ceuhetty
TS
ceuhetty
Martabak Telur Vs Martabak Manis, Gansist Suka yang Mana?
Martabak Manis
Martabak Mesir

Siapa yang tidak kenal dengan camilan lezat yang bernama Martabak? Kue yang dianggap bingkisan paling tepat buat sang calon mertua ini ternyata memiliki history yang panjang.

Berdasarkan rasanya, martabak terbagi menjadi dua rasa. Martabak asin serta martabak manis.

Martabak asin, àtau yang biasa juga disebut martabak telur, dipercaya berasal dari negeri Yaman. Meskipun ada sebagian orang yang menyebutnya sebagai martabak Mesir. Hal ini karena, pada awal keberadaan martabak jenis ini dijajakan oleh orang-orang berwajah khas Timur Tengah.



Sebutan martabak telur, disinyalir karena bahan isiannya didominasi oleh telur. Meski sebenarnya ada yang lainnya juga, semisal daging cincang, bawang daun, serta tambahan sayur dan bumbu lainnya. Martabak semacam ini merupakan hasil inovasi dari anak bangsa, yang disesuaikan dengan selera lidah pribumi.

Sementara di negeri aslinya, isian untuk martabak telur adalah berupa daging cincang dan bawang daun serta rempah khas negeri Timteng.

Oleh sebab itu, menyajikan martabak jenis ini selalu diiringi dengan acar timun. Fungsinya untuk menetralisir lonjakkan kolestrol yang dihasilkan oleh daging.

Kini, martabak sejenis itu telah memiliki banyak varian rasa. Misalnya dengan isian pisang coklat atau pisang keju. Dan namanya tetap muttobaq, tok.

Sementara martabak manis atau biasa disebut juga kue terang bulan ini memang memiliki cita rasa yang manis.



Martabak jenis ini diklaim sebagai makanan khas Bangka Belitung yang diciptakan warga keturunan Tionghoa (Hakka atau Khek). Nama asli makanan ini adalah Hok Lo Pan yang berarti kue orang Hok Lo.

Selain rasanya, perbedaan yang mencolok antara martabak telur dengan martabak manis adalah kulitnya. Jika tekstur martabak telur garing dan renyah, sedangkan tekstur martabak manis sangat empuk dan agak sedikit kenyal.

Kulit Martabak Manis

Kulit Martabak Telur

Sebenarnya, pemberian nama martabak manis ini pada awalnya bertujuan sebagai pembeda oleh pedagang yang menjual keduanya. Sebagai pilihan, ada martabak asin dengan isian daging dan diproses dengan cara digoreng, atau martabak manis yang dipanggang dengan topping taburan wijen sangrai dan gula pasir.

Beberapa waktu lalu, netizen pernah berseteru tentang penyebutan untuk martabak jenis ini. Satu bagian menyebutnya sebagai martabak manis, yang lainnya keukeuh bilang kue terang bulan.

Tidak berselang lama kemudian, KBBI pun memutuskan pendapatnya. Tetapi, hal ini tidak mempengaruhi pendapat netizen +62 yang berspekulasi bahwa nama yang sesungguhnya ialah kue terang bulan. Netizen +62, dilawan! Seterong mereka. Kuat ngeyel, kuat malu. Wkwkwk



Dewasa ini, anak bangsa telah berinovasi dengan berbagai varian topping, seperti keju, kacang tanah, ketan hitam, kacang hijau, green tea, oreo, dan masih banyak lagi. Tinggal Gansist pilih sesuai dengan selera masing-masing.

Demikian thread ane kali ini. Semoga bisa memberikan manfaat. See you next time, Insya Allah and papay ....





Kunjungi Blog Group Kompak. Klik banner di bawah ini.



Opini pribadi
Referensi : 1,2
Diubah oleh ceuhetty 10-07-2020 20:24
liramarlindatien212700pakisal212
pakisal212 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
8.5K
352
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.