News
Batal
KATEGORI
link has been copied
273
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0703f4f0bdb24609789bc6/main-kata-kata-pakai-istilah-perluasan-daratan-anies-dianggap-salahi-kbbi
Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) geram dengan penggunaan istilah perluasan daratan dalam proyek reklamasi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Anies dinilai hanya bermain kata-kata demi menghindari penggunaan kata reklamasi.
Lapor Hansip
09-07-2020 18:48

Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI

Past Hot Thread
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI


Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) geram dengan penggunaan istilah perluasan daratan dalam proyek reklamasi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Anies dinilai hanya bermain kata-kata demi menghindari penggunaan kata reklamasi.

Sekjen KIARA Susan Herawati mengatakan, Anies menggunakan istilah perluasan daratan karena khawatir akan disamakan dengan pendahulunya, mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Selain itu menolak reklamasi juga merupakan janji kampanyenya saat Pilkada yang menjadi salah satu faktor dirinya berhasil menumbangkan Ahok.

Padahal, kata Susan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sudah jelas reklamasi adalah pembangunan daratan di atas permukaan air. Istilah perluasan daratan juga sama saja dengan reklamasi jika menimbun tanah di atas laut.

"Jika konteksnya membuat daratan itu adalah reklamasi. Jadi mau muter segimanapun di KBBI itu sudah tercantum bahwa perluasan daratan di atas air itu adalah reklamasi," ujar Susan saat dikonfirmasi, Kamis (9/7/2020).

Suara.com lantas mencoba menelusuri KBBI online mengenai arti reklamasi. Ternyata hasilnya memang kurang lebih sama dengan yang dikatakan Susan, yakni usaha memperluas tanah seperti sawah dengan memanfaatkan lahan tak berguna.

Susan menilai Anies khawatir dengan penggunaan Istilah reklamasi karena jika dipakai akan menimbulkan anggapan ingkar janji kampanye. Jika itu terjadi, maka pendukungnya saat Pilkada bisa beralih menentangnya.

"Bahwa dia menggunakan kata reklamasi maka ini menuai kontra yang cukup besar maka dia memakai kata perluasan lahan. tetapi sebenarnya ini reklamasi. Ini cuma permian kata -kata aja, kita sudah tau wataknya dia. Ini sebenarnya reklamasi," jelasnya.

Ia menyatakan kaum nelayan dan pesisir tidak perlu pemainan istilah ini. Ia hanya menuntut kejujuran Anies untuk melihat dampak dari proyek ini bagi warga sekitar.

"Kita butuh kejujuran dlm melihat konteks reklamasi," ujarnya menambahkan.


SUMUR:
https://www.suara.com/news/2020/07/0...ap-salahi-kbbi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pt.tsm.import dan 41 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 8
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 19:38

Orang2 goblok katanya jadi makanan orang2 pintar yg licik emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 19:48
KBBI mending cepet2 beli materai 6000, takut digeruduk geng pendukung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makooo15 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 19:50
wkwk kebagian saham kali emoticon-Big Grin
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 19:56
Mantan rektor cuma bisanya bacot aja
.jgn jgn jd rektor dgn cara culasemoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makooo15 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 20:06
yg nyusun kbbi berarti kurang beriman
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 20:12
jir selalu dah ni orang bikin kata2 sendiri buat ngeles emoticon-Leh Uga reklamasi ya reklamasi aja penies emoticon-Leh Uga
heran akademisi gini amat kerjaannya maenin proyekan sambil ubah kata2 emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 20:19
wajar kalo dia di pecat jokowi.. otak isinya tai semua emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makooo15 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 20:24
untung ga jd menteri.
d ganti tu kbbi.
wkwkwkwk...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keuindo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 20:26
kenapa gak bilang reboisasi aja ya...
entar kalo ada yang omong "mana bisa reboisasi diatas laut", tinggal bilang "makanya itu laut harus diurug dulu sebelum ditanami"
yang penting bukan reklamasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 20:45
da ga bisa di pungkir kan lah...bahwa JKT58 lah yang paling Berbahagia...ampe bergetar bibir tak bisa berucap kata lagi,mamam tuh Janji Manis Wan Aibon
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan gikogaza memberi reputasi
2 0
2
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 20:53
Siapa perduli sama KBBI? Ini bukan bahasa baku.. ini bahasa sastra.. Puisi buat kadrun..
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 21:07
gak aneh lah.. bukannya beliau emang jago bermain kata-kata? hehehe emoticon-Bingung
Diubah oleh buzzer.beater
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan gikogaza memberi reputasi
2 0
2
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 21:11
namanya juga palkon
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 21:13
saya juga cuma bisa berkata2 terhadap anis :
" AKAL B**A*N*G*S*A**T

emoticon-Ngakak
Diubah oleh b.e.t.e
profile-picture
profile-picture
aqua.illusion dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 21:17
dulu waktu lahir mgkn di bajaj, jadi jago ngeles
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makooo15 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 21:27
Quote:Original Posted By valkyr7
Makanya jangan tolol.. emoticon-Malu (S)

kan udah d ingetin jauh2 hari.. "jangan mau d bohongi pakai.." emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)


Pakai ayat ayat cinta
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan valkyr7 memberi reputasi
2 0
2
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 21:35
kadrun manggut2x pura-pura paham, sambil nunggu instruksi selanjutnya dari toa yg ada di mobil yg ada ring tinju di atasnya... halooooowww halooowww
Diubah oleh algojo.cinta
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan t.prima.causa memberi reputasi
2 0
2
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 22:04
lebih KBBI dr pd KBBI

emoticon-Betty
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 22:17
bahasanya abud ga kejangkau, pake google translate atau alfalink ada terjemahannya kaga yak
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan t.prima.causa memberi reputasi
2 0
2
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
09-07-2020 22:21
ane juga bisa.. itu kata ane sih revolusi daratan.. halah..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan t.prima.causa memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia