ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Youtube Dulu Keren, Sekarang Hanya Bisnis


Pada tanggal 24 juni lalu salah satu channel youtube indonesia yang bernama skinnyindonesian24 resmi pamit dari youtube. Channel dengan subsriber 2,28 juta itu merupakan channel yang dikembangkan oleh kakak beradik Andovi dan Juvial da lopez.

Mereka berdua memiliki alasan yang berbeda untuk memilih pensiun dari youtube namun Jovial mengatakan alasannya undur diri adalah karna youtube yang sekarang sudah bukan youtube yang dulu lagi.

"youtube dulu keren, sekarang hanya bisnis"



Perkataannya tersebut sontak membuat saya mencari cari komentar mengenai sistem youtube lama dan yang baru dan akhirnya paham bahwa masalah utamanya adalah trending youtube.

Dulu youtube akan selalu menampilkan video yang sesuai dengan minat kita namun youtube sekarang hanya menampilkan video yang kemungkinan besar bisa viral. Tak peduli video apa itu.

Karna sistem baru inilah banyak youtuber youtuber yang membuat konten 'asal viral kualitas nomor 2'.Tujuannya semata mata bukan untuk berkarya melainkan uang.

Contohnya video prank setingan, video ngajak pacar skidipapap atau video tolol lainnya. Mereka tak peduli akan isinya karna yang penting adalah video tersebut viral dan menghasilkan banyak uang.



Mengikuti kesuksesan mereka dalam menghasilkan uang banyak orang yang mulai memandang youtuber sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Mungkin awalnya mereka mencoba untuk membuat sesuatu yang berkualitas namun karna tidak mendapatkan banyak view maka ujung ujungnya beralih ke konten yang kita sebut 'unfaedah'.

Faktanya memang konten konten seperti inilah yang banyak ditonton dan karna sejak awal tujuan mereka memang uang maka kesinilah mereka berlabuh.



Miris? Jelas. Karna youtube sekarang orientasinya memang ke uang maka para kreatornya pun ikut ikutan mengejar uang. Karna konten berkualitas semakin tidak dilirik oleh youtube maka semakin banyak kreator yang memilih untuk pensiun karna merasa tidak dihargai. Hasilnya youtube pun dipenuhi oleh konten tak berfaedah.



Well, sekarang satu kreator berkualitas sudah mundur. Bagaimana nasib kreator lain? Berapa lama mereka dapat bertahan? Itu semua para penontonlah yang bisa memutuskan.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

Diubah oleh ih.sul 05-07-2020 08:05
jeffm12
gta007
kekefadilah
kekefadilah dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4.1K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.