• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengenal Peterbilt, Truk yang Jadi Wujud Perubahan Optimus Prime di Film Transformer

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Mengenal Peterbilt, Truk yang Jadi Wujud Perubahan Optimus Prime di Film Transformer
Kembali lagi diforum otomotif, TS mau membahas truk dari benua Amerika. Tepatnya truk ini dipakai dalam film Transformer, buat penggemar film robot ini seperti TS, pasti sudah tidak asing dengan truk satu ini. Truk dengan moncong panjang, dan ada dua cerobong disampingnya. Nama truknya adalah Peterbilt seri 379, langsung saja kita mulai pembahasannya.



Peterbilt Motors Company




Peterbilt 379 Optimus Prime.

Sumber



Sebelum membahas truknya, TS ingin mengenalkan sedikit mengenai perusahaan yang membuat truk ini. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1939 dengan nama Peterbilt Motors Company, bergerak dibidang pembuatan truk kelas sedang sampai berat. Markas mereka awalnya berkantor pusat di Oakland , California. Kemudian tahun 1986 pindah ke Denton, Texas. Pada tahun 1958, Peterbilt diakuisisi oleh PACCAR, perusahaan otomotif terbesar di AS. Dimana PACCAR juga mengakuisisi truk yang menjadi saingan dari Peterbilt, namanya adalah Kenwoorth.


Di Amerika Peterbilt dan Kenwoorth layankya El Classico disepakbola, ke dua merek ini bersaing ketat dipasar truk besar di Amerika. Uniknya mereka juga berada dibawah bendera induk perusahaan yang sama, dari segi eksterior memang keduanya hampir mirip. Peterbilt yang melegenda dengan seri 379 dan Kenwoorth yang melegenda dengan produk W 900. Agak susah membedakam Kenwoorth dan Peterbilt, karena hampir sama persis. Perbedaan mencolok antara keduanya adalah dimana Kenwoorth memiliki lampu utama yang lebih besar, dan tidak memiliki sekat kaca.




Kenwoorth W 900, saingan Peterbilt.

Sumber



Meskipun muncul pabrikan Eropa seperti Volvo misalnya yang mulai banyak beredar disana, namun produk truk asli Made In AS masih menjadi primadona. Bisa dibilang Peterbilt dan Kenwoorth merajai pasar truk berat di Amerika sampai saat ini. Yang unik lagi, baik Peterbilt dan Kenwoorth hanya memproduksi kabin serta chasis truk. Untuk mesinnya mereka menggunakan jasa dari pabrikan otomotif lain, seperti Cummins dan Caterpillar yang saat ini banyak digunakan oleh kedua pabrikan ini.


Meski tidak memproduksi mesin sendiri, nyatanya produk mereka tetap awet dan banyak peminatnya sampai sekarang. Rata-rata truk yang dibuat Peterbilt dan Kenwoorth adalah truk berjenis Tractor Head, dimana truk ini hanya berupa chasis dan kabinnya saja. Belum termasuk box atau bak truk seperti yang banyak dipasarkan di Indonesia. Tipe ini biasanya menggunakan chasis (rangka) tambahan untuk operasionalnya.





Sebelum dipasang rangka tambahan.

Sumber



Kalau sudah dipasangi sambungan rangka, seperti ini jadinya.

Sumber





Peterbilt 379


Peterbilt 379 pertama kali diproduksi tahun 1986, seri 379 memggantikan seri 359 yang lebih dulu diproduksi pada tahun 60-an sanpai 1986. Produk truk Pterbilt rata-rata masuk truk kelas 8, atau di Amerika lebih akrab disebut dengan sebutan heavy duty. Produksi seri 379 berlangsung mulai tahun 1986, dan terkahir diproduksi tahun 2007. Kemudian mulai 2007 sampai sekarang seri 379 digantikan dengan seri 389, cukup mudah pengkodean truk AS daripada truk dari Jepang menurut TS. Dimana truk Jepang banyak varian, sekaligus kodenya kombinasi dari angka dan huruf alfabet, hingga sulit mengenalinya.


Sedikit penjelasan tentang kelas truk yang ada di AS gan sist menurut pengetahuan TS, disana dibagi menjadi 8 kelas. Menurut Federal Highway Administration, yang menjadi Dishubnya Amerika, klasifikasi kelas truk tersebut dibagi sebagai berikut. Kelas 1-2 truknya berjenis light duty, kelas 3-6 truknya berjenis medium duty, kelas 7-8 truknya berjenis heavy duty. Kelas 1-6 beban yang dibawa kurang dari 14 ton, sementara kelas 7 dan 8 beban yang dibawa lebih dari 14 ton.


Truk kelas 8 ini ditandai dengan pemakaian tiga sumbu roda atau lebih, untuk mereka yang ingin mengemudikan truk kelas 8 harus mengurus CDL (Commercial Driver's License). CDL ini merupakan sebutan SIM di AS, untuk kelas 8 biasanya menggunakan CDL A, untuk truk dengan kombinasi tambahan. Seperti kontainer, untuk truk tanpa kombinasi tambahan menggunakan CDL B.


Balik lagi ke Peterbilt 379, truk ini desainnya paling awet. Karena sampai 2007, truknya masih menggunakan moncong seperti buaya. Tapi warga AS masih respect sama Si Peterbilt, disana truk ini gak dapat julukan buaya seperti produk truk Toyota diera 60-an. Yang unik dari produk truk Amerika, ada semacam cerobong disamping kabinnya. Cerobong ini jumlahnya dua, dan berfungsi sebagai knalpot dari truk ini gan sist.





Cerobong yang TS maksud, berfungsi sebagai knalpot.

Sumber Foto



Kalau kita lihat truk kebanyakan knalpotnya ada dibawah dekat roda, Peterbilt tampil beda dengan knalpot khas seperti cerobong pabrik. Dan ini merupakan yang TS suka dari truk Amerika, menjadi salah satu desain truk terkeren didunia. Untuk eksterior masih ada sekat kacanya, jadi kelihatan jadul seperti model truk 60-an.


Lampu depannya sekilas mengingatkan ane dengan jepp Hardtopnya Toyota, walau gak sama persis, bentuk lampu depan tetap berbentuk kotak kecil. Truk ini hadir dalam dua varian, varian kabin dan non kabin. Dalam varian kabin, nanti ada tempat tidurnya didalam. Selain itu ada juga lemari pakaian kecil, sampai kulkas. Untuk menunjang perjalanan sopir truk Amerika menjelajah setiap jengkal negara bagian.


Untuk lampu belakang masih mengusung lampu bulat kecilnya sampai sekarang. Diawal 2000-an lampu depannya difacelift jadi agak besar dan masih berwujud kotak, kemudian tahun 2019 kemarin. Model lampu utamanya tampil jauh lebih modern, dimana versi terbaru ini perubahan eksterior hanya terjadi pada lampu dan lekukan bodynya saja.




Bentuk lampu belakang yang tetap dipertahnkan.

Sumber





Lampu depan Peterbilt 1992.

Sumber




Versi tahun 2000-an.

Sumber





Peterbilt versi facelift.

Sumber



Versi truk dengan kabin ini adalah model yang paling banyak diminati, dan bentuk kabinnya lebih luas daripada kabin truk di Indonesia. Kira-kira wujud kabinnya seperti gambar dibawah, ini untuk versi 379 tahun 2000-an, mohon maaf TS agak kesulitan mencari foto kabinnya yang versi 90-an seperti milik Optimus Prime ini. Untuk interior versi 379 tahun 90-an sampai yang terakhir diproduksi tahun 2007, sebenarnya tidak mengalami banyak perubahan gan sist. Sementara untuk versi non kabin biasanya banyak digunakan untuk dump truk dan mixer truk.










Interior diversi 90 sampai era 2000-an.

Sumber





Dump truk versi non kabin.

Sumber




Ilustrasi kabin dari Peterbilt 389 versi terbaru dengan kasur dibelakangnya.

Sumber






Dapur Pacu dan Fitur Keselamatan


Untuk sektor dapur pacu, kebanyakan tipe Piterbilt ini memakai berbagai pilihan mesin. Mulai dari Caterpillar, Cummins dan Detroit. Kemungkinan tipe 379 tahun 90-an ini menggunakan tipe Caterpillar mesin kode 3406B, kapasitas mesin mencapai 14.600 cc dengan 6 silinder segaris. Tenaga maksimal mencapai 475 HP, transmisi manual 13 kecepatan. Sudah dilengkapi sistem pengereman air brake, air suspension. Dengan penggerak roda 6 x 4.


Dari masa produksinya dari 1986 sampai tahun 2007, total ada 16 varian mesin yang dihadirkan. Dengan berbagai pilihan tenaga, jumlahnya lumayan banyak. Agak sulit menemukan spesifikasi rinci soal mesinnya, mungkin nanti bagi yang tahu soal spek mesin bisa menambahkan dikolom komentar. Tapi kalau dilihat diforum FJB di AS, kebanyakan mesin Peterbilt edisi tahun 1992 seperti yang dipakai Optimus Prime. Menggunakan Caterpillar 3406B.



Peterbilt Dalam Budaya Populer


Peterbilt sendiri makin tenar setelah dipakai Om Michael Bay dalam film Transformer, kalau kita lihat serial kartunnya yang Transformer G1. Dimana serial kartun ini juga sempat tayang di TV swasta Indonesia tahun 2007 waktu itu. Optimus Prime versi kartun ini dulu menggunakan truk Freightliner FL86 sebagai wujud kendaraannya, dimana truk ini tidak memiliki moncong yang panjang.


Desain Freightliner FL86 ini sama dengan truk yang beredar di Indonesia, truk ini juga asli buatan dalam negeri AS. Bagi yang penasaran sama Freightliner, ane kasih fotonya dibawah sini. Selain itu wujud bumblebee sebenarnya juga menggunakan VW Beetle kalau difilm kartunnya, tapi pada film non kartun digantikan oleh Chevrolet Camaro. Kalau menurut kalian lebih bagus Peterbilt atau Freightliner yang jadi wujud perubahan Optimus Prime ?, tulis dikolom komentar nanti ya.




Kalau versi kartun pakai yang ini, Freightliner FL 86. Ada yang masih ingat ?

Sumber



Hal ini sempat memancing perdebatan fans transformer, tapi Om Michael Bay mampu menampilkan hasil yang bagus dalam syutingnya. Sehingga perdebatan itu pun sirna. Freigthliner dan Peterbilt sama-sama berjenis Tractor Head. Peterbilt yang menjadi lakon utama dalam film Transformer ini, pada bulan Februari 2016 sudah dilelang dan berpindah kepemilikan. Tepat setelah proses syuting sekuel terakhirnya kala itu.








Optimus Prime.

Sumber



Orang yang beruntung memiliki Optimis Prime itu adalah seorang pengusaha bernama Rick Hendrick, melalui rumah lelang Barret-Jackson. Ia berhasil menebus Optimus Prime seharga US $110.000, dengan kondisi seadanya. Karena truk ini banyak mendapat penyok pada bodynya selama syuting film, bagi Rick sendiri. Penyok itu bukan masalah, karena itu menjadi nilai historis bagi truk tersebut. Sayangnya truk ini tidak boleh melaju dijalan umum, entah mengapa, pihak Barret-Jackson tidak memberi keterangan lebih lanjut.


Di Amerika juga ada komunitas truknya, sama seperti disini. Di AS juga ada lomba modifikasi Peterbilt, yang dinilai bukan hanya eksteriornya saja. Tapi kemampuam mesinnya juga, terkadang truk yang ikut kontes akan diadu dalam kontes adu cepat, dengan membawa muatan kayu. Untuk mengetes apakah mesin truk tersebut masih terawat atau tidak, seperti foto dibawah misalnya.







Peterbilt vs Peterbilt emoticon-Hammer (S)

Sumber Foto



Yang lebih nyleneh lagi, truk ini juga diadu dengan mobil sport seperti Saleen dalam balap adu cepat 200 meter. Sudah pasti Peterbilt yang menang, ada-ada saja penggemar otomotif disana. Rasanya agak aneh melihat Peterbilt turun diajang balap jalanan, seperti dalam foto dan video dibawah ini contohnya. Sedikit tambahan soal persebaran truk ini, kebanyakan dipakai di Ameriak Serikat dan Kanada. Serta di Australia, setahu TS tiga negara itu paling banyak menggunakan truk bermoncong. CMIIW










Peterbilt vs Sedan emoticon-Hammer (S)

Sumber Foto


Spoiler for Video Tentang Kontes Piterbilt:



Sekian ulasan dari TS, kalau ada kurang atau lebihnya nanti silakan agan-agan menambahkan atau mengkoreksi. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan, terutama dibidang otomotif pada segmen truk, sampai jumpa lagi. Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: blog otomotif
Diubah oleh si.matamalaikat 08-07-2020 11:20
tien212700aripmaulana69banditos
69banditos dan 68 lainnya memberi reputasi
69
14.9K
165
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.