• Beranda
  • ...
  • AMHelpdesk
  • 7 Anime Jadul Ini Nyaris Mustahil Bisa Tayang Kembali di Indonesia

cintadineAvatar border
TS
cintadine
7 Anime Jadul Ini Nyaris Mustahil Bisa Tayang Kembali di Indonesia
Selemat datang kembali di thread ane gan. Dalam tread ini ane akan kembali membahas tentang pertelevisian Indonesia dan anime. Seperti yang kita ketahui jika anime Jepang di tv Indonesia sudah cukup lama kejayaannya telah berakhir. Praktis sejak KPI memberlalukan aturan ajaibnya, anime memang menjadi sulit tayang di tv nasional dan sudah kehilangan pasar karena anak remaja kini sudah malas nonton tv. Di masa lalu sangat banyak anime-anime terkenal yang pernah tayang di tv Indonesia, namun kini yang tersisa mungkin hanyalah Doraemon dan Naruto. Untuk bisa menayangkan anime yang 'aman' di Indonesia mungkin masih bisa. Tapi menayangkan kembali beberapa anime jadul (beberapa di antaranya masih berlanjut hingga sekarang di Jepang) yang dulunya pernah tayang di Indonesia rasanya nyaris mustahil karena aturan yang tidak memungkinkan. Nah, berikut ini adalah beberapa anime yang dulu pernah tayang di Indonesia namun nyaris mustahil untuk ditayangkan kembali di era sekarang.

1. One Piece
Anime dengan nama besar hasil karya Eichiro Oda ini tayang pertama kali di RCTI dan kemudian sempat pindah ke Global TV. Namun saat masih di Global TV, One Piece dihentikan penayangannya. Ini dikarenakan One Piece dianggap mengandung kekerasan dan pakaian karakter wanitanya yang terlalu seksi. Jelas tidak akan ada stasiun tv lokal yang berani menayangkan One Piece sekarang ini.

2. Death Note
Death Note yang merupakan karangan Takeshi Obata dan Tsugumi Ohba sering disebut sebagai anime terbaik sepanjang masa. Pernah tayang di Global TV namun beberapa episode kemudian anime ini dicekal penayangannya karena dianggap berbahaya bagi anak-anak. Selain kekerasan, Death Note juga dianggap memberikan dampak psikologis bagi penontonnya.

3. Crayon Shinchan
Sebenarnya Crayon Shinchan memang bukanlah anime untuk anak-anak karena jelas-jelas anime ini adalah anime seinen yang diperuntukan untuk penonton dewasa. Beberapa tahun yang lalu Shinchan masih tayang di RCTI setelah sempat pindah ke Trans 7. Tapi kalau sekarang mungkin pihak tv berpikir dua kali untuk menayangkan anime ini lagi.

4. Neon Genesis Evangelion
Anime ini memang terkenal lewat jalan ceritanya yang aneh dan semakin berat ketika memasuki episode-episode terakhir. Selain itu ada beberapa adegan yang memang kurang cocok untuk dilihat anak-anak. Evangelion pernah tayang di Trans TV dan hanya bertahan sebanyak tiga episode saja. Gila saja jika sekarang ada tv lokal yang kembali menayangkan kembali anime ini.


5. Sailormoon
Nyaris semua anak 90an mengenal anime ini karena memang sudah melegenda. Anime magical girl ini diperuntukan untuk remaja putri namun tidak dilarang jika para laki-laki juga suka Sailor Moon. Namun, nampaknya sulit untuk Sailor Moon tayang kembali di tv Indonesia karena terlalu beresiko. Pakaian para karakter cewek Sailor Moon akan dianggap terlalu seksi karena rok yang pendek. Tahu sendiri kan waktu iklan toko online yang dibintangi Blackpink kayak gimana? emoticon-Big Grin

6. Detective Conan
Anime bergenre misteri dan petualangan ini punya banyak penggemar meski tidak tamat-tamat. Detective Conan dulu tayang di Indosiar. Tapi penayangannya dihentikan karena alasan yang kurang jelas. Anime ini juga sulit untuk bisa tayang lagi di negara kita karena mungkin akan dianggap bisa menginspirasi dan mengajarkan trik-trik kejahatan.

7. Samurai X
Berjudul asli Rurouni Kenshin, anime ini jadi favorit anak 90an karena pernah tayang di SCTV. Kemudian juga ditayangkan ulang oleh Global TV. Saat ini jelas jika Samurai X ditayangkan kembali di tv Indonesia, maka akan dipenuhi oleh sensor dan blur. Karena kita tahu jika anime banyak adegan aksi pertarungan menggunakan pedang.

Nah gan, ada yang mau nambahin judul lainnya enggak nih? emoticon-Ngakak

Quote:
jangkrikgirl32
ceuhetty
tien212700
tien212700 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
20.6K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
AMHelpdesk
AMHelpdesk
icon
2.3KThread260Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.