Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
169
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f056ae7349d0f77e013264e/kenapa-sih-gravity-terus-merilis-ragnarok-yuk-kupas-tuntas-bareng-ane
Setelah Ragnarok Origin mengumumkan akan membuka layanan pada 7 Juli (kemarin). Saat ini, Ragnarok menjadi game yang banyak dibicarakan untuk gamer Korea. Termasuk Indonesia, "Ragnarok lagi, kali ini gamenya seperti apa?"
Lapor Hansip
08-07-2020 13:42

Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane

Past Hot Thread
icon-verified-thread
#AmdarGanteng

Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot News emoticon-Hot News
Halo agan dan sista,
Setelah Ragnarok Origin mengumumkan akan membuka layanan pada 7 Juli (kemarin). Saat ini, Ragnarok menjadi game yang banyak dibicarakan untuk gamer Korea. Termasuk Indonesia, "Ragnarok lagi, kali ini gamenya seperti apa?"


Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
sumber

Seperti yang diketahui bahwa Ragnarok Online secara resmi dibuka untuk pertama kalinya pada tahun 2002, dan jika dihitung dari kartun Lee Lee Young Jin yang merupakan awal dari IP ini, sejarahnya lebih dari 20. Selama bertahun-tahun, Gravity, pemegang hak IP ini, merilis sejumlah game yang berhubungan dengan Ragnarok, termasuk Ragnarok M, Urachacha Assault Ragnarok, Ragnarok Tactics, dan masih banyak lagi yang lainnya sebelum datang Ragnarok Origin.

Namun, alasan bahwa game dari IP Ragnarok dirilis terus-menerus seperti ini sebenarnya masuk akal. Tetapi, mari kita lihat mengapa Gravity sangat percaya diri dengan Ragnarok Origin.



sumber

Ragnarok Legendaris yang Masih Bernafas
Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa Ragnarok Online adalah game yang membuat sejarah yang mengesankan bagi industri game Korea sejak diluncurkan secara resmi pada tahun 2002, dengan grafis lucu dan kontrol yang nyaman. Tetapi tahukah kalian, jika game ini kebanyakan diisi oleh gamer wanita. Ketika game MMORPG lain rilis seperti Seal Online dan Mabinogi, jumlah pemain wanitanya masih banyak di Ragnarok.

Bahkan sebelum Elancia sudah dirilis, masih belum ada 'MMORPG' yang sukses untuk para gamers wanita sebelum Ragnarok tiba. Menurut Gravity, sampai saat ini masih banyak gamer wanita yang bermain Ragnarok. Untuk alasan ini juga, pengembang berharap bahwa Ragnarok Origin akan seperti itu juga.

Selain itu, Ragnarok Online melakukan pekerjaan luar biasa di luar negeri. Dirilis di banyak negara, termasuk Cina, Jepang, Taiwan, Filipina, Thailand, termasuk Indonesia. Stastik CCU (pengguna bersamaan di dunia) di Taiwan mencapai 300.000, Jepang 100.000, dan Asia Tenggara 400.000. Dari statistik ini tidak dapat disangkal bahwa kekuatan 'RO' pada waktu itu sangat memengaruhi para gamer di seluruh Asia.

Dengan kedalaman game yang dipadukan dengan grafis lucu dan konten yang kondusif untuk menciptakan komunitas sebesar ini, pengikut RO tersebar di seluruh Asia. Menjadi salah satu dari beberapa game IP MMORPG yang sukses baik di dalam maupun di luar Korea.


Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
sumber

Oleh karena itu, tidak dapat dihindari bahwa akan ada "Game Sekuel RO"
Tahukah gansist bahwa sampai sekarang ada lebih dari 30 game dari IP Ragnarok, seperti Ragnarok Online 2, Ragnarok DS versi NDS, Ragnarok Odyssey, game multi-aksi pada VITA, Ragnarok Mobile di seluler, Ragnarok M, Ragnarok R dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semua orang tahu bahwa Ragnarok penuh pesona yang menggoda. Jadi wajar jika game ini langsung sukses di pasaran. Hal terbaik yang dapat dibuktikan adalah pendapatan. Tahun 2018 adalah tahun dimana Gravity mencapai pendapatan tertinggi sejak RO dirilis pertama kali. Jumlah pendapatan mereka jika dikonversikan ke rupiah sekitar 3,5 triliun rupiah, yang sepenuhnya dari kekuatan Ragnarok sendiri.

Pada kuartal pertama 2020, Gravity memiliki laba operasi. 10.400.000.000 won (sekitar 125 milyar rupiah), meningkat 477,8% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Dan contoh terbaru yang menunjukkan popularitas Ragnarok Online yang tak henti-hentinya adalah jumlah pra-registrasi di Asia Tenggara mencapai jutaan orang.


Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
sumber

Tetapi fakta yang tak terbantahkan bahwa beberapa pemain sudah muak dengan IP Ragnarok. Terus mau bagaimana lagi donk? Semua yang disebutkan tentang keberhasilannya, itu sudah cukup bagi Gravity. Tugasnya sekarang menggali kolam menunggu para penggemar Ragnarok untuk berenang.

Di antara banyak game Ragnarok, Ragnarok Origin dapat dikatakan sebagai inti dari game Ragnarok yang dibuat Gravity. Mereka berpendapat bahwa "Ragnarok Origin adalah game yang sepenuhnya mewarisi legenda sejati dari versi aslinya".

Faktanya dari CBT pertama sampai kedua, game ini telah menerima umpan balik yang baik dari para pemain yang berpartisipasi. Rata-rata mengatakan bahwa ini adalah game yang paling Ragnarok di antara yang lain. Wajar saja sih banyak pujian, karena arah pengembangan utama Ragnarok Origin adalah untuk meletakkan semua game asli di sana. Mulai dari sistem hewan peliharaan, pencarian, cerita, sistem level-up dengan stat, pohon keterampilan, dll.


Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
sumber

Meskipun mereka sepenuhnya mengangkat semua konten dari versi aslinya. Itu sama saja tidak membersihkan kebosanan kita akan pertanyaan "Apakah Ragnarok lagi?" emoticon-Ngakak (S).

Ane mau tanya nih, siapa-siapa aja yang masih setia dengan sekuel RO?
Jawab dikolom komentar yaa.
Thanks and see you next thread GanSist.


Quote:




Quote:Original Posted By wisnu93
Pertama main ini sekitar tahun 2003 sih
Waktu masih kelas 5 SD, sampai kira-kira kelas 1 SMA saat sudah mulai sepi
Banyak suka dukanya disini
Banyak keluar uang untuk main game ini di warnet, bahkan berkelahi di dunia nyata, maupun dapat uang jualan mata uang Zeny atau item tertentu dengan rupiah

Dibanding game zaman sekarang, memang grafik, gameplay dll nya payah, tapi ini game dulu legendaris sih
Dulu sebelum internet cepat dan masif, saya ingat dari kota Gefen ke Morroc itu jalan kaki karena gak hafal jalan
Dulu walkthrough di internet sedikit, lagian internetnya lambat kalau sambil main game nya
Sampai ada yang bela belain anterin saya dong, dia sengaja jadi petujuk jalan bagi saya

Minta uang ke orang untuk ke kota tertentu, atau sekedar curhat dunia nyata di game sambil hunting monster di Glast Heim

Ada juga guild yang saya bangun dari nol bertahun tahun
Seru seruan sama orang gak dikenal di dunia game Ragnarok
Gamer zaman sekarang, ketika saya blunder dikit aja di DotA 2, langsung dimaki maki hahaha
Beda sama gamer dulu yang sangat santun


Quote:Original Posted By KyraAltair
main RO Eternal Love cuma buat iseng nostalgia sambil gawe, enak juga ada fitur auto battle, bisa lvling sambil ditinggal kerja

kenapa RO terus? karena developernya gak kreatif, masih terlelap di euforia kejayaan RO di Asia Tenggara, ketika koneksi internet masih mahal, PC masih jd barang sampingan

sekarang inet udah murah, warnet udah pada bangkrut, PC udah hampir semua orang punya di rumah, akses game international gampang udah gak perlu VPN dll, mau beli game-time atau voucher pun udah gampang bgt

siapa gamers sejati yg mau maen RO lagi ketika banyak MMO yg jauh lebih berkelas macam World of Warcraft atau Final Fantasy XIV?

temen2 gw zaman RO berjaya aja udah pensiun sm yg namanya game, boro2 mau nostalgia, paling tinggal gw sendiri yang masih jd gamers sejati, karena zaman RO berjaya emang banyak karbitan, karena maen MMO gak semata2 karena mau main game, tp lebih ke aspek sosial, maen bareng2 temen di warnet

beda sm gw yang maen MMO maunya solo karir, anti guild anti friend

ketika zamannya udah anti-sosial, koneksi dan PC jg bisa di rumah masing2, y kembali ke habitat masing2 para gamers karbitan mah

ibaratnya RO itu kayak seuatu yang musiman, kayak Batu Akik, Anthurium, Lou Han, dan sekarang Sepeda Brompton, banyak bebek2 yg cuma ikut2an

btw, RO turut "berjasa" ke masyarakat Indonesia, baik yg pernah maen game ataupun enggak pernah tahu sekalipun

dalam hal apa? dalam hal melahirkan emote ketawa paling cringy sejagat raya yg bule2 pun gagal paham maksudnya dan cara bacanya gimana

ya, WKWKWKWKWKWK adalah "warisan" dari RO yang diviralkan para pemainnya ke lewat interaksi sosial dengan orang lain hingga mendunia sampai saat ini

karena sejatinya WKWK itu command untuk bikin karakter ngeluarin emote ketawa di gamenya

jadi WKWKland sebenarnya Korea Selatan, bukan Indonesia

lucunya orang KorSel malah gk pernah tahu dan pake itu WKWKWK


Quote:Original Posted By liandou
kalau mendengar nama Ragnarok, yg terlintas di benak ane langsung lyt*d or gravind*g.

dulu RO bisa sukses karna di awal launching tidak banyak mempunyai kompetitor dan memiliki sistem war terbaik, menarik banyak user sampai mempunyai komunitas tersendiri sehingga bisa bertahan sampai belasan tahun.

tapi saat ini animo nya sudah menurun dan jenuh sehingga tidak bertahan lama. F2P cenderung tidak cocok, ditambah publisher nya mata keranjang emoticon-Berduka (S)

note, cuma opini dari user waktu jaman ternak bebek emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By teamvildea
Ragnarok itu modal nya udah komplit, lore, sistem, item cerita, komplit lah...cuman emang gravity ngeruk duitnya di sisi online gaming mulu, jadi lama lama muak juga...lagi lagi Ragnarok.

coba bikin game yg lebih serius, grafiknya jgn chibi chibian lah, jgn lucu lucuan. bikin lebih dark, gameplay nya juga minimal.hack and slash kayak DMC ato yg lagi ngetrend kayak Soulsborn series. atau..kalo mau fokus di cerita bikin lah kayak God Of War, atau.. kalo males banget nih yah,, bikin lah model model game telltales gitu,tapi dengan catatan, story kudu mantep. Coba deh keluar dari zona nyaman (online gaming, Pay to win, gacha gacha an,,dll). Bikin Ragnarok RPG nyeritain masa lalunya Doppleganger misalnya, ato bikin prequel Ragnarok dimana Glastheim masih jadi ibukota midgard, sampe akhirnya Glastheim hancur dan jadi kota hantu..coba masih banyak kan yg bisa dikembangin dari Ragnarok? ga cuman game lucu lucuan n gacha gacha an.

Ragnarok sayang banget kalo harus "mati" kayak game online seangkatan nya. Maka disini dibutuhkan inovasi..bukan sekedar ikutin trend,lagi musim gacha bikin gacha,musim auto chess bikin autochess, musim idle game,bikin idle game... jadinya ga ada yg "special" dari ragnarok
Diubah oleh amdar07
profile-picture
profile-picture
profile-picture
newterminalspa dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
11-07-2020 23:43
Masih hidup ini game gan? padahal udah lama banget ni game, kalo gak salah dari jaman ane sd
Diubah oleh ravidetan
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
11-07-2020 23:59
sama alasannya kayak si electronic arts bikin fifa sama nba sampai berpuluh seri....emoticon-Wakaka



ada yang beli ya dia jual....gitchu emoticon-Tai
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 00:22
Yelah gan itu cuma milking Franchise. Versi mobilenya ane mainin ampas bener
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 00:23
ane main ragnarok frontier S140
profile-picture
profile-picture
milktea dan amdar07 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 00:27
RO1 main, RO2 main, RO Mobile Eternal Love main dari awal obt sampe sekarang udah ep7, RO Origin server korea lagi coba walaupun gabisa hangul wkwkwk
profile-picture
profile-picture
milktea dan amdar07 memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 00:33
Pengin nostalgia aja. Ane yakin kebanyakan yg maen RO versi mobilr mantan pemain RO 2D.

Btw sekuel RO alias RO 2 gatot wkwkwkwk. Ga RO banget soalnya.

Tambahan, ROM eternal love, game mobile tp tingkat 'kekomplekannya' dah kek game pc.
Diubah oleh Cupidokidz
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 00:49
nice info gan.
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 01:10
Game MMO yang friendly buat cewe, betul.
Dari sekian orang (cowo) yang ngajakin maen game online, baru sekali ane diundang cewe buat maen game, ya Ragnarok ini (sama ayojoget).
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 01:53
kalau mendengar nama Ragnarok, yg terlintas di benak ane langsung lyt*d or gravind*g.

dulu RO bisa sukses karna di awal launching tidak banyak mempunyai kompetitor dan memiliki sistem war terbaik, menarik banyak user sampai mempunyai komunitas tersendiri sehingga bisa bertahan sampai belasan tahun.

tapi saat ini animo nya sudah menurun dan jenuh sehingga tidak bertahan lama. F2P cenderung tidak cocok, ditambah publisher nya mata keranjang emoticon-Berduka (S)

note, cuma opini dari user waktu jaman ternak bebek emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan reid2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 02:22
game ragnaroK teraKhir maen d H.P ane..hehe.. penghasiLan mpe gtu byk dr voucher itu y.. trus dr ap lg
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 07:27
Belum pernah main ragnarok, dan enggan bermain rrpog karena kalau ketagihan bisa gaswat
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 07:43
entah kenapa dr pertama kenal game online gw ga pernah ngerasa sreg ama RO. game online yg bener2 bikin addicted bgt buat gw cmn TANTRA. hampir semua nama chara gw namain meghamalin. gw udh berkali2 nyobain RO gak pernah ngerti dan gk sreg sama sekali dr mulai f2p sampe p2p bolak balik bikin charr RO tp gak pernah ganti job hahahahaha..
just my 2 cent
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 07:51
Kebanyakan versi puyeng ah
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 08:47
inget dulu mau main RO

udahlah bayar billing warnet, beli voucher pula buat main ROnya

emoticon-Ngakak
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 09:10
Ragnarok itu modal nya udah komplit, lore, sistem, item cerita, komplit lah...cuman emang gravity ngeruk duitnya di sisi online gaming mulu, jadi lama lama muak juga...lagi lagi Ragnarok.

coba bikin game yg lebih serius, grafiknya jgn chibi chibian lah, jgn lucu lucuan. bikin lebih dark, gameplay nya juga minimal.hack and slash kayak DMC ato yg lagi ngetrend kayak Soulsborn series. atau..kalo mau fokus di cerita bikin lah kayak God Of War, atau.. kalo males banget nih yah,, bikin lah model model game telltales gitu,tapi dengan catatan, story kudu mantep. Coba deh keluar dari zona nyaman (online gaming, Pay to win, gacha gacha an,,dll). Bikin Ragnarok RPG nyeritain masa lalunya Doppleganger misalnya, ato bikin prequel Ragnarok dimana Glastheim masih jadi ibukota midgard, sampe akhirnya Glastheim hancur dan jadi kota hantu..coba masih banyak kan yg bisa dikembangin dari Ragnarok? ga cuman game lucu lucuan n gacha gacha an.

Ragnarok sayang banget kalo harus "mati" kayak game online seangkatan nya. Maka disini dibutuhkan inovasi..bukan sekedar ikutin trend,lagi musim gacha bikin gacha,musim auto chess bikin autochess, musim idle game,bikin idle game... jadinya ga ada yg "special" dari ragnarok
profile-picture
profile-picture
wisnu93 dan amdar07 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 11:15
game bagus tapi sayang banyak mafianya nih game

udah tukang tipunya segudang emoticon-Marah
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 12:24
Selama gacha nya masih laku ya lanjut terus dibuat game nya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 14:33
ragnarok, asiknya pas ngitungin stat, nyampe bikin excel nya dulu sebelum ada calculatornya.. salah atur stat delete char..
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 15:17
Entah kenapa, kalau denger kata ragnarok pasti bawaan mikirnya game MMO terbaik yang pernah ane mainin sampe sekarang
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sih Gravity Terus Merilis Ragnarok? Yuk Kupas Tuntas Bareng Ane
12-07-2020 16:12
Ampe muak gue main gamenya gara hara kelauan dev emoticon-Leh Uga
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia