• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pahala Kencana, Barometer Bus Malam Mewah Dan Nyaman Dari Kota Kretek

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Pahala Kencana, Barometer Bus Malam Mewah Dan Nyaman Dari Kota Kretek
Bagi agan sista yang lagi merantau di Jakarta dan sekitarnya, yang sering mudik dengan transportasi bus. Pasti pernah melihat atau mendengar bus Pahala Kencana bukan ?, atau pernah ada yang naik bus AKAP legend ini ? Kali ini TS akan mengulas sejarah bus AKAP, kali ini kita akan mengenal bus Pahala Kencana. Mari kita mulai pembahasannya.



SEJARAH




Ilustrasi foto by google image, dan diedit oleh TS.


Bus Pahala Kencana atau yang akrab disapa PK ini adalah bus asli Kota Kudus, ada orang Kudus disini ? Bus ini didirikan pertama kali tahun 1976 oleh Bapak Hendro Tedjokusumo, awalnya PK hanya melayani rute Kudus-Semarang-Jakarta PP dan juga rute Solo-Jakarta PP. Di awal kemunculannya, bus ini langsung jadi primadiona bagi warga kota Kudus dan Solo untu menuju Ibu Kota.


PK dulu terkenal akan pelayanan yang bagus, serta selalu menghadirkan armada bus yang prima dan mewah. Tak heran di dekade 1970 sampai pertengahan tahun 2000-an, PK menjadi salah satu barometer bus mewah AKAP di Indonesia. Seiring semakin diminatinya transportasi bus, PK melebarkan sayapnya. Dan mulai merambah trayek lintas pulau seperti ke Sumatera, Madura dan Bali. Trayek lintas pulaunya juga masih awet sampai sekarang.



Pahala Kencana zaman dahulu kala.

Sumber



Selain itu mulai tahun 1993, PK mulai mengembangkan jasa pengiriman paket barang. Bermula dari banyaknya titipan paket barang yang ditaruh pada sisa bagasi penumpang yang belum terisi, maka PK mulai mengoperasikan bus khusus yang digunakan untuk mengirim paket barang. Mulai tahun 2000 PK memindahkan markas pusatnya yang awalnya berada di Kota Kudus, dipindah menuju Ibu Kota Jakarta. Dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis dari PK sendiri, saat ini kantor pusat PK berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara.




Bus Kargo PK.

Sumber





Kelas Yang Dilayani



Interior bus PK.

Sumber



Dikenal sebagai bus mewah dengan pelayanan top pada masanya, PK menghadirkan berbagai pilihan kelas untuk penumpangnya. Kelas yang ditawarjan mulai dari kelas bisnis, executive, super executive, VIP. Dan mereka sendiri jarang bermain dikelas ekonomi, untuk kelas bisnis sampai VIP terkenal akan ruang kakinya yang luas, hingga membuat nyaman bagi penumpang selama perjalanan jarak jauh.


PK termasuk bus dari kawasan Muria Raya, dimana bus disekitar Kota Kudus sampai Jepara dikenal akan kecepatan dan kemewahannya. Sebelum nama Haryanto tenar seperti sekarang, dulu Pahala Kencana sudah lebih dulu merintis trayek di Kota Kretek ini. Memang saat ini nama PK dikota kelahirannya agak meredup, kalah saing dengan Haryanto, Sahantika dan Bejeu yang menggunakan armada bus baru. Memang untuk PK sendiri, agak sedikit telat untuk peremajaan armada busnya saat ini. Tapi untuk trayek diluar Muria Raya, PK masih berjaya. Di daerah TS sendiri, masih banyak bus PK yang beroperasi.



Trayek Yang Dilayani


Jangkauan trayek PK ini lumayan luas, dimana melayani trayek hampir di 90 kota di Indonesia. Disetiap kota pasti ada nama agen bus Pahala Kencana, beberapa trayek yang TS ingat anatara lain sebagai berikut.

Quote:



Intinya trayek bus ini hampir tersebar dipenjuru kota di Indonesia gan sist, yang paling awet adalah trayek Jakarta-Madura, yang masih banyak peminatnya. Dimana Kramat Djati, sesama rekan seperjuangannya sudah off ditrayek ini. Pahala Kencana bersama Lorena-Karina, serta Kramat Djati adalah trio bus legend AKAP yang masih eksis dan bertahan sampai sekarang.




Bojonegoro-Jakarta.

Sumber





Magelang-Solo-Denpasar.

Sumber





Madura-Jakarta.

Sumber




Livery, Body, Dan Armada Yang Digunakan.


Ditahun 90-an livery yang digunakan adalah warna strip biru dengan warna putih yang dominan, sementara awal 2000-an PK pernah menghadirkan livery bus dengan siluet gambar ombak pada busnya, menjadi livery yang unik dan langka dari Pahala Kencana. PK juga sempat menghadirkan livey warna cokelat dipadu dengan warna hijau berbentuk tribal, salah satu livery yang sangat banyak dari unit PK saat ini. Selain itu bus barunya tampil dengan warna dasar putih dengan perpaduan siluet strip garis biru, yang membuatnya tampak elegan. Mereka juga pernah memakai livery dengan siluet gambar kupu-kupu yang sangat legendaris juga menurut TS, livery ini kupu-kupu ini digunakan akhir 90-an sampai awal 2000-an.


Untuk bus yang digunakan mulai dari Mercedes Benz seri OH1521, OH1526 dan OH1526, serta 1836. Mereka juga pernah menggunakan produk bus Hino, mulai dari seri RG dan RK. Untuk karoseri yang digunakan, mereka memakai Jetbus betopi dan non topi karya Adiputro, kemudian ada juga Zeppelin G2 dari Gunung Mas, dan saat ini armadanya banyak menggunakan body asli karoseri Kota Kudus. Yaitu body Cityliner dari Nusantara Gemilang, dulu era 90 sampai 2000-an juga pernah memakai body dari karoseri Laksana. Untuk kumpulan foto body dan liverynya ada dibawah ya.




Sumber




Body Panorama DX by karoseri Laksana. OH 1521.

Sumber




Body Setra by Adiputro, livery kupu-kupu. Mesin Hino RG.

Sumber





Livery ombak yang melegenda, Hino RG. Body Setra by karoseri Adiputro.

Sumber





Mercy 1836.

Sumber





Sky Bus, Body by Nusantara Gemilang. Mercy OH 1526.

Sumber




Livery yang banyak digunakan sekarang, Mercy OH1526.

Sumber





Body New Marcopolo karoseri Adiputro, Mercy OH1526.


Sumber





Jetbus 2+ by karoseri Adiputro, Hino RK 8.

Sumber





OH1526, body Cityliner By Nusantara Gemilang. Livery terbaru PK.

Sumber





Pernah Tersesat di Hutan Blora



Yang tersesat kala itu.

Sumber


Masih ingat kejadian ini gan sist ?, dulu PK pernah viral sekitar tahun 2012 kalau tidak salah. Karena masuk ke tengah hutan didaerah Mbogan, Blora, Jawa Tengah. PK tersesat bersama dua truk, sopir mengaku masih melihat jelas melintasi jalan raya ditengah malam. Sampai tiba-tiba pemandangan menjadi gelap diaekitar jadi gelap total, hingga sang sopir menyadari ada kendaraan truk berhenti didepannya. Sempat dikira macet, saat sopir memeriksa kanan dan kiri, terpampang hamparan hutan yang luas.


Ia pun kaget bagaiamana bisa busnya nyasar ke hutan ?, dimana disekatarnya ditumbuhi pohon yang lebat dan besar. Sepekulasi muncul bahwa bus telah melewati lorong gaib, hingga masuk nyasar ke hutan. Hal ini sempat jadi pemberitaan hangat kala itu, saat itu polisi menyampaikan bahwa bus dan truk tersebut masuk hutan karena salah memilih jalur alternatif untuk menghindari kemacetan. Sopir dalam kondisi sadar dan tanpa terpengaruh narkoba ataupun miras, tapi keterangan polisi dan sopir berbeda jauh.


Baik sopir bus dan trui kekeuh mengatakan kalau mereka tidak salah jalur, buktinya dibelekang dan didepan kendaraan mereka ada pohon besar melintang, bagaimana mungkin kendaraan sebesar truk dan bus bisa melewati pohon itu ? Bahkan warga dan sopir terpaksa memotong beberapa pohon untuk mengeluarkan bus dan truk itu, kemungkinan polisi megeluarkan pernyataan yang berlainan demi menghindari spekulasi soal hal gaib yang terus diperdebatkan. Hal ini pun masih menjadi miseteri sampai sekarang.


Demikian sedikit ulasan tentang Pahala Kencana yang terus berbenah sejauh ini, untuk tetap memberi pelayanan terbaik bagi para pelanggan setianya. Karena dulu bus ini sempat dapat review buruk saat sedang dilakukan trip report di youtube, dimana AC busnya mati. Semoga kedepan trouble seperti ini tidak terjadi lagi, dan manajemen segera berbenah, mengingat 0ersaingan bus AKAP semakin sengit. Bagi yang punya pengalaman dengan Pahala Kencana juga gan sist ? Jangan lupa nanti dishare dikolom komentar ya, mohon koreksinya jika ada hal yang salah dalam tulisan ini. Nanti TS akan revisi, samapai ketemu lagi. Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: google image dan busmnia community
Diubah oleh si.matamalaikat 08-07-2020 17:05
Junmai92
fergusonredarmy
ramadhan52
ramadhan52 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
10.4K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.