pancidermawan
TS
pancidermawan
Viral Tambal Ban Rp 600 Ribu, Bengkel: Memang Segitu Harganya


Banyuwangi - Menanggapi foto viral tambal ban dengan harga selangit, bengkel Dian Tubles angkat bicara. Bengkel tambal ban di Jalan Dr Soetomo, Kelurahan Panderejo, Banyuwangi itu mengakui harga service dan tambal ban silicon memang seharga Rp 600 ribu.
Petugas bengkel Dian Tubles Eko mengaku patokan harga tersebut berdasarkan ukuran ban dan letak posisi kebocoran. Selain itu, mesin yang digunakan juga mahal dan bahan harus dipesan secara online.

"Iya memang segitu harganya Rp 600 ribu. Itu nggak bongkar pasang," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (4/7/2020).

Satu harga satu ban press silicon seharga Rp 250 ribu. Sementara untuk penambahan menurutnya melihat kondisi kerusakan ban dan posisi ban yang rusak.

"Kan satu ban di-press itu Rp 250 ribu. Jadi kita lihat kondisi," kata Eko lagi.

Untuk alasan tidak memberikan sosialisasi harga sebelumnya, pihak bengkel mengaku kondisi bengkel saat itu ramai dengan pelanggan.

"Kemarin kan ada nota-nya, kalau mau komplain bisa bilang. Waktu kemarin itu keadaan bengkel ramai. Karena tenaganya cuman dua," katanya.

Sementara itu, sebagai perbandingan harga jasa tambal ban metode pres, bengkel lain di Banyuwangi menyebutkan patokan harga berdasarkan titik lubang kebocoran.

Harga tambal tubeless biasa Rp 25-75 ribu sesuai dengan kerusakan. Sedangkan tambal press silicon kisaran Rp 150 ribu dengan kondisi kerusakan parah.

"Kita ambil harga itu dari titik lubang bocornya. Kalau tambal tubeless biasa itu kisaran Rp 25-75 ribu. Kalau harus pres kisaran Rp 150 ribu. Tapi ya harus ditawarkan dulu, mau apa nggak pakai pres karena sedikit mahal memang," kata Rony, pemilik bengkel mobil di Banyuwangi.

Sebuah foto kuitansi biaya tambal ban selangit di Banyuwangi viral di media sosial. Dalam kuitansi tersebut, tertulis angka nominal Rp 600 ribu untuk ongkos jasa dan jenis tambal ban.

Foto tersebut viral di WhatsApp group (WAG) di Banyuwangi, Sabtu (4/7/2020). Foto tersebut langsung menyebar cepat dan mengundang banyak komentar.

Dalam kuitansi itu tertulis '2 bongkar pasang Rp 50 ribu dan 2 press silicon Rp 550 ribu'. Juga tertera nama bengkel yang beralamat di Jalan dr Soetomo, Banyuwangi.
Sumber :

https://m.detik.com/news/berita-jawa...from=wpm_nhl_4

Biasanya tetap harus tanya harga dulu, setelah deal baru dikerjakan.

pheeroniqavirserapionleo
serapionleo dan 3 lainnya memberi reputasi
4
8.3K
76
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.