melambungkan angan cewek, cewek itu pasti datang ke gw dan minta kepastian, itu yang bikin gw atau bukan? Wkwkwkwk.... Akhirnya seret mata pencaharian gw. Padahal kan lumayan, dari bisnis surat cinta, gw dapat pemasukan tambahan uang jajan. Sadis! Bisnis surat cinta!

Tapi emang bener koq.
Dulu, surat cinta itu sangat tinggi nilainya. Itu ibarat sebuah pengakuan tentang diri kita. Apalagi tulisannya adalah tulisan tangan kita sendiri, jadi bisa dinilai seberapa berartinya orang yang mendapat surat cinta itu. Dan kertasnya, dari kertas robekan buku hingga kertas khusus beli di Gra*****.

Dan berharap mendapat balasan dari surat cinta yang kita kirim kepada orang yang emang kita tuju, itu ibarat menunggu panggilan kerja. Harap-harap cemas. Antara diterima atau ditolak. Kalau ditolak, bisa langsung dirobek itu surat. Tapi kalau diterima, bakal sepanjang hari senyum-senyum sendiri. Gw pernah mengalami juga soalnya. Mau berangkat sekolah, dapat surat dari cewek daerah Bintaro yang masih SMP kelas 3. Kebetulan gw masih kelas 1 SMA. Gw emang naksir dia waktu ketemu di acara Radio swasta. Baru gw terima aja dada gw udah dagdigdugder. Antara takut bacanya sama penasaran. Pas gw baca, itu sepanjang jalan gw ke sekolah senyum-senyum terus.

Intinya dalam surat balasan itu :

"Aku mau koq jadi pacar kamu. Aku juga sebenarnya suka sama kamu, tapi aku nggak berani ngomongnya. Makanya waktu kamu minta alamat dan nomor telepon rumah aku, aku kasih. Aku berharap kamu kirim surat ke aku. Pokoknya mulai saat kamu terima dan baca surat aku, aku jadi pacar kamu."

Hahahahaha...
Gw nulis ini jadi ketawa sendiri. Padahal di dalam sana, di sebuah sekolah kejuruan di Jakarta Timur, anak gw lagi UTBK. Dan gw yang nungguin dia pulang malah bikin trit receh.

Kaskuser semua.
Mungkin saat sekarang komunikasi jauh lebih mudah. Dulu cuma bisa lewat surat atau lewat telepon rumah. Itu juga bagi yang punya telepon rumah. Janjian? Ya lewat dua benda itu. Makanya dulu telepon koin itu sangat berarti bagi anak sekolah menengah lanjutan atas tahun 80an.

Kalau yang ditaksir satu sekolah dan kebetulan kelasnya berbagi pagi dan siang, itu surat ditinggalin di laci meja kelas ditempat doi duduk. Besoknya longak-longok nyari balasan suratnya.

Ah, generasi surat cinta telah hilang. Dan Pak Pos pun kehilangan pekerjaannya. Padahal dulu biasanya Pak Pos datang pakai motor dan bilang, "Ada surat cinta nih!"

Kadang rindu dengan masa lalu.
Tapi kalau cerita soal begini ke anak-anak, mendadak emosi semua.
"Tutup buku Yah. Masanya udah lewat. Jangan pernah ceritain mantan-mantan Ayah." Kata mereka.

Yaudah gw nurut. Ngunci mulut rapat-rapat.
Eh tapi kan ini masa lalu gw, dan mereka juga belum ada. Kenapa pada sensi sih?

emoticon-Hammer2

***********
Tulisan hasil sendiri.
Gambar ilustrasi surat cinta nyomot dari Google.
Saat ini duduk di ujung gang dekat SMK di Jakarta Timur.
***********

Diubah oleh i.am.legend. 12-07-2020 07:52
ariebetadineturkusumarubyamora
rubyamora dan 23 lainnya memberi reputasi
24
9.3K
110
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.