joko.winAvatar border
TS
joko.win
Denny Siregar Sebut Foto 'Santri Calon Teroris' Ilustrasi, Ini Kata Ponpes


Bandung - 

Pegiat media sosial Denny Siregar dilaporkan ke Polres Tasikmalaya Kota atas dugaan tindak pidana penghinaan, pencemaran nama baik, dan perbuatan tidak menyenangkan penggunaan foto tanpa izin.

Dalam postingan berjudul 'Adek2ku Calon Teroris yg Abang Sayang' yang diposting di akun Facebook-nya pada 27 Juni 2020, Denny menyatakan tidak melakukan penghinaan. Dia juga mengatakan foto tersebut dipakai sebagai ilustrasi.

Menanggapi hal itu, Ketua Forum Mujahid Tasikmalaya Nanang Nurjamil menyatakan, pernyataan itu hanya menjadi alasan dari Denny Siregar untuk menyembunyikan kesalahannya. Padahal, kata dia, secara jelas dia menggunakan foto orang lain tanpa izin.

"Pertama, tidak mungkin sebuah postingan, subtansinya tidak ada korelasi dengan foto. Kedua, menurut Undang-undang hak cipta, dia tidak boleh memasang foto milik orang lain, tanpa izin yang punya, itu sudah jelas di atur dalam Undang-undang hak cipta. Ketiga, memang dipostingan dia dituliskan ilustrasi, tapi di media dia tidak ada menyebut itu ilustrasi," kata Nanang via sambungan telepon, Minggu (5/7/2020).

Nanang menyebut, dengan Undang-undang Hak Cipta saja, Denny Siregar sudah melanggar. "Dengan Undang-undang hak cipta saja dia sudah kena, apalagi Undang-undang ITE," sebutnya.


Foto: Forum Mujahid Tasikmalaya saat membuat laporan ke Polisi terkait unggahan Denny Siregar di medsos (Deden Rahadian/detikcom).

Dia juga menyebut foto yang diposting Denny Siregar merupakan santri di Pondok Pesantren Tahfidz Quran Daarul Ilmi Kota Tasikmalaya. "Itu santri kami di Daarul Ilmi, dimana terorisanya? Kan tidak nyambung antara subtansi yang ia sampaikan dengan foto, terorisnya dimana anak itu? Kalau disangkutpautkan dengan teroris kegiatannya juga tidak nyambung itu aksi kok dibilang teroris," jelasnya.

Baca juga:Soal 'Santri Calon Teroris' , Polisi: Deny Siregar Akan Kita Panggil

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Quran Daarul Ilmi Kota Tasikmalaya Ustaz Ahmad mengatakan, soal foto ilustrasi yang disebutkan Denny Siregar dipostingan Facebook nya.

"Ilustrasi? Kita paham juga bahasa bahasa jurnalis (jurnalistik), kita juga paham tulisan-tulisan ya, kalau itu ilustrasi bahasa dia 'Adek2ku Calon Teroris yg Abang Sayang' ada kaitannya dengan foto itu, kalau ilustrasi kenapa tidak ambil kartun dan lainnya," katanya via sambungan telepon.

Ahmad menambahkan, Denny Siregar pasti tahu dan sadar bila foto yang dimuatnya merupakan santri."Apakah dia tidak tahu itu santri kita? Saya yakin dia tahu itu santri, karena santri saya semenjak 212 ikut ngaji, kalau ilustrasi biasalah bahasa dia, karena santri kita kan benar-benar, orang tahu itu santri kita," ujarnya.

Dalam postingan itu, Denny menuliskan keterangan 'Adek2ku Calon Teroris yg Abang Sayang'. Terkait pelaporan tersebut, Denny menyatakan tidak melakukan penghinaan. Dia juga mengatakan foto tersebut dipakai sebagai ilustrasi.

"Nggak ada penghinaan. Di tulisan, saya sudah memberikan keterangan: Foto hanya ilustrasi. Saya juga tidak spesifik menyebut itu santri dari mana, di judul saya sebut adik-adikku bukan santri," kata Denny kepada wartawan.

Ia mengaku bakal menghormati proses hukum dan mengikut prosedur yang telah ditetapkan kepolisian.

"Seperti biasa, saya hormati dan ikuti proses hukumnya," kata Denny.
Denny menjawab pertanyaan ini pada 2 Juli 2020.

Denny baru-baru ini juga telah memberikan komentar terkait laporan atas dirinya. Komentar itu ia unggah dalam akun Twitter miliknya.

"Daripada sibuk demo, atau koar2 di media sosial, mending bereskan dulu yg benar laporannya biar kuat pasalnya. Jangan nanti alat bukti enggak cukup, trus ditolak, eh koar2 kalau gua dilindungi rezim dsb-nya. Jangan biasakan pakai massa untuk menekan, pakai akal lebih berguna," kata Denny dalam unggahannya.

Tonton video 'Blak-blakan Denny Siregar: Buzzer, Jokowi, & Enny Arrow':

(wip/mso)

https://m.detik.com/news/berita-jawa...ni-kata-ponpes





Diubah oleh joko.win 05-07-2020 14:33
nomorelies
Kepala.Jenggot
qavir
qavir dan 4 lainnya memberi reputasi
5
6.3K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.