• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nama-Nama Ini Banyak Dipakai di Indonesia, Tapi Ternyata Dilarang di Arab Saudi

widoko
TS
widoko
Nama-Nama Ini Banyak Dipakai di Indonesia, Tapi Ternyata Dilarang di Arab Saudi
Orang bilang nama adalah doa. Orang tua yang baik pasti akan memilihkan nama yang baik untuk anak-anaknya. Tetapi di samping baik juga ada orang tua yang memilih nama karena unik atau belum dipakai banyak orang.


Luna Maya (Sumber: akurat.co)


Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, tak jarang nama-nama orang Indonesia banyak yang diambilkan dari bahasa Arab. Secara dari Arablah agama Islam berasal.


Diantara Nama-Nama yang Dilarang di Arab Saudi (Sumber: kumparan.com)


Tetapi dalam menamai anak, tidak sembarang nama bisa digunakan. Misalnya nama-nama yang jelek setelah iman seperti kafir, laknatullah, iblis, syaiton atau munafikun jelas tidak boleh digunakan.


Sohibul Iman (Sumber: kumparan.com)


Disamping nama-nama buruk setelah iman itu, ternyata di Arab Saudi juga tidak boleh memakai sembarang nama. Baru-baru ini pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan untuk memakai nama-nama tertentu.

Dilansir Kumparan.com, 5 Juli 2020, Kementrian Dalam Negeri Arab Saudi bahkan mengeluarkan daftar 50 nama yang tidak boleh dipakai di sana. Alasannya ada berbagai macam. Dianggap bertentangan dengan agama, bertentangan dengan budaya, dan dianggap menghina. Ada juga alasan karena dianggap tidak pantas atau juga karena terkait dengan royalti.

Nah diantara nama-nama yang dilarang itu ternyata ada beberapa nama yang banyak dipakai di Indonesia. Diantaranya bahkan dipakai orang-orang terkenal.

Nama yang dilarang tapi banyak dipakai di Indonesia yang pertama adalah Linda. Dalam bahasa Indonesia Linda berarti semangat. Di Eropa berarti Cantik. Nama ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Diantara orang terkenal yang bernama Linda adalah Anggota DPR RI Linda Megawati dan artis sinetron Linda Ramadhanty.

Nama yang kedua adalah Maya. Dalam bahasa sansekerta Maya artinya adalah ilusi. Diantara orang Indonesia terkenal yang memakai nama itu adalah artis Luna Maya dan Maya Rumantir. 

Selanjutnya ternyata nama Iman juga dilarang di Arab Saudi. Iman artinya percaya. Diantara orang terkenal Indonesia yang memakai nama Iman adalah politikus PKS, Sohibul Iman.

Nama Alice juga ternyata dilarang. Di Eropa nama ini bisa berarti bangsawan atau orang yang mulia. Diantara orang Indonesia terkenal yang memakai nama itu adalah artis Alice Norin.

Lalu ada juga nama Rama. Di Indonesia nama ini berarti pembawa kebahagiaan. Orang terkenal Indonesia yang memakai nama ini adalah artis Rama Michael.

 Adakah diantara agan-agan atau keluarganya yang memakai nama-nama itu...?I]


Referensi:

1. https://kumparan.com/kumparanmom/50-...jcggGiTrr/full



Diubah oleh widoko 05-07-2020 23:25
ulung701syarifelkhubbi
elkhubbi dan 42 lainnya memberi reputasi
43
20.1K
252
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.