Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
237
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd7555c0cad7710b6f7f4c/jangan-mikir-aneh---aneh-bisa---bisa-kamu-terserang-penyakit--psikosomatis
Pikiran kita memang memiliki kekuatan yang luar biasa. Namun terkadang apa yang ada di dalam pikiran kita tidak selamanya membawa pengaruh positif untuk hidup, melainkan juga membawa penyakit yang bisa dirasakan secara nyata oleh tubuh. Kenapa bisa begitu? Hal itu karena kita berpikir negatif hingga membuat diri sendiri stress.
Lapor Hansip
02-07-2020 12:49

Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis

Pikiran kita memang memiliki kekuatan yang luar biasa. Namun terkadang apa yang ada di dalam pikiran kita tidak selamanya membawa pengaruh positif untuk hidup, melainkan juga membawa penyakit yang bisa dirasakan secara nyata oleh tubuh. Kenapa bisa begitu? Hal itu karena kita berpikir negatif hingga membuat diri sendiri stress. Kondisi tubuh yang stres/ tertekan inilah yang kemudian akan memunculkan gejala sakit berupa sakit pundak, leher tegang, kepala pusing, sakit lambung, gangguan menstruasi (pada wanita) hingga kelumpuhan seperti yang terjadi pada penderita stroke.

Fenomena sakit karena pikiran buruk kita dinamakan dengan penyakit psikosomatis. Berasal dari gabungan dua kata, yaitu "psikis" dan "soma" yang masing - masing memiliki makna pikiran dan tubuh. Sehingga psikosomatis dapat diartikan sebagai pikiran yang mempengaruhi tubuh.



Kita pasti pernah merasakan emosi kesedihan, kemarahan dan kebahagiaan. Semua menampakkan tanda yang bisa kita rasakan dengan jelas. Seperti ketika kita marah, jantung kita berdetak lebih cepat, hawa tubuh jadi panas, berkeringat dan hilang kendali. Begitupun saat sedih, rasanya dada sesak penuh beban, ingin menangis dan berteriak. Saat bahagia juga hati terasa sejuk, badan jadi ringan dan nuansa cerah menghinggapi kita selama hati merasa bahagia. Emosi - emosi tersebut dapat mempengaruhi tubuh kita, bukan?

Menurut seorang hipnoterapis, Yulianti Wijoyo, manusia memiliki dua jenis pikiran yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar yang jika keduanya saling terhubung dapat membentuk sebuah emosi. Ketika tubuh seseorang mengalami gejala suatu penyakit seperti nyeri dada, lalu dia berpikir terkena jantung coroner sehingga pikirannya terhubung dengan tubuhnya menimbulkan emosi takut. Ketakutan ini tanpa dia sadari terus berulang, membuat dia memprogram pikiran bawah sadarnya menjadi semakin kuat. Akhirnya penyakit itu benar - benar muncul akibat keyakinan dirinya sendiri, walaupun sebenarnya nyeri dada yang dia rasakan selama ini hanyalah efek benturan kecil yang sengaja dipikirkan terlalu jauh dan dibesar - besarkan.

Penyakit psikosomatis juga bisa terjadi karena orang lain yang membuat pikiran kita kacau dan stress. Entah itu karena orang lain menghujat, membully dan menghina kita dengan kata - kata yang menyakitkan. Mungkin sampai kita merasa apa yang mereka tuduhkan pada diri kita benar sehingga pikiran kita ikut meng-"iya"-kan kata - kata mereka, membuat hati kita sedih, pikiran tertekan hingga tubuh menunjukkan reaksi yang tidak bisa dibohongi. Kita sakit secara fisik dan mental karena kita sendiri yang telah mengizinkan sugesti negatif itu masuk ke dalam diri kita.

Jadi gaes, berhati - hatilah dengan pikiran kita. Jangan berpikir yang aneh - aneh dan jelek - jelek tentang diri sendiri. Budayakan berpikir positif untuk menghindarkan pikiran dan tubuh kita dari kondisi stres, karena stres adalah asal muasal dari segala penyakit. Jika memang perlu, hindarilah orang - orang yang berpotensi membuat hidup gansist stress. Agar kita sehat secara fisik dan mental.

Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat! Jangan lupa follow adnanami di kaskus dan facebook. Untuk thread berfaedah lainnya, kalian bisa klik gambar banner di bawah ini ya! See you next, time!

Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis

Sumber tulisan :
1.apa itu psikosomatis

Sumber gambar :
1.alodokter
Diubah oleh adnanami
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 45 lainnya memberi reputasi
44
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 00:44
iya gan ane seperti itu, kenapa sih pikiran ane klo mau berbuat sesuatu selalu yang ada dipikiran itu negatif terus, ane pernah dibully ..ada beberapa orang yang emng gak cocok omonganya ke ane jadi menempel terus sedih deh rasanya ..apalagi ada pandemi gini bikin otak pecah terkurung dirumah nahas banget hidup ane gan
profile-picture
profile-picture
adnanami dan jabalnursaja memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 00:44
Informatif banget tulisannya
emoticon-Menang
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 00:54
apa bener orang yg terlalu apa2 ambil pusing rambutnya cepat beruban?
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 00:55
Jauhi sosmed
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 01:39
think positive setiap ada masalah & persoalan...
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 01:43
iyaa bener gan, lingkungan jg bisa berpengaruh. kalau lingkungannya toxic trus ya lama2 bakal berpengaruh jg omongannya
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Post ini telah dihapus oleh KS06
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 02:32
titip tenda gan
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 03:02
Simplenyaa belum dewasa (manja/cengeng) walaupun umur dah bau tanah.. emoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 03:40
Wahhh agannya anak psikologi nih keknya, hahahahah bagus ini threadnya, dari sini ane belajar mikir itu penting tapi banyak pikiran juga gak baik yak. Jangan mikir yang macem2 deh yak intinya hehehehe
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 04:07
dapat memicu kebotakan emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
snoopze dan adnanami memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 04:15
sikosomatis itu yg diiket terus disiksa ya?
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 04:35
mikir sewajarnya ja emoticon-Jempol
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 06:00
nice thread gan emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 06:18
berfikir positif aja. emoticon-Traveller
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 07:11
Makanya , klo agan kerap sakit di poin2 tertentu di tubuh.

Sudah berobat ke dokter , sudah di cek macam2 gak sembuh pula / gk ada tw juga kenapa.

Mungkin ada baiknya agan coba ke psikolog / psikiatri.

Krena mungkin masalahnya di pikiran agan

Sering ada kasus kek gini , biasanya malah orang kira kena santet dll. Padahal sbenarnya psikomatis and bisa sembuh dengan obat2an psikiatri
/ Hipnoterapi / psikoterapi
profile-picture
profile-picture
brina313 dan adnanami memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 07:33
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 07:47
sakit jiwa lama2 wkwkwkwjw
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 07:47
contohnya sekarang, kebanyakan asupan berita covid19, lalu ngerasa

'loh kok tiba" dada sakit/sesak, jangan-jangan ane...?'
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
04-07-2020 09:03
jangan sering" halu 😂 psikosomatis akan menyerang anda 😂
Diubah oleh setyawansinaga
profile-picture
ueki19 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia