News
Batal
KATEGORI
link has been copied
51
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0931819775135b3e0c6034/karyawan-outsourcing-telkomsel-bisa-bobol-data-ds-mengerikan-kita-semua-terancam
JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah menangkap FPH (26), orang yang diduga membocorkan data pribadi Denny Siregar kepada akun Twitter @opposite6890.  Tersangka FPH merupakan karyawan outsourcing di GraPARI Telkomsel Rungkut Surabaya. BACA JUGA Polisi Duga Aktris "Glee" Naya Rivera Tewas Tenggelam di DanauMenilik Masa Depan Industri Pertunjukan
Lapor Hansip
11-07-2020 10:26

Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..



JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah menangkap FPH (26), orang yang diduga membocorkan data pribadi Denny Siregar kepada akun Twitter @opposite6890. 

Tersangka FPH merupakan karyawan outsourcing di GraPARI Telkomsel Rungkut Surabaya.

BACA JUGA

Polisi Duga Aktris "Glee" Naya Rivera Tewas Tenggelam di DanauMenilik Masa Depan Industri Pertunjukan Musik di ‘New Normal’Ini Tempat Paling Aman Liburan Selama New Normal

Atas penangkapan itu, Denny melalui akun Facebook-nya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polri yang telah bergerak cepat menangkap FPH.

Namun demikian, Denny juga mengaku heran lantaran FPH yang cuma karyawan outsourcing tapi bisa membobol data pribadinya.

"Kok bisa ya pembobol itu pangkatnya cuman outsourcing doang?" tulis Denny Siregar, Jumat (10/7/2020).

Menurut Denny, tertangkapnya karyawan outsourcing itu menguatkan dugaan bahwa ada kelemahan yang berbahaya di sistem data Telkomsel.

Padahal, lanjut Denny, sebelumnya Telkomsel sudah mengelak bahwa sistem mereka sangat aman. Bahkan sudah mendapat sertifikasi ISO 27001 untuk keamanan informasi serta diawasi badan independen dan profesional.

"Lah, kalau dengan sertifikasi ISO itu yang bobol cuman sekelas outsourcing doang, bayangkan, betapa bahayanya semua sistem Telkomsel. Mengerikan. Kita semua terancam. Data kita bisa diakses ama coro-coro di perusahaan besar," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, pada Kamis (9/7/2020), Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap FPH (26) karena diduga membocorkan data pribadi Denny Siregar kepada akun Twitter @opposite6890.

Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Kombes Reinhard Hutagaol menjelaskan bahwa tersangka merupakan karyawan outsourcing di GraPARI Telkomsel Rungkut Surabaya. Dia memiliki akses membuka data pribadi pelanggan.

"Tersangka adalah karyawan outsourcing daripada GraPARI Rungkut Surabaya jadi dari karena dia outsourcing dan bertugas sebagai customer service dia mempunyai akses terbatas atas data pribadi pelanggan," kata Reinhard di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (10/7/2020).

"Jadi didapatlah bahwa si tersangka dengan tidak melalui otorisasi, artinya yang bisa melakukan akses terhadap data-data tersebut adalah pelanggan itu sendiri atau permintaan dari atasan jadi tanpa ada otorisasi jadi melakukan pembukaan file atas nama DS," ujarnya.

Setelah membobol data pribadi Denny Siregar, tersangka lalu mengambil foto data tersebut. Foto itu kemudian dikirim ke akun Twitter @opposite6890. "Data tersebut yang ada itu difoto, di-capture karena memang di copy paste tidak bisa di dalam sistem tersebut, kemudian foto tersebut dikirimkan melalui DM ke akun opposite6890," ucapnya.

Dari tersamar polisi menyita barang bukti berupa handphone dan sebuah perangkat komputer. Tersangka dijerat Pasal 46 atau 48 UU nomor 11 tahun 2008 tentang ITE, atau pasal 50 UU nomor 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi dan atau Pasal 362 KUHP atau Pasal 95 UU nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan ancaman pidana paling lama 10 tahun penjara atau denda Rp 10 miliar.


https://www.netralnews.com/peristiwa...semua-terancam
profile-picture
apollion memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 10:33
Bener sih.... Kalau cuma sama yang outsourcing aja bisa kecolongan apalagi yang levelnya lebih tinggi, jebol semua sistem sekuritinya....

Tapi mau gimana lagi... Namanya juga BUMN indonesia... Apalagi isinya udah banyak kadrun... Kualitas apa yang kita harapkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 10:34
Itu cuma kambing hitam...

Otaknya masih aman bercokol disana...

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 10:36
gw ada kartu bwt internet doank .beli pulsa dr mbanking .tpi kok tiap hari dpt sms judi,pinjamonline ,penipuan .nomernya aja dr beli gk pernah disebar .sedangkan nomer satunya pake smartfren yg jelas gw pake bwt belanja online malah aman hk dpt sms aneh2 selain dr operatornya sendiri .data2 pelanggan emang biasa dijualin ama karyawanya kali ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 10:37
hati2 ente yang suka nanya2 doang tapi kagak beli
kalo seller sakit ati terus punya kenalan di telkompret bisa di buka data nomer ente emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
qavir dan Cendol donk gan memberi reputasi
2 0
2
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 10:38
Di atas kertas DS, mana nih kadrun dungu yg kemaren pada ketawa2 emoticon-Ngakak
0 0
0
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 10:41
Bacot Telkomsel sebelumnya..

Quote:Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..


ISO 27001 dikangkangin sama pegawai outsourcing Telkomsel? emoticon-Ngakak
Diubah oleh lupis.manis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 10:49
Ga ada yg namanya di bobol om deni...
Adanya di beri Hak Akses... xixixixi....
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 10:50
namanya customer service juga baru bisa lihat data kalau ada yg ngasih, misal nomor telepon, nomor ktp, nomor rekening, dsb tapi bukan akses ke database keseluruhan atau periksa berdasar nama

artinya ya antara DS yg kebetulan dtang ke grapari kasih data itu yg mana dicapture oleh cs yg kenal atau ada yg kasih clue ke cs untuk cek datanya di sistem
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 11:00
Mengerikan apanya..
Emang data apa yg gak rahasia..
Si densi dapat info tentang lawannya juga dari data mana?
profile-picture
profile-picture
duha14 dan qavir memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 11:01
itu yg outsource emang dari awal outsource atau mendadak outsource pas ketahuan? emoticon-Leh Uga
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 11:20
GOBLOK lah si DESI, dia gak tau gmn mekanisme dalam sebuah perusahaan, cuma bikin narasi tapi logikanya jeblok dan wawasan minim emoticon-Ngakak


semua yg namanya customer service itu pasti bisa akses data nasabah atau customer, kalo gak bisa akses data kliennya gmn bisa handling complain emoticon-Ngakak

Yg bermasalah itu oknum karena gak ngikutin SOP emoticon-Stick Out Tongue


Dungu!!!! bgt junjungan lo bong!!! emoticon-Ngakak


Jual beli data customer kan emang udah umum dinegeri ini, apalagi data nasabah bank, kenapa baru skrg si DESI kelojotan kejang2 emoticon-Ngakak
profile-picture
robienrose memberi reputasi
1 0
1
Lihat 19 balasan
Memuat data ..
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 11:27
sudah jadi rahasia umum
0 0
0
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 11:38
Goblog, gue mah semenjak kasus Tokped juga udah bilang, privasi data di Indonesia ini lemah banget, apa guna kominfo kalo ga bisa melindungi privasi data?

Itu si Ulin Yusron gimana kabar? masih anteng-anteng bae?

Belom lagi kasus Data KPU yang dibobol dan Tokped emoticon-Cape deeehh
profile-picture
robienrose memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 11:56
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..


dalam hitungan hari berbuah :


Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..

masih bisa merasa tak bersalah. keren emoticon-Takut

profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 11:57
Yaelah indon semua data bs dijual
0 0
0
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 12:07
Ya tuntut lah.. biar lebih serius nanganin data pelanggan
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 12:19
kalo cuma data seperti mah gak berharga
0 0
0
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 12:25
yah yg dikorbanken kambing item. . . skali kali mbah nya kambing napa
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Outsourcing Telkomsel Bisa Bobol Data, DS: Mengerikan, Kita Semua Terancam..
11-07-2020 13:21
Ts..baru keluar go ya....
Coba tanyakan..dirut telkomsel..pln.dll
Yg ngeset sytem nya..apakah orang bumn...?
Yg pasang listrik dan tower dan IT..nya..banyk karyawan otaourcing
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia