powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
"Dosa - Dosa" Baru Yang Ada Sejak Hadirnya Smartphone

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di threadsederhana ane.
emoticon-Nyepi




Jaman sekarang siapa sih yang nggak kenal WhatsApp? Mulai dari balita sampai nenek - nenek kenal sama aplikasi perpesanan yang satu ini. Kenapa aplikasi ini bisa dipakai banyak orang? Ya karena hampir semua orang sekarang pakai hape canggih atau yang lebih umum disebut smartphone.Dengan hadirnya smartphone beberapa tahun belakangan, banyak hal baru tercipta, salah satunya ya aplikasi perpesanan ini.

Dengan adanya aplikasi perpesanan instan, pesan yang dulunya hanya bisa dikirim melalui surat yang baru akan diterima beberapa hari kemudian setelah pesan dikirim, kini jadi jauh lebih bisa cepat diterima. Bahkan bisa diterima secara real time, saat ini dikirim, saat ini juga diterima. Ini adalah salah satu manfaat teknologi yang saat ini kita rasakan. Berkat teknologi, semua jadi lebih mudah. Bukan hanya kirim pesan; kirim uang, belanja online, bermain game, dan banyak lagi kegiatan positif bisa kita lakukan dengan smartphone. Bahkan banyak juga pekerjaan baru yang tercipta berkat adanya smartphone, contohnya ojek online.

Selain memberi kemudahan dan efek positif, kehadiran smartphone juga bagai pisau bermata dua. Pisau jika dipakai chef bisa digunakan untuk membantu memasak, tapi jika dipakai penodong bisa buat membantu aksi penodongan. Hal yang sama juga berlaku untuk smartphone. Selain menciptakan hal - hal baik baru, alat canggih yang satu ini juga bisa menimbulkan "dosa - dosa" baru loh. Apa saja itu?

Goyang - Goyang Gak Jelas.



Apa sih salahnya goyang? Sejak belum ada smartphone pun orang goyang kan kalau dengar musik? Iya sih, tapi goyangnya anak jaman sekarang beda. Pake baju kurang bahan sambil meliuk - liukkan badan kayak cacing kepanasan, udah gitu airbag-nya dibusung - busungin, biar apa coba? Kalau goyangnya nari itu seni, yang kayak gitu mah nggak ada seni - seninya, tapi bikin otak yang liat jadi ngeres.

Chat Mesum.



Awal kenal chatnya alim. Sok - sokan menasehati buat beribadah dengan rajin. Eh, lama - lama kenal belangnya keliatan. Mulai rayu - rayu lah, minta ini itulah, sampai ngechat yang jorok - jorok. Itu sudah jadi hal lumrah buat anak muda jaman sekarang. Parahnya, kalau udah kurang ajar minta VCS atau PAP TT. Yang kayak gini mah nggak bakal kita temui saat pacaran masih pakai surat.

Hoax.



Era hape canggih membuat orang makin kreatif. Sayangnya kalau kreatifitas itu tidak dibarengi dengan akhlak yang baik ya jadinya bikin hal - hal yang tak berakhlak. Misalnya nyebarin konten hoax. Udah tau negara berflower mayoritas berpendidikan rendah, kena hoax ya jadinya gampang percaya. Buktinya banyak kan saat ini yang mudah terhasut sama hal - hal hoax sampai berbuat anarkis?

Gosip dan Julid.



Gosip - menggosip memang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita, tapi tingkatan menggosip jauh lebih tinggi saat smartphone ada. Dulu, kalau mau tau gosip artis palingan cuman dari tv. Sekarang, kalau mau terdepan tau dalam hal gosip - menggosip ya tinggal follow aja akun lambe - lambe-an. Dijamin bakal jadi yang pertama dalam hal gosip dan per- julid-an.

Masih banyak lagi "dosa - dosa" baru tercipta sejak adanya smartphone. Duduk mojok sambil natap layar hape aja sekarang bisa bikin dosa. Bahkan boker sambil bawa hape aja juga bisa bikin dosa. Salah klik iklan aja juga bisa bikin dosa, kalau yang kita klik itu iklan judi dan gara - gara salah klik itu bikin kita tertarik sama judi. Intinya sih, semua ini bukan salah teknologinya, tapi tergantung masing - masing pribadinya. Teknologi mah mau dipake positif jadinya positif, mau dipake negatif ya hasilnya negatif.






Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Opini Pribadi




Spoiler for Jangan di scan:





Lelo11
makiinun
ujellyjello
ujellyjello dan 42 lainnya memberi reputasi
41
19K
186
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.