• Beranda
  • ...
  • Sepeda
  • Waspada, Bersepeda Sambil Kenakan Masker Bisa Berujung Maut

dionlanangAvatar border
TS
dionlanang
Waspada, Bersepeda Sambil Kenakan Masker Bisa Berujung Maut

Bersepeda ilustrasi (kompas.com)

Olahraga merupakan salah satu hal penting yang diperlu dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap bugar dan sehat. Olahraga bisa dilakukan dengan beragam cara tergantung dengan kesibukan kita masing-masing. Kita bisa menyesuaikan metode olahraga seperti apa yang bisa kita lakukan ditengah rutinitas kesibukan sehari-hari. Olahraga pun beragam jenisnya, ada yang bisa dilakukan sendirian, berdua hingga berempat seperti bulutangkis, ada pula yang dilakukan secara berkelompok dengan melibatkan orang lebih banyak seperti halnya sepak bola, basket, futsal, dll.
BACA JUGA: Deretan Pelesetan PSBB Ini Akan Membuat Agan Tertawa, PSBB: Pas Saya Buka Bersih

Dan salah satu olahraga yang sekarang sedang naik daun adalah bersepedah. Banyak klub-klub Gowes yang bediri diberbagai tempat untuk menyalurkan hobi sehat mereka. Dan dimusim pandemi corona seperti sekarang, masyarakat di himbau untuk memakai masker demi kenyamanan dan keamanan bersama, dan tak jarang ane kerap melihat orang-orang yang sedang bersepeda juga sambil mengenakan masker. Namun siapa sangka, jika bersepedah sambil tetap memakai masker bisa berakibat fatal, bahkan bisa menyebabkan meninggal dunia. Hal ini yang sempat dihimbau oleh Walikota Semarang melalui video himbauannya beberap waktu lalu.

Quote:

BACA JUGA: Sejarah Propaganda dan Kekejaman PKI Versi NU (Part 7)
Walikota semarang sempat menyampaikan jika ada 2 warganya yang meninggal dunia saat bersepedah, 2 orang tersebut meninngaldiduga karena sesak nafas karena saat bersepedah tapi tetap menggunakan masker. Hendar Prihadi pun memberikan himbauan kepada masyarakat agar maskernya saat bersepedah untuk dicopot terlebih dahulu, baru saat istirahat masker tersebut dipakai kembali.

Beberapa ahli berpendpat Penggunaan masker sebenarnya hanya diperbolehkan untuk olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang saja, sedangkan untuk olahraga dengan intensitas berat disarankan untuk tidak memakai masker karena bisa menghambat peredaran oksigen yang dihirup.

[VIDEO: Pernyataan Walikota Semarang]


Sumber: Youtube Tribunnews.com
Bersepeda juga termasuk olahraga yang bisa dikategorikan sebagai intensitas berat apabila jarak yang ditempuh begitu jauh dan rute yang di lewati sangat menguras tenaga (seperti saat jalan tanjakan misalnya).


(SUMBER: kompas.com  4/7/2020)

Ini merupakan hal penting yang patut di perhatikan bagi pecinta olahraga bersepeda. Jangan sampai niatnya untuk olahraga agar tubuh sehat malah kejadian fatal menghampiri. Berarti kini ada 2 hal yang patut dijadikan pegangan oleh para penghobi Gowes sepeda. Pertama, soal pemakainan masker saat ia bersepeda yang perlu diatur agar tidak menghalangai sirkulasi oksigen. dan yang kedua, soal jaga jarak di jalan raya, jangan sampai anda yang berjalan pelan justru mengambil posisi ditengah jalan karena hal ini dapat membahayakan anda dan juga pera pengendara lainnya. Berjalan pelan alangkah baiknya mengambil lajur sebelah kiri.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:



Diubah oleh dionlanang 04-07-2020 08:20
kafir.resistant
mamakna3a
mamakna3a dan kafir.resistant memberi reputasi
2
4.7K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sepeda
Sepeda
icon
2.6KThread1.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.