• Beranda
  • ...
  • Karawang
  • [COC Reg. Karawang] Menyelami Sejarah Kota Karawang Lewat Syair dan Puisi

ceuhetty
TS
ceuhetty
[COC Reg. Karawang] Menyelami Sejarah Kota Karawang Lewat Syair dan Puisi


Begitu mendengar kota Karawang, TS langsung ingat pada istilah goyang karawang. Bagaimana tidak? Sebab istilah tersebut sudah melegenda di seluruh Nusantara. Saking populer-nya istilah tersebut, sampai-sampai sebagian orang beranggapan bahwa semua cewek Karawang pandai bergoyang.

Goyang karawang identik dengan konotasi buruk, ini karena sebagian penari Ronggeng dahulu kala bisa diajak tidur. Seperti pepatah, "karena nila setitik, rusak susu sebelanga." Karena tingkah laku segelintir orang, stigma buruk itu melekat sampai sekarang.

Etapi, kita kan lagi bahas goyang karawang. Kenapa jadi bawa-bawa penari Ronggeng?

Sebenarnya, istilah goyang karawang muncul dari tarian Ronggeng. Dahulu kala, ada sebuah kelompok kesenian yang bernama Topeng Banjet. Dalam seni topeng biasanya dibuka oleh tarian ronggeng. Kemudian dilanjutkan dengan lawakan atau bodor.

Salah satu penari Ronggeng tersebut, berkesempatan untuk mengikuti sebuah lomba tari tradisional yang digelar di kota Bandung.

Banyak orang yang terpukau melihat goyangan pinggul sang penari. Tarian tersebut mengantarkan sang penari pada kemenangan, hingga ia pun terkenal ke seantero Nusantara.

Dikarenakan sang penari berasal dari kota Karawang, lalu muncullah istilah goyang karawang tersebut. Hingga sekarang, goyang karawang melekat dalam ingatan dengan goyangan pinggulnya plus penari nakalnya.

Istilah goyang karawang semakin populer tatkala salah seorang biduan merilis lagu dengan tema yang sama. Berikut cuplikan cover lagu tersebut.



Sebuah lagu yang cukup menggambarkan kepopuleran goyang karawang pada zamannya. Musiknya yang enak membuat kita refleks bergoyang. Syairnya tidak hanya menghibur tetapi juga cukup edukatif.

Dewasa ini, untuk melestarikan goyang karawang yang telah meredup. Pemda setempat mengadakan festival goyang karawang (Gokar) internasional. Festival goyang karawang yang diadakan pada tanggal 26 September 2019 tahun lalu, memecahkan rekor muri karena menghadirkan kurang lebih 17.850 penari.

Selain goyang karawang, kota Karawang juga terkenal oleh tarian yang dianggap erotis lainnya. Yakni, tari Jaipong.



Dahulu, kota karawang terkenal sebagai kota lumbung padi Nasional. Hal ini dikarenakan area persawahan yang terbentang luas dan terkenal subur. Sayangnya, kini tinggal kenangan. Sebab kota Karawang telah beralih fungsi menjadi kawasan industri.



Sebelum kemerdekaan, kota karawang banyak menorehkan sejarah. Misalnya saja, kecamatan Rengasdengklok menjadi daerah pertama milik Republik Indonesia yang gagah berani mengibarkan bendera Merah Putih sebelum Proklamasi kemerdekaan Indonesia di proklamirkan. Hal itu kemudian membuat kota Karawang dikenal dengan sebutan kota pangkal perjuangan.

Rengasdengklok juga merupakan tempat disembunyikannya Soekarno dan Hatta, oleh para pemuda Indonesia agar secepatnya merumuskan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 16 Agustus 1945.

Seorang sastrawan terkenal bernama Chairil Anwar, mengabadikan peristiwa pertempuran pasukan Divisi Siliwangi yang terpaksa meninggalkan Bekasi menuju Karawang, dalam puisi berjudul, ANTARA KARAWANG-BEKASI.

Berikut cuplikan video puisi tersebut.



Sebuah puisi yang menyentuh hati, menggugah jiwa, menggambarkan betapa banyak nyawa yang harus dikorbankan untuk kemerdekaan bangsa ini.

Sebuah karya sastra yang mengetuk nurani, supaya kita mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Mengajari agar kita senantiasa mengingat jasa para pahlawan yang gugur di medan perang. Bukankah sebuah negara yang besar seharusnya menghargai jasa para pahlawannya?

Chairil anwar memang terkenal sebagai sastrawan yang kritis. Tanpa sadar, ts menangis begitu mendengar bait per bait puisi yang menghentak dan mengoyak perasaan. Kalimat-kalimat yang menggambarkan kecintaan teramat dalam terhadap bangsanya. Mewakili perasaan mereka, para pahlawan yang tidak dikenal oleh khalayak dan tanpa pamrih.

Pertanyaannya, sudahkah kita melakukan hal terbaik untuk mengisi kemerdekaan tersebut?

Ane Ceuhetty, see you next time, Insya Allah and papay ....




Oppri
Referensi = Here

Kunjungi Blog Group Kompak di Kaskus. Klik banner di bawah ini.
Diubah oleh ceuhetty 08-07-2020 01:02
dimasparjdomrkho555DjFahriz
DjFahriz dan 24 lainnya memberi reputasi
23
3.2K
55
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Karawang
Karawang
icon
312Thread239Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.