• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Review Toyota Alphard 2018, Mobil MPV Mewah Milik Via Vallen yang Habis Terbakar

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Review Toyota Alphard 2018, Mobil MPV Mewah Milik Via Vallen yang Habis Terbakar
Kembali lagi dipembahasan soal dunia otomotif, kali ini TS mau membahas mobil 4 roda lagi gan sist. Kemarin viral mobil milik Via Vallen yang dibakar orang di Sidoarjo sana, menurut berita mobil itu adalah Toyota Alphard. Mungkin agan-agan disini yang hobi otomotif sudah gak asing dengan nama Alphard, mobil ini termasuk MPV yang mewah dari Toyota. Penasaran seperti apa sih mobil yang terbakar waktu itu ? Mari kita mulai pembahasannya.




Alphard 2.5 G



Mbak Via bareng Alphardnya.

Sumber



Kemarin sudah ada yang bikin tulisan tentang kejadian pembakaran ini di Kaskus, kali ini TS akan review sedikit tentang mobil Toyota Alphard yang terbakar waktu itu. Menurut berita, Alphard yang dipakai Mbak Via Vallen itu keluaran tahun 2018. Untuk keluaran tahun itu, tipe yang dipasarkan diberi kode 2.5 G. Masalah pengkodean mobil Jepang itu memang sedikit ribet gan sist, kadang bentuknya sama persis tapi secara kode malah beda, kalau gak tahu tahun pembuatannya. Terkadang susah buat ane pribadi membedakan mobil tersebut. Toyota Alphard ini mulai dikenalkan pada bulan April tahun 2018 kemarin.


Alphard ini masuk kelas mobil MPV kalau kata orang barat, MPV ini punya arti Multi Purpose Vehicle. Dimana mobil ini termasuk mobil multifungsi, buat mengangkut orang sekaligus barang. Biasanya bagasi mobilnya juga lumayan lega. Alphard sendiri juga punya kembaran sebenarnya, nama kambarannya Toyota Vellfire. Sama-sama MVP, eksteriornya hampir mirip, untuk interiornya jauh lebih mewah si kembarannya ini menurut TS.



Toyota Vellfire, kembaran Toyota Alphard.

Sumber



Balik ke pembahasan, mobil mbak Via ini termasuk seri terbaru yang sudah mendapat facelift dari generasi Alphard keluaran tahun sebelumnya, kita bahas eksteriornya dulu. Dilihat dari depan, Alphard punya ciri khas unik, terutama dibagian grillnya yang cukup lebar menurut TS. Dimana grill (kisi-kis udara) ini menyatu dengan lampu utama, kalau ketemu dijalan pasti mudah untuk mengenali dari sisi luarnya.




Dari depan.

Sumber



Lampu utamanya juga sudah cukup besar dan terkesan enak dipandang daripada versi sebelumnya, satu lagi dari segi lampu kabutnya yang dibuat dengan model tempat seperti segitiga lancip ini juga terlihat keren menurut TS. Untuk body mobil gak ada perubahan yang signifikan, jadi bodynya masih mengikuti versi sebelumnya yang bongsor.


Perubahan mencolok ada di velgnya gan sist, dimana velg dari Alphard versi facelift ini puya pilar yang lumayan banyak. Pada bagian lampu belakangnya juga gak mendapat banyak perubahan, masih sama seperti versi sebelumnya. Cuma diversi facelift ini ada tambahan plang yang dilabur chrome diantara kedua lampu belakang, sehingga terlihat lebih mewah. Konfigurasinya lima pintu, empat pintu disamping dan satu pintu dibelakang, pintu penumpangnya ini model geser. Kita lanjut ke interornya.






Tampak samping dan belakangnya.

Sumber





Interior


Menurut TS ini salah satu mobil MPV dengan rasa bus malam gan sist, karena sudah ada fitur canggih layaknya bus malam. Salah satunya dibagian kursi penumpang dibelakang sopir, sudah ada foot rest (sandaran kaki) mirip seperti yang dipakai bus AKAP malam. Jadi buat perjalanan jauh pasti akan lebih nyaman buat penumpangnya, kursi ini disetel secara elektrik, jadi kita bebas menentukan posisi yang pas selama perjalanan.


Dilengkapi dengan mode pengaturan suhu dua level pada setipa kirsinya, bagi kalian yang gak betah sama dinginnya AC mobil, bisa menghangatkan diri dengan fitur ini. Secara interior juga gak ada banyak perubahan berarti dari versi sebelumnya, masih sama dengan yang lama. Termasuk adanya monitor kecil didepan, untuk sarana hiburan yang bisa disambungkan ke USB atau DVD. Ini kita berasa naik bus AKAP kalau jadi penumpang di Alphard ini.






Interior.

Sumber



Untuk bagian setirnya sendiri sudah dilapis bahan kulit, jadi akan nyaman ketika kita berkendara. Yang unik lagi dibagian tengah pas tuas perseneling, ditambahkan lapisan wood panel (material kayu), jadi terkesan sangat elegan sekaligus mewah.







Bagian setir dan dashboardnya.

Sumber



Lanjut dibagian bagasinya, sebagai mobil multifungsi, Alphard Mbak Via Vallen ini kurang luas bagasinya, masih luas milik si kembarannya yaitu Toyota Vellfire. Untuk Alphard memang lebih mementingkan ruang yang luas untuk kenyamanan penumpang, misal mau membawa barang agak banyak, kursi dibarisan ketiga bisa dilipat untuk menambah ruang bagasinya. Alphard hadir dalam tiga varian warna. Mulai dari hitam, putih, dan abu-abu.




Bagasi Alphard.

Sumber





Dapur Pacu dan Sistem Keselamatan


Alphard sendiri ada tiga varian gan sist, varian yang biasa seperti yang dipakai Mbak Via Vallen ada dua jenis. Pertama yang terbakar waktu itu adalah 2.5 G, yang kedua GT 2.5 X. Sementara varian tertinggi Alphard adalah tipe 3.5 Q.


Alphard yang terbakar kemarin dengan versi GT 2.5 X ditanami mesin yang sama, yaitu mesin DOHC dengan kode 2AR-FE dengan kapasitas silinder 2.494 cc, Dual VVT-i, 4 silinder segaris dengan 16 katub. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 180 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimal hingga 23.9 Nm. Sementara varian tertinggi yaitu 3.5 Q, menggunakan mesin DOHC berkode 2GR-FE dengaan kapasitas silinder sebesar 3.456 cc, Dual VVTi, 4 silinder segaris dengan 16 katub. Memiliki tenaga maksimal hingga 275 PS pada 6.200 rpm, dan torsi maksimalnya mencapai 34.7 Nm.


Alphard ini mengusung transmisi 6 kecepatan, dengan menggunakan sistem CVT. Maka perpindahan giginya dijamin halus, untuk memberi kenyamanan pada penumpangnya. Kenyamanan Alphard ditambah dengan pemakaian suspensi Mc Pherson Strut pada bagian depan, dan suspensi Double Wisbhone pada bagian belakang.




Mesin Alphard yang terbakar kemarin seperti ini.

Sumber



Untuk sektor pengereman juga sudah mumpuni, rem depan dan belakang menggunakan tipe ventilated disc. Ditambah sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Stability Control, Crash Sensor, sampai kamera parkir. Fitur ini sudah lumayan canggih untuk MPV dikelasnya. Sementara untuk ban, menggunakan veleg ukuran 18 inci dengan ukuran ban 235/50/R18.


Mobil ini juga sudah dibekali fitur tamabahan berupa 7 safety air bag untuk seluruh penumpangnya, dimana fiur ini berperan penting untuk mengurangi resiko benturan akibat kecelakaan. Untuk harga Alphard 2.5 G mbak Via Vallen ini, dulu dibanderol dengan harga Rp1.079.000.000. Untuk Alphard 2.5 X dibanderol seharga Rp 925.200.000, sementara Alphard 3.5 Q dibanderol Rp1.733.400.000.




Kronologi Pembakaran Mobil




Sumber

Kita bahas sedikit kronologi pembakaran mobil ini gan sist, pembakaran ini dilakuakn oleh pria bernama Pije, umur 41 tahun. Aslinya dari Kota Medan, tapi saat ini domisili di Cikarang (Bekasi). Abang satu ini termasuk fans berat Via Valllen atau akrab disapa Vianisty, jauh-jauh Si Abang dari Cikarang cuma mau ketemu idola.


Sampai tujuan dia malah gak ketemu sang idola, dirumah Via dia merasa dihalangi anggota keluarga yang lain, dia mendapat omongan yang kurang enak. Ada yang bilang bahwa pakaiannya kotor dan kusam, karena hal itu ia merasa sakit hati. Ditambah sudah 2 kali dia datang ke rumah tapi gak ketemu idola, sebenarnya dia cuma pingin tatap muka denga Via Vallen secara live tanpa terhalang layar hp apalagi layar TV.


Akibat sakit hati Bang Pije nekat membakar mobil sang idola, uniknya setelah kajadian dia langsung menyerahkan diri ke Polsek terdekat, ditambah dengan bukti CCTV. Pasal 187 KUHP tentang pembakaran dengan hukuman penjara 12 tahun siap menunggu Bang Pije. Didalam tas yang dibawa Bang Pije, polisi mengamankan buku rekening, botol bekas isi bensin dan sejumlah barang klenik. Seperti jenglot dan potongan bambu berukuran kecil, abaikan buku rekening dan botol bekasnya. Jenglot dan bambu untuk apa ?


Kita tinggalkan Bang Pije, pasti penasaran kenapa mobil semewah dan secanggih ini bisa mudah terbakar ? Ane akan terangkan sedikit gan sist, mobil adalah buatan manusia, dan tentu punya kekurangan. Salah satunya mobil itu mudah terbakar, perlu kalian tahu gak semua komponen mobil terbuat dari besi.


Salah satunya dibagian mesinnya sendiri, ada bagian-bagian yang terbuat dari plastik dan juga karet. Terutama bagian kaki-kaki, ada keempat roda terbuat dari karet dan akan mudah terbakar. Dua hal penyebab mobil terbakar, satu karena hubungan pendek arus listrik pada mobil. Hal ini umum terjadi, terutama bagi mobil lawas yang kurang perawatan. Yang kedua adalah akibat ulah iseng orang, seperti kasus ini.




Sumber




Yang dibakar kemarin.

Sumber



Misal kalau ada orang iseng membakar sesuatu tepat dibawah kolong mobil bagian depan, meski apinya kecil. Lama kelamaan hal ini akan merembet ke komponen lain, salah satunya adalah bagian bawah mesin yang beberapa komponennya terbuat dari plastik. Komponen itu akan mudah terbakar, selain itu terdapat rangkaian kabel yang banyak, sehingga menyebabkan mobil mudah terbakar. Apalagi dikasus ini pelaku memakai bensin sebagai pemicu api, percikan api yang terkena bensin dan menyambar komponen lain termasuk ban, membuat mobil akan cepat jadi rongsokan.


Fitur mewah Alphard Mbak Via pun habis terbakar, termasuk monitor kecil didepan, tkursinya hanya tinggal rangka saja. Bahkan aksen chrome dibelakang ikut melepuh, seperti kita lihat foto diatas. Yang tersisa hanya bagian belakang, sedikit saja sisanya. Sebenarnya Mbak Via Vallen sudah mengasuransikan mobilnya selama 2 tahun, tapi asuransi itu sudah berakhir bulan Mei kemarin. Dan belum diperpanjang, dikasus ini ia pun rugi besar, karena gak dapat ganti rugi. Kalau kemarin sudah diperpanjang, kemungkinan Mbak Via masih dapat ganti rugi dari pihak asuransi senilai Rp 800 juta. Mengikuti harga jual bekas Toyota Alphard saat ini.


Dari hal ini kita dapat pelajaran berharga, bahwa mobil itu harus dimasukan garasi rumah biar aman, untuk menghindari hal nyleneh seperti ini. Dalam kasus ini mobilnya diparkir disamping rumah. Dari kasus ini juga kita dapat pelajaran penting, bahwa sakit hati itu gak seharusnya diluapkan dengan cara primitif seperti itu, Abang ini mungkin lupa wejangan almarhum Lord Didi, daripada sakit hati mending dijogeti. Betul ?


Sekian dulu ulasannya, mohon maaf kalau ada kurang atau lebihnya. Bagi yang ingin menambahkan atau mengkoreksi tulisan tentang mobil Alphard ini, TS mengundang kalian untuk hadir dikolom komentar. Sampai ketemu lagi, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Daripada sakit hati mending dijogeti.




Sumber


Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image dan blog otomotif
Diubah oleh si.matamalaikat 06-07-2020 15:09
forwader.indone
tien212700
gee.cc17
gee.cc17 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.6K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.