News
Batal
KATEGORI
link has been copied
276
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0703f4f0bdb24609789bc6/main-kata-kata-pakai-istilah-perluasan-daratan-anies-dianggap-salahi-kbbi
Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) geram dengan penggunaan istilah perluasan daratan dalam proyek reklamasi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Anies dinilai hanya bermain kata-kata demi menghindari penggunaan kata reklamasi.
Lapor Hansip
09-07-2020 18:48

Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI

Past Hot Thread
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI


Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) geram dengan penggunaan istilah perluasan daratan dalam proyek reklamasi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Anies dinilai hanya bermain kata-kata demi menghindari penggunaan kata reklamasi.

Sekjen KIARA Susan Herawati mengatakan, Anies menggunakan istilah perluasan daratan karena khawatir akan disamakan dengan pendahulunya, mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Selain itu menolak reklamasi juga merupakan janji kampanyenya saat Pilkada yang menjadi salah satu faktor dirinya berhasil menumbangkan Ahok.

Padahal, kata Susan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sudah jelas reklamasi adalah pembangunan daratan di atas permukaan air. Istilah perluasan daratan juga sama saja dengan reklamasi jika menimbun tanah di atas laut.

"Jika konteksnya membuat daratan itu adalah reklamasi. Jadi mau muter segimanapun di KBBI itu sudah tercantum bahwa perluasan daratan di atas air itu adalah reklamasi," ujar Susan saat dikonfirmasi, Kamis (9/7/2020).

Suara.com lantas mencoba menelusuri KBBI online mengenai arti reklamasi. Ternyata hasilnya memang kurang lebih sama dengan yang dikatakan Susan, yakni usaha memperluas tanah seperti sawah dengan memanfaatkan lahan tak berguna.

Susan menilai Anies khawatir dengan penggunaan Istilah reklamasi karena jika dipakai akan menimbulkan anggapan ingkar janji kampanye. Jika itu terjadi, maka pendukungnya saat Pilkada bisa beralih menentangnya.

"Bahwa dia menggunakan kata reklamasi maka ini menuai kontra yang cukup besar maka dia memakai kata perluasan lahan. tetapi sebenarnya ini reklamasi. Ini cuma permian kata -kata aja, kita sudah tau wataknya dia. Ini sebenarnya reklamasi," jelasnya.

Ia menyatakan kaum nelayan dan pesisir tidak perlu pemainan istilah ini. Ia hanya menuntut kejujuran Anies untuk melihat dampak dari proyek ini bagi warga sekitar.

"Kita butuh kejujuran dlm melihat konteks reklamasi," ujarnya menambahkan.


SUMUR:
https://www.suara.com/news/2020/07/0...ap-salahi-kbbi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pt.tsm.import dan 41 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:21
Be A Ba BA
Ce O Co Co
Te E T

BACOT
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:24
hadeh pak, padahal dulu berusaha njatuhin lawan politiknya dengan istilah reklamasi emoticon-Cape d...
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:28
Udah capek ngata-ngatai anies
profile-picture
merseysidered memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:28
ciee, yang tertypu...
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:31
doi di anugerahi bacod brilian...sayang otaknya gak ada..wkwkwkwk
profile-picture
gikogaza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:31
berabe, banyak permainan kata-kata serta istilah,,. emoticon-Hammer
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:41
REKLAMASI cuma dirubah jadi perluasan lahan, kata doang yg dirubah tapi, kegiatan sama emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:44
Intinya sih sama aja 🤣
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:45
Dikira orang2 gampang dikibulin ama kata2nya kali kaya yg milih dia wkt itu. Anehnya masih aja diehard fansnya masih banyak yg belain. Emang bener2 ahli menata kata ini wan abud
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:45
Mantan Meteri Pendidikan, jago lah bersilat lidah..emoticon-Lempar Bata
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:46
Semua penjahat eh pejabat sekarang pada pinter bermain kata2..emoticon-Traveller
profile-picture
hantupuskom memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:48
moga aja thn 2024 nnti ada calon diluar nama2 yg heboh sekarang
emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 13:53
Mantan menteri pendidikan yg PEKOKemoticon-Wkwkwk

0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 14:00
kbbi verlu direpisi nich kurang luas kosakatanya emoticon-Hammer (S)
profile-picture
theyellowbanana memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 14:03
Yang paling parah itu raja cebong yang mengatakan kalo pulang kampung dan mudik itu beda..... emoticon-Leh Uga
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 14:17
Negatif corona tp positif tolol
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 14:19
Mulai bermain dengan kata kata wan abud....
emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 14:21
Wah seru nihemoticon-Toast
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 14:22
Coba cari di google : gubernur terbodoh


emoticon-Big Grin
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 14:23
gabener is the best lah pokoke
0 0
0
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia