Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
350
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f08ca74a2d19558e627e868/martabak-telur-vs-martabak-manis-gansist-suka-yang-mana
Martabak Manis Martabak Mesir Siapa yang tidak kenal dengan camilan lezat yang bernama Martabak? Kue yang dianggap bingkisan paling tepat buat sang calon mertua ini ternyata memiliki history yang panjang. Berdasarkan rasanya, martabak terbagi menjadi dua rasa. Martabak asin serta martabak manis. Martabak asin, àtau yang biasa juga disebut martabak telur, dipercaya berasal dari negeri Yaman. Meski
Lapor Hansip
11-07-2020 03:07

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?

icon-verified-thread
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
Martabak Manis
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
Martabak Mesir

Siapa yang tidak kenal dengan camilan lezat yang bernama Martabak? Kue yang dianggap bingkisan paling tepat buat sang calon mertua ini ternyata memiliki history yang panjang.

Berdasarkan rasanya, martabak terbagi menjadi dua rasa. Martabak asin serta martabak manis.

Martabak asin, àtau yang biasa juga disebut martabak telur, dipercaya berasal dari negeri Yaman. Meskipun ada sebagian orang yang menyebutnya sebagai martabak Mesir. Hal ini karena, pada awal keberadaan martabak jenis ini dijajakan oleh orang-orang berwajah khas Timur Tengah.

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?


Sebutan martabak telur, disinyalir karena bahan isiannya didominasi oleh telur. Meski sebenarnya ada yang lainnya juga, semisal daging cincang, bawang daun, serta tambahan sayur dan bumbu lainnya. Martabak semacam ini merupakan hasil inovasi dari anak bangsa, yang disesuaikan dengan selera lidah pribumi.

Sementara di negeri aslinya, isian untuk martabak telur adalah berupa daging cincang dan bawang daun serta rempah khas negeri Timteng.

Oleh sebab itu, menyajikan martabak jenis ini selalu diiringi dengan acar timun. Fungsinya untuk menetralisir lonjakkan kolestrol yang dihasilkan oleh daging.

Kini, martabak sejenis itu telah memiliki banyak varian rasa. Misalnya dengan isian pisang coklat atau pisang keju. Dan namanya tetap muttobaq, tok.

Sementara martabak manis atau biasa disebut juga kue terang bulan ini memang memiliki cita rasa yang manis.

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?


Martabak jenis ini diklaim sebagai makanan khas Bangka Belitung yang diciptakan warga keturunan Tionghoa (Hakka atau Khek). Nama asli makanan ini adalah Hok Lo Pan yang berarti kue orang Hok Lo.

Selain rasanya, perbedaan yang mencolok antara martabak telur dengan martabak manis adalah kulitnya. Jika tekstur martabak telur garing dan renyah, sedangkan tekstur martabak manis sangat empuk dan agak sedikit kenyal.

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
Kulit Martabak Manis

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
Kulit Martabak Telur

Sebenarnya, pemberian nama martabak manis ini pada awalnya bertujuan sebagai pembeda oleh pedagang yang menjual keduanya. Sebagai pilihan, ada martabak asin dengan isian daging dan diproses dengan cara digoreng, atau martabak manis yang dipanggang dengan topping taburan wijen sangrai dan gula pasir.

Beberapa waktu lalu, netizen pernah berseteru tentang penyebutan untuk martabak jenis ini. Satu bagian menyebutnya sebagai martabak manis, yang lainnya keukeuh bilang kue terang bulan.

Tidak berselang lama kemudian, KBBI pun memutuskan pendapatnya. Tetapi, hal ini tidak mempengaruhi pendapat netizen +62 yang berspekulasi bahwa nama yang sesungguhnya ialah kue terang bulan. Netizen +62, dilawan! Seterong mereka. Kuat ngeyel, kuat malu. Wkwkwk

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?


Dewasa ini, anak bangsa telah berinovasi dengan berbagai varian topping, seperti keju, kacang tanah, ketan hitam, kacang hijau, green tea, oreo, dan masih banyak lagi. Tinggal Gansist pilih sesuai dengan selera masing-masing.

Demikian thread ane kali ini. Semoga bisa memberikan manfaat. See you next time, Insya Allah and papay ....





Kunjungi Blog Group Kompak. Klik banner di bawah ini.
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?


Opini pribadi
Referensi : 1,2
Diubah oleh ceuhetty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liramarlinda dan 41 lainnya memberi reputasi
42
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 18:35
Quote:Original Posted By ceuhetty


Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?



lbh suka martabak asin/telur
tapi yang gambar ini saya ga pernah makan, kayak agak tipis gitu ya? terus atasnya seperti ditaruh gula?
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 19:22
martabak polos pake margarin wisman....lebih mahal dari martabak manis biasa yang coklat kacang itu...tapi mantep euy emoticon-Kaskus Banget

klo kondisi keuangan lagi seadanya kayaknya martabak telor aja, harganya lebih terjangkau....emoticon-Ngacir
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 19:24
tentuuu saja ane tim martabak telur, krn ane kaga suka martabak manis krn kadang kemanisan emoticon-Frown ane udh manis soalnya wkwkwkw bercandaa. suka kalo basenya pandannn
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 19:27
Gak suka dua2nya.mending minum jus
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 19:28
#teamdiabetes emoticon-Ultah
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 19:41
Martabak Manis tp yg tipis..emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rheirhei dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 20:29
Kalau ane sih tim martabak telur ya eh kalau lagi pengen juga suka makan martabak manis emoticon-Ngakak tergantung lagi kepengennya apa pengen martabak telor ya beli martabak telor pengen martabak ma is ya beli martabak manis suka suka aja pokoknya
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 20:42
Martabak indonesia setau ane lebih mirip sama versi dari tamil, india, drpd yg di timteng
Martabak timteng kulitnya lebih tebel kayak naan, dan isiannya biasanya gapake daun bawang
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 20:51
Gw pribadi lebih suka yg gratis 🤣😅
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 21:01
Dua duanya suka, yang jelas kalo yang manis kebanyakan blenek tapi. Cuma manis kalo ada kacang wijennya juara euy emoticon-Big Grin
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 21:32
Martabak manis cocok jadi makanan pokokemoticon-Big Grin

Itu masalahnya, terlalu cepat kenyang, bikin cita rasanya jadi samar....

Enakan martabak teloremoticon-Cool
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 21:59
martabak telur/asin sejelek2nya anggap kek dadar, msh bisa duet ma nasi emoticon-thumbsup

martabak manis/terang bulan/apalah namanya, (pernah) yg jelek malah serasa pukis emoticon-Nohope wlo varian isi premium + olesan butter mahal emoticon-Hammer
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 22:02
...enak semua kalo ini mah...apalagi pas laper..gratis lagi...hihi...
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 22:07
too much sugar tuu selain enegg.. juga g bagus buat kulit...

sugar ages you
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 22:18
jujur, ane lebih suka martabak telur
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 22:25
telur
saya ga suka manis
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 22:29
lebih suka martabak manis sih
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 22:38
Martabak telur yang ga kebanyakan daun bawang.
Martabak manis yang ga pakai gula pasir.

emoticon-2 Jempol
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 23:00
Quote:Original Posted By ceuhetty
Oke, suka2 Agan aja sih.😁


Tentu lah, pembeli itu bebas
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 23:05
Suka dua-duanya klo ane
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia