c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Tren Sepeda, Indonesia Rasa Belanda









Indonesia sepertinya sedang demam bersepeda, bila dilihat trend akhir-akhir ini sepeda sedang naik daun. Sebenarnya kalau hal ini dikelola dengan benar, bisa menjadi satu sarana yang bijak bagi negara untuk memangkas polusi di kota-kota besar.

Jangan karena ada sepeda yang harganya menggila lantas pihak pajak matanya kaya laler ijo, duh kelihatan miskinnya nih negara masak apa-apa di pajaki. Mbok ya jadikan tren dulu bersepeda ke kantor, pergi belanja, bersepeda kemana-mana kalau bisa nih cuma saran saja, mereka akan mendapatkan rewards dari pemerintah.



Entah itu naik transjakarta gratis selama 6 bulan, atau rewards bagi-bagi sepeda juga bagus. Namun bagi pengendara sepeda nakal juga harus ada punishment, alias kena tilang. Adil toh?

Kita seringkali mengkritik pemerintah tapi tanpa solusi, buat saya pribadi hal itu dilakukan orang yang ingin pansos atau buzzer yang dibayar. Maka kalau pemerintah sekarang ini lagi susah dihadapkan oleh pandemi, jangan dibuat susah lagi, dengan cara kita sebagai rakyat harus sadar diri akan protokol kesehatan.



Saat ini sepeda menjadi alternatif terbaik untuk jaga jarak, agar tidak berkerumun dalam masa new normal. Bila ini difasilitasi pemerintah, yang secara konsisten membudayakan masyarakatnya bersepeda bukan tak mungkin Indonesia akan menjadi rasa Belanda.

Kita semua tahu Belanda adalah surganya para pesepeda, disaat negara lain berlomba untuk meningkatkan penggunaan kendaraan roda empat. Belanda tetap menjaga kelestarian sepeda, apakah dari awal Belanda sudah menerapkan bersepeda? Jawabnya tidak. Kenapa?



Semenjak usai perang dunia ke 2, ketika agresi militer Belanda masih aktif di Indonesia negara Belanda juga banyak pengguna kendaraan bermotor, baik itu roda dua dan empat.

Dari tahun 1950-1970 pertumbuhan kendaraan bermotor di Belanda cukup pesat, hingga naik 80% sisanya adalah mereka yang menggunakan transportasi sepeda, dan umum.

Hingga akhirnya di tahun 1971 tercatat ada 3.300 kasus kecelekaan lalu lintas dan diantaranya 400 orang yang tewas adalah anak-anak. Banyak pihak yang protest dan segera ditanggapi oleh pemerintah, yah disinilah peran negara yang punya mata dan telinga mendengar aspirasi rakyat. Bukan hanya plonga-plongo, lalu ngangguk-angguk apa kata menteri "Ok Bos".



Mereka meninggalkan blue print futuristik diganti dengan kebijakan yang menguntungkan buat yang mengendarai sepeda, apa yang pemerintah Belanda lakukan?

Di tahun 1978 Pemerintah Belanda menutup beberapa jalan untuk lalu lintas, kemudian pengurangan tempat lahan parkir mobil, memberikan prioritas jalur pesepeda dan juga pejalan kaki. Yang membuat pukulan telak agar menurunnya jumlah konsumsi mobil, harga BBM yang mahal menjadi salah satu pemicunya.



Lalu bagaimana bila ingin bepergian jauh?

Pemerintah Belanda memberikan fasilitas transportasi umum yang terintegrasi antar wilayah dan juga kota, bahkan pemerintah menyediakan penyewaan sepeda OV Viets yang terintegrasi dengan tiket kereta. Jadi keluar dari stasiun bisa sewa sepeda, dan ada 300 titik tempat sewa sepeda hampir di semua wilayah mudah ditemui.

Hasilnya seperti sekarang Belanda menjadi surga para pesepeda, kasus kecelakaan lalu lintas menurun drastis. Apakah Indonesia bisa menerapkan hal tersebut?



Bisa, kalau pemerintah kita mengambil blue print yang sama dengan Belanda. Tapi semua itu tercipta dengan kesadaran masyarakatnya, kalau masyarakatnya masih berlomba untuk bermewahan, doyan kredit, sama saja seperti memasukkan air di ember yang bocor. Hasilnya sia-sia, saya c4punk see u next thread.

{thread_title}






emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik,klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF

Kunjungi blog grup kompak di kaskus, klik banner dibawah ini.











Diubah oleh c4punk1950... 08-07-2020 13:47
fat.maxm4ntanqvdhinyzfrn
dhinyzfrn dan 45 lainnya memberi reputasi
44
9.9K
207
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.