Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
350
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f08ca74a2d19558e627e868/martabak-telur-vs-martabak-manis-gansist-suka-yang-mana
Martabak Manis Martabak Mesir Siapa yang tidak kenal dengan camilan lezat yang bernama Martabak? Kue yang dianggap bingkisan paling tepat buat sang calon mertua ini ternyata memiliki history yang panjang. Berdasarkan rasanya, martabak terbagi menjadi dua rasa. Martabak asin serta martabak manis. Martabak asin, àtau yang biasa juga disebut martabak telur, dipercaya berasal dari negeri Yaman. Meski
Lapor Hansip
11-07-2020 03:07

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?

icon-verified-thread
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
Martabak Manis
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
Martabak Mesir

Siapa yang tidak kenal dengan camilan lezat yang bernama Martabak? Kue yang dianggap bingkisan paling tepat buat sang calon mertua ini ternyata memiliki history yang panjang.

Berdasarkan rasanya, martabak terbagi menjadi dua rasa. Martabak asin serta martabak manis.

Martabak asin, àtau yang biasa juga disebut martabak telur, dipercaya berasal dari negeri Yaman. Meskipun ada sebagian orang yang menyebutnya sebagai martabak Mesir. Hal ini karena, pada awal keberadaan martabak jenis ini dijajakan oleh orang-orang berwajah khas Timur Tengah.

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?


Sebutan martabak telur, disinyalir karena bahan isiannya didominasi oleh telur. Meski sebenarnya ada yang lainnya juga, semisal daging cincang, bawang daun, serta tambahan sayur dan bumbu lainnya. Martabak semacam ini merupakan hasil inovasi dari anak bangsa, yang disesuaikan dengan selera lidah pribumi.

Sementara di negeri aslinya, isian untuk martabak telur adalah berupa daging cincang dan bawang daun serta rempah khas negeri Timteng.

Oleh sebab itu, menyajikan martabak jenis ini selalu diiringi dengan acar timun. Fungsinya untuk menetralisir lonjakkan kolestrol yang dihasilkan oleh daging.

Kini, martabak sejenis itu telah memiliki banyak varian rasa. Misalnya dengan isian pisang coklat atau pisang keju. Dan namanya tetap muttobaq, tok.

Sementara martabak manis atau biasa disebut juga kue terang bulan ini memang memiliki cita rasa yang manis.

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?


Martabak jenis ini diklaim sebagai makanan khas Bangka Belitung yang diciptakan warga keturunan Tionghoa (Hakka atau Khek). Nama asli makanan ini adalah Hok Lo Pan yang berarti kue orang Hok Lo.

Selain rasanya, perbedaan yang mencolok antara martabak telur dengan martabak manis adalah kulitnya. Jika tekstur martabak telur garing dan renyah, sedangkan tekstur martabak manis sangat empuk dan agak sedikit kenyal.

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
Kulit Martabak Manis

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
Kulit Martabak Telur

Sebenarnya, pemberian nama martabak manis ini pada awalnya bertujuan sebagai pembeda oleh pedagang yang menjual keduanya. Sebagai pilihan, ada martabak asin dengan isian daging dan diproses dengan cara digoreng, atau martabak manis yang dipanggang dengan topping taburan wijen sangrai dan gula pasir.

Beberapa waktu lalu, netizen pernah berseteru tentang penyebutan untuk martabak jenis ini. Satu bagian menyebutnya sebagai martabak manis, yang lainnya keukeuh bilang kue terang bulan.

Tidak berselang lama kemudian, KBBI pun memutuskan pendapatnya. Tetapi, hal ini tidak mempengaruhi pendapat netizen +62 yang berspekulasi bahwa nama yang sesungguhnya ialah kue terang bulan. Netizen +62, dilawan! Seterong mereka. Kuat ngeyel, kuat malu. Wkwkwk

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?


Dewasa ini, anak bangsa telah berinovasi dengan berbagai varian topping, seperti keju, kacang tanah, ketan hitam, kacang hijau, green tea, oreo, dan masih banyak lagi. Tinggal Gansist pilih sesuai dengan selera masing-masing.

Demikian thread ane kali ini. Semoga bisa memberikan manfaat. See you next time, Insya Allah and papay ....





Kunjungi Blog Group Kompak. Klik banner di bawah ini.
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?


Opini pribadi
Referensi : 1,2
Diubah oleh ceuhetty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 8
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 15:20
Penyebutan martabak manis di berbagai daerah..

Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
profile-picture
farinamany memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 15:21
Ane doyan keduanya, kalo beli pasti beli 1-1 manis n telor, makan cuma bertiga sama anak bini, bpknya cuma kebagian 2 potong....
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 15:26
dua2nya pasti semua suka... apelagi kalo ada yg ngirimin... emoticon-Big Grin
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 15:28
udah ada yang bikin inovasi baru martabak telor manis? emoticon-Ngakak
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 15:29
martabak manis enakk..
tapi banyak koles
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 15:43
suka dua duanya teh
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 16:27
yang mana aja boleh, sama-sama doyan emoticon-Big Grin
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 16:31
Ane tetep nyebut yg selain Martabak Telur itu namanya Terang Bulan.
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 16:33
dulu waktu pindah ke kota yang sekarang ane bingung mau beli martabak manis

ternyata namanya terang bulan disini emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan dieq41 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 16:39
ANE SING PALING SUKA KLO :
GRATIS, HALAL, ENAK, N YG NGASIH IKHLAS
DIJAMIN PAHALA YG NGASIH NGALIR TERUS BREEE
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 16:41
I'm not trying to be dick but....

Plis jgn makan martabak manis karena bikin buncit emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan wakakasyp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 16:46
kalo ane sih tergantung isi dompet gan emoticon-Hammer (S)
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 16:54
Hitam manis lebih menggoda 😁
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 17:01
ane sukak dua-duanya, karena sensasinya beda yang satu gurih yang satu manis. adaw jadi pengen martabaq
Diubah oleh farinamany
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 17:16
Martabak telor gan, ane kurang suka martabak manis, makan 1 potong aja udah bikin eneg.
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 17:27
karna ane bukan penikmat manis2 gt. jadi ane lebih suka martabak telor yg dominan gurih, dan emg suka bgt sih sm makanan yg satu ini. biasanya beli yg pake telor bebek, isiannya itu loh duuh
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 17:55
martabak manis enaknya isinya jagung ama pulut aja. kalo martel mah selalu enak...
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 18:25
why not both?
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 18:29
martabak telor, pesen di langganan sklian bawa telur 1 biar tambah emoticon-2 Jempol
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
11-07-2020 18:35
martabak manis? terang bulan? ane suka apam balik. emoticon-Cool

gak lah, mau telor, daging, manis, martabak apa saja ane suka. emoticon-Ngakak
Diubah oleh BrickLesnar
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
The Rest of the World (International Food)
nikmatnya-menyantap-soba-asli-di-restoran-tertua-di-jepang
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia