• Beranda
  • ...
  • Health
  • Bukan Hanya Jamur Entoki, Makanan Ini Ternyata Beresiko Terkena Bakteri Listeria Juga

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Bukan Hanya Jamur Entoki, Makanan Ini Ternyata Beresiko Terkena Bakteri Listeria Juga

Sumber gambar

Siapa diantara agan sekalian yang menyukai jamur enoki? Pasti banyak bukan? Nah, belakangan ini seluruh dunia digegerkan dengan bakteri listeria monocytogenes yang terdapat pada jamur enoki tersebut.


Bakteri listeria monocytogenes tidak bisa dianggap remeh, karena bakteri ini bisa menginfeksi orang yang kondisi tubuhnya sangat sehat loh. Bakteri ini dikatakan berbahaya karena bisa menyebabkan infeksi yang serius pada bayi, anak-anak, orang dewasa bahkan akan sangat berbahaya bagi orang yang kekebalan tubuhnya lemah. Jika ibu yang sedang hamil terinfeksi bakteri ini, maka bakteri tersebut dapat menyebabkan keguguran.



Sumber gambar

Jika seseorang terinfeksi bakteri listeria monocytogenes ini kondisinya disebut listeriosis. Gejala yang dialami korban yang terinfeksi berupa demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut juga diare.


Sejauh yang kita tahu bakteri ini berada pada jamur enoki bukan? Namun ternyata ada beberapa makanan lain yang beresiko terkena bakteri listeria selain jamur enoki, penasaran apa saja? Simak berikut ini.


1. Kecambah




Mengapa kecambah memiliki resiko dapat terpapar bakteri listeria? Karena kecambah membutuhkan tempat yang hangat dan lembab untuk tumbuh, kondisi itulah yang memungkinkan bagi bakteri listeria untuk tumbuh bersama kecambah tersebut. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi kecambah yang sudah dimasak secara menyeluruh untuk mengurangi resiki hinggapnya bakteri listeria.


2. Daging Olahan




Daging olahan menjadi salah satu makanan yang beresiko terpapar listeria. Jika kalian tetap ingin memakan daging olahan, usahakan simpan dalam lemari pendingin dan jangan lupa untuk membersihkannya dengan benar.


3. Keju




Siapa yang menyukai keju? Keju juga menjadi makanan yang beresiko terpapar bakteri listeria. Selain itu, kalian perlu tahu kalau keju lunak yang terbuat dari susu mentah (tidak di pasteurisasi) 50 kali lebih mungkin untuk terpapar bakteri listeria dibandingkan keju yang sudah di pasteurisasi. Saran ane sih agan harus pintar-pintar pilih keju yang mau dikonsumsi.


4. Susu Mentah




Jika keju yang terbuat dari susu mentah saja beresiko tinggi untuk terpapar bakteri listeria, pasti susu mentah juga sama kan? Hal tersebut karena susu mentah sangat cocok bagi bakteri listeria untuk berada.


Itulah beberapa makanan atau minuman yang beresiko tinggi untuk terkena atau terpapar bakteri listeria. Menurut ane sih agan sista sekalian pintar-pintar saja dalam memilih dan mengolah makanan yang akan dikonsumsi. Bagaimana tanggapan agan sista sekalian terkait bakteri listeria ini?


Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sinidan sini

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh batzforum 02-07-2020 13:42
eriksa
oncom.onair
tien212700
tien212700 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
4.7K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.