• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengingat Kembali The Lord of the Rings, Trilogi Paling Epik Sebelum Era Superhero

cintadine
TS
cintadine
Mengingat Kembali The Lord of the Rings, Trilogi Paling Epik Sebelum Era Superhero
Dalam beberapa tahun terakhir ini dunia perfilman memang dikuasai oleh film bertemakan superhero. Apalagi dekade 2010an boleh dibilang sebagai dekadenya Marvel lewat MCU-nya. Para pecinta film seluruh dunia nampaknya menggandrungi dan merasakan hype film-film MCU yang akan terus berlanjut walaupun saat ini terhenti karena adanya pandemi COVID-19. Bagi agan-agan penggemar film yang lahir di dekade 2000an mungkin baru merasakan hype film di era Marvel sekarang ini. Padahal di dekade 2000an dulu pernah ada dua seri film yang sempat menggemparkan dunia sinema. Yang pertama adalah The Lord of the Rings dan yang kedua Harry Potter. Yang akan dibahas kali ini adalah The Lord of the Rings (LOTR).
Kenapa? Karena yang ane lihat banyak teman-teman dari generasi Z banyak yang belum tahu trilogi ini. Padahal LOTR adalah film yang dahsyat yang bahkan Avengers: Endgame pun belum dapat mengalahkannya secara kualitas.

Diangkat Dari Novel Masterpiece

Trilogi LOTR arahan sutradara Peter Jackson ini diangkat dari karya sastra legendaris oleh JRR Tolkien yang diterbitkan pada 1954 dan 1955. Terbagi menjadi tiga jilid dan setiap jilid dibagi menjadi dua buku. Ketiga jilid itu adalah The Fellowship of the Ring, The Two Towers, dan Return of the King. Secara garis besar LOTR mengisahkan dunia di Middle Earth, di mana terjadi peperangan melawan kekuatan jahat Sauron yang menginginkan kembali cincin kekuasaan setelah ribuan tahun kematiannya. Cincin tersebut dimiliki oleh Frodo Baggins, seorang Hobbit yang terpilih harus membawa dan menghancurkan cincin tersebut di lahar gunung Doom.

Dirilis Tiga Tahun Beruntun
Trilogi LOTR dirilis dalam waktu berdekatan tanpa harus menunggu terlalu lama karena hanya berjarak satu tahun. The Fellowship of The Rings (2001), The Two Towers (2002), dan Return of the King (2003). Dalam tiga tahun tersebut ketiga film berhasil menembus jajaran box office sebagai film terlaris. Pada 2001 dan 2002 LOTR bersaing ketat dengan Harry Potter dan pada 2003 bersaing dengan Stat Wars: Attack of The Clone.

Banjir Penghargaan
Trilogi LOTR banyak menerima penghargaan dan menjadi film fantasi paling sukses sepanjang sejarah Academy Awards. Ketiga film berhasil menggondol tujuh belas Piala Oscar. Empat untuk film pertama, dua untuk film kedua, dan sebelas alias sapu bersih untuk Return of the King. Jelas merupakan pencapaian luar biasa.

Film Ambisius dan Penuh Adegan Epik




LOTR disebut-sebut sebagai film paling ambisius yang pernah dibuat. Dengan budget yang tinggi, LOTR menciptakan visual efek dan CGI yang megah pada saat itu. Setiap adegan dibuat dengan sangat detil. Terutama saat adegan pertempuran. Momen paling dahsyat dalam trilogi LOTR antara lain adalah Peperangan Helm's Deep. Sebuah pertempuran yang melibatkan puluhan ribu pasukan Orc yang dipimpin oleh penyihir Saruman yang menyerang pertahanan Pasukan Kerajaan Rohan. Pertempuran itu menjadi klimaks dalam film The Two Towers. Sementara itu pertempuran Morannon menjadi pertempuran akhir dalam Retuns of the King. Peperangan akhir dalam film ini menurut ane jauh lebih epik dari Endgame.

Imajinasi Tingkat Dewa
JRR Tolkien menulis kisah fantasi ini dengan sangat detail dan penuh imajinasi. Berbagai makhluk ras yang ada di Middle Earth seperti manusia, elf, kurcaci, hobbit, orc, uruk-hai, troll, dll digambarkan secara detail dan ketika divisualisasikan ke dalam film dunia Middle Earth terasa sangat hidup. Bagaimana interaksi dan sifat dari masing-masing ras juga digambarkan seperti elf yang bijaksana, kurcaci yang senang bertambang, hobbit yang cinta damai dan suka bertani, orc yang jahat, dll.

Nah, itu gan sedikit pembahasan ane tentang LOTR. Gimana gan, tertarik untuk nonton kembali trilogi ini? Atau bagi agan yang belum nonton sama sekali jadi tertarik buat nonton?

Quote:
kruingputih3kafir.resistantbiadab.69
biadab.69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
21
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.