News
Batal
KATEGORI
link has been copied
276
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0703f4f0bdb24609789bc6/main-kata-kata-pakai-istilah-perluasan-daratan-anies-dianggap-salahi-kbbi
Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) geram dengan penggunaan istilah perluasan daratan dalam proyek reklamasi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Anies dinilai hanya bermain kata-kata demi menghindari penggunaan kata reklamasi.
Lapor Hansip
09-07-2020 18:48

Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI

Past Hot Thread
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI


Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) geram dengan penggunaan istilah perluasan daratan dalam proyek reklamasi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Anies dinilai hanya bermain kata-kata demi menghindari penggunaan kata reklamasi.

Sekjen KIARA Susan Herawati mengatakan, Anies menggunakan istilah perluasan daratan karena khawatir akan disamakan dengan pendahulunya, mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Selain itu menolak reklamasi juga merupakan janji kampanyenya saat Pilkada yang menjadi salah satu faktor dirinya berhasil menumbangkan Ahok.

Padahal, kata Susan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sudah jelas reklamasi adalah pembangunan daratan di atas permukaan air. Istilah perluasan daratan juga sama saja dengan reklamasi jika menimbun tanah di atas laut.

"Jika konteksnya membuat daratan itu adalah reklamasi. Jadi mau muter segimanapun di KBBI itu sudah tercantum bahwa perluasan daratan di atas air itu adalah reklamasi," ujar Susan saat dikonfirmasi, Kamis (9/7/2020).

Suara.com lantas mencoba menelusuri KBBI online mengenai arti reklamasi. Ternyata hasilnya memang kurang lebih sama dengan yang dikatakan Susan, yakni usaha memperluas tanah seperti sawah dengan memanfaatkan lahan tak berguna.

Susan menilai Anies khawatir dengan penggunaan Istilah reklamasi karena jika dipakai akan menimbulkan anggapan ingkar janji kampanye. Jika itu terjadi, maka pendukungnya saat Pilkada bisa beralih menentangnya.

"Bahwa dia menggunakan kata reklamasi maka ini menuai kontra yang cukup besar maka dia memakai kata perluasan lahan. tetapi sebenarnya ini reklamasi. Ini cuma permian kata -kata aja, kita sudah tau wataknya dia. Ini sebenarnya reklamasi," jelasnya.

Ia menyatakan kaum nelayan dan pesisir tidak perlu pemainan istilah ini. Ia hanya menuntut kejujuran Anies untuk melihat dampak dari proyek ini bagi warga sekitar.

"Kita butuh kejujuran dlm melihat konteks reklamasi," ujarnya menambahkan.


SUMUR:
https://www.suara.com/news/2020/07/0...ap-salahi-kbbi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pt.tsm.import dan 41 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 8
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 22:52
makin lama makin sableng!
mending bikin spanduk di jalan protokol
reklamasi = perluasan daratan

rakyat bener-bener dianggap tolol apa gimana sih?

hampir semua politikus partai emang biadap. no excuse!!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Org.sembarangaN dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 22:55
apalagi ini, tadi bahas Revitalisasi, sekarang jadi Perluasan Daerah. terus apalagi kata2nye? Ekspansi gitu? (anjir, jadi Expansion Pack The Sims 4 emoticon-Ngakak (S) )
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan knoopy memberi reputasi
2 0
2
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 23:34
Hahahha..mampooooosss lu pd kena diberakin sm dia.... Kata2nya cuman diputer2 doangan biar bisa narik simpati dari elu2 yg tolol..

Bsok2 dia nyalonin presiden lu dukung lgi dah.. biar kena lu pada2 ditololin sm org kek begitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makooo15 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 23:55
Pak Anies,

Kalau masyarakat DKI Jakarta umurnya masih Batita atau balita, pasti bisa dibodoh - bodohi. Sayangnya.... masyarakat DKI Jakarta itu pintar pintar semua daripada Anda. Kecuali buzzer Instagram Anda.

Buzzer Instagram Anda itu meng-agungkan Anda karena dibayar pakai mata uang rupiah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 00:46
kalo soal kata2 paling jago dah. pemilihnya sendiri berhasil dia tipu kok
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 00:57
kok gag ada yg belain sih ??? mana nih tukang cebokin..emoticon-Bingung
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 02:56
udah paham kan
itu guna nya tim hore yg banyak sangat
buat cari ide
kalo buntut
keluar jurus sakti
ganti nama emoticon-Cool
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 05:09
Maha untung ane bukan warga jekardeh....
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 05:18
ahli tata kata kali ini gagal....
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 05:48
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI

Take Beer 🍺🍻

emoticon-Ngakak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 06:18
Pranala (link):https://kbbi.web.id/reklamasi

reklamasi/re·kla·ma·si/ /réklamasi/ n 1 bantahan atau sanggahan (dengan nada keras); 2 Tan usaha memperluas tanah (pertanian) dengan memanfaatkan daerah yang semula tidak berguna (misalnya dengan cara menguruk daerah rawa-rawa); 3 pengurukan (tanah);

mereklamasikan/me·re·kla·ma·si·kan/ v membuka tanah untuk digarap (misalnya menjadi persawahan): pemerintah telah ~ seluas 5,25 juta hektar tanah di daerah Sumatra dan Kalimantan

Kalo pake KBBI, jelas Anies bukan melakukan reklamasi...

Tapi kalo berdasar link ini
https://www.gurupendidikan.co.id/pen...ian-reklamasi/

Merupakan sebuah proses pembuatan daratan baru dari dasar laut atau juga dasar sungai. Tanah yang direklamasi disebut juga tanah relamasi atau landfill.

Nah, silahkan pilih mana...


0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 06:21
Dulu revitalisasi TIM, Monas, merobohkan JPO dan trotoar bikinan Ahok diprotes, tapi setelah jadi, semua pada terkagum kagum, jadi sebaiknya tunggu saja hasil kerja Anies, karena Anies itu bukan seperti pejabat yg di atasnya itu, yg ngomongnya ngasal dan berani ngibul, xixixi.... emoticon-Wakaka
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 06:37

Danau Sunter, dulu kumuh, sekarang jadi keren begini..

Diubah oleh doelpaten
0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 06:40



Area stasiun KA sekarang gak bikin mangkel, tapi bikin adem dan nyaman..



0 0
0
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 07:37
Abud nih pelecehan intelektual rakyat dengan tata katanya nih.

Dia pikir rakyatnya kaum primitif yang gak tau baca tulis dan tinggal di goa apa?
Diubah oleh dragonguy
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 07:39
ujung2nya maen kata kata
kata kita kata kata
kata kata kita kita
kita kita kata kata
kata kita kita kata
dst,,,,
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 07:47

nelayan...

kasian para nelayan...udh susah nyari ikan di boongin pake kata2 wan abud...
ngikutin kata2 org china bisa jd pengusaha...
ngikutin kata2 org arab cuma bisa jd babu...
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan bhoedy memberi reputasi
2 0
2
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 07:52
Harus diakui oknum ini pintar berkata, pintar berbalut agama, pintar bersandiwara
Eng ing eng
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 07:53
Manteb jg nih tim copywriting nya
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
10-07-2020 07:57
ini sebenarnya DLC terbaru dari ancol. dah gitu aja jawabnya ekwk
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia