• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Lebih Jauh Eucalyptus, yang Viral Akhir-Akhir Ini Sebagai Antivirus Covid-19

YenieSue0101
TS
YenieSue0101
Mengenal Lebih Jauh Eucalyptus, yang Viral Akhir-Akhir Ini Sebagai Antivirus Covid-19



Hai, hai, GanSis!
emoticon-Hai


#eucalyptus
#antivirus
#covid-19

Belakangan ini eucalyptus mendadak populer di masyarakat terkait berita tentang antivirus Covid-19 yang digemborkan pemerintah. Kementerian Pertanian meluncurkan produk antivirus berbahan dasar eucalyptus. Tanaman atau pohon yang menghasilkan minyak atsiri ini, berdasar uji coba lab, diklaim dapat membunuh 80-100 virus. 


Namun, apakah kelak Eucalyptus benar-benar bisa melawan Covid-19. Semua masih menjadi pertanyaan.


Nah, GanSis, sebenarnya seperti apa sih penampakan tanaman minyak kayu putih yang mendadak viral ini? Yuk, mengenal lebih jauh tentang Eucalyptus. Lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

:monggo:monggo:monggo:monggo


Eucalyptus merupakan tanaman yang memiliki lebih dari 700 spesies di seluruh dunia, dan awalnya berasal dari benua Australia. Pohon ini dapat tumbuh subur di daerah banyak air seperti pinggiran sungai atau rawa-rawa. Meski berasal dari Australia, pohon yang juga mengandung minyak atsiri ini juga tumbuh di berbagai negara lain bahkan di Indonesia loh!

Simak fakta menarik tentang pohon yang menjulang tinggi dan terdiri dari berbagai genus ini!


1. Bisa Meledak

Wow, pohon kok bisa meledak? Begini penjelasannya, gansis.

Dikutip dari berbagai sumber, Ketika datang saat dimana mereka harus melindungi wilayah mereka, pohon-pohon eucalyptus memiliki kebijakan untuk membumi hanguskan. Pohon Eucalyptus tidak hanya kebal terhadap kebakaran hutan tapi juga menjadi biang yang menyebabkannya.

Eucalyptus dirancang khusus untuk menjadi pohon yang tetap bisa bertahan setelah amukan api memusnahkan kehidupan hutan di sekitarnya. Ini semua karena mereka memiliki batang yang tersembunyi jauh di dalam kulit-kulit mereka, yang akan keluar saat asap sudah memudar.

Eucalyptus mengandung semacam minyak yang begitu mudah terbakar, pohon ini benar-benar dapat meledak ketika mereka terbakar, seperti orang menjentikkan puntung rokok ke pompa bensin.


Itulah mengapa pohon ini sering juga disebut sebagai 'pohon bensin'. Wah bisa jadi bahan bakar di masa depan nih!



2. Berkabut

Pada siang yang panas dan lembab, eucalyptus akan diselimuti kabut karena bahan organik yang menguar dari batang dan daunnya. Fenomena ini disebut sebagai volatile organic compounds (kimia organik yang menguap karena kelembaban udara.)


3. Menjatuhkan dahan

Beberapa spesies eucalyptus memiliki sifat menjatuhkan dahan besar saat akan tumbuh dahan baru. Hal ini cukup membahayakan jika ada orang yang beraktifitas atau kebetulan melintas di bawahnya karena jatuhnya dahan tidak bisa diprediksi.



4. Batang berwarna pelangi

Sekilas penampakan batang di atas seperti dicat ya, gansis. Namun, jangan salah. Warna-warna tersebut dihasilkan dari getah yang keluar ke permukaan batang pohon. Lapisan warna yang keluar biasanya biru, oranye, merah dan lainnya. Kombinasi warna itulah yang menjadikannya mirip pelangi. Jenis pohon yang memiliki batang berwarna pelangi adalah Eucalyptus Deglupta atau biasa disebut Rainbow Eucalyptus. Wow, cantik kan, gansis?


emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow


Manfaat

Selain fakta-fakta menarik di atas, Eucalyptus juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, loh? Eucalyptus yang sudah diekstrak menjadi minyak, mampu meredakan batuk dan pilek pada anak karena sifatnya yang menghangatkan. Tak hanya itu, minyak beraroma segar ini juga diyakini mampu meringankan asma dan sinusitis. Namun, jika gansis ingin menggunakan sebagai obat asma, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah gansis alergi eucalyptus atau tidak.

Manfaat lain dari minyak eucalyptus adalah bisa mencegah penyakit mulut seperti radang gusi dan bau mulut tak sedap. Campurkan 1 tetes pada pasta gigi gansis untuk menjaga kesehatan mulut.

Eucalyptus juga diyakini mampu mengusir serangga seperti nyamuk. Untuk menggunakannya, cukup oleskan minyak ke bagian tubuh yang terbuka untuk mencegah gigitan nyamuk.

Wow, ternyata cukup banyak juga ya, manfaatnya. Semoga eucalyptus benar-benar bisa menjadi antivirus untuk Covid-19. Kita tunggu perkembangan selanjutnya.


emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow


Nah, demikian beberapa fakta menarik tentang Eucalyptus atau sering disebut sebagai minyak kayu putih. Semoga menambah informasi dan pengetahuan baru.


Sekian ulasan kali ini, bila ada kurang dan lebihnya mohon dimaklumi. Silakan share pengetahuan gansis tentang Eucalyptus di kolom komentar. Terima kasih sudah menyimak.





Penulis : @YenieSue0101

Referensi dan Ilustrasi : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 dan 8
Diubah oleh YenieSue0101 09-07-2020 12:20
Thoriq27STJunmai92indramamoth
indramamoth dan 27 lainnya memberi reputasi
28
3.7K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.