mbiaAvatar border
TS
mbia
Perusahaan Jepang Relokasi Pabrik Otomotif di China ke Medan


Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan pembuat komponen kelistrikan suku cadang otomotif asal Jepang, Sagami Elec Co,. Ltd dilaporkan bakal menanamkan investasi di Indonesia untuk memperbesar pabrik yang sudah ada di Medan, Sumatera Utara.

Sagami merupakan salah satu perusahaan yang disebut Presiden Joko Widodo bakal merelokasi pabrik ke Indonesia. Nama perusahaan ini masuk dalam data yang dirilis Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Berdasarkan laporan media Jepang, NNA Business News, Selasa (2/7) Sagami akan mengucurkan US$5 juta (Rp72,5 miliar, kurs Rp14.516), untuk membangun pabrik kedua di kawasan Medan Star Industrial Estate.

Pabrik pertama yang saat ini dikelola Sagami Indonesia sejak 2013 telah memproduksi koil untuk kendaraan dengan kapasitas 10 juta unit per bulan berdasarkan keterangan manajer pabrik Noburo Kamei.

Konstruksi pabrik baru telah dimulai pada Januari, harapannya selesai pada akhir tahun dan akan mempekerjakan 1.500 karyawan. Pabrik ini akan menyerap seluruh pemindahan jalur produksi di pabrik di Shenzen, China.

Relokasi pabrik itu dikatakan karena kenaikan upah buruh di China hingga membuat perusahaan kesulitan merekrut pekerja muda setempat.

Kamei juga mengatakan 80 persen hasil produksi pabrik kedua di Medan bakal digunakan untuk peralatan audio mobil, pencahayaan LED, dan sensor. Sisanya untuk keperluan elektronik rumah tangga dan ponsel.

Pabrik pertama yang mempekerjakan 2.000 orang disebut telah mengekspor hasil produksi ke Eropa, Jepang, Amerika Serikat dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Selain Sagami Electronic, perusahaan otomotif lain yang masuk dalam daftar BKPM terkait relokasi pabrik adalah Denso Indonesia dan Kenda Rubber Indonesia.

Jokowi juga bilang ada 17 perusahaan lain yang berkomitmen untuk menanam modal di dalam negeri dengan total investasi US$37 miliar dan potensi serapan tenaga kerja 112 ribu orang. Perkembangan belasan perusahaan tersebut masuk Indonesia disebut mencapai 60 persen.

https://m.cnnindonesia.com/teknologi...china-ke-medan

Pindah ke Medan
neptunium
54m5u4d183
entop
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.