Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
227
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efcdc4cfacb956bb451b93b/pengamen-itu-pemeras-yang-halus
Pengamen, sebuah profesi atau pekerjaan yang dilakukan bermodalkan musik, yang seharusnya bertujuan menghibur, dan mendapatkan upah dari nyanyian atau lagu yang dilantunkan. Pengamen pada dasarnya adalah seorang musisi namun masih dalam taraf masih di bawah atau menitih karirnya.
Lapor Hansip
02-07-2020 01:56

Pengamen itu Pemeras yang Halus

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Wellcome GanSis
Pengamen, sebuah profesi atau pekerjaan yang dilakukan bermodalkan musik, yang seharusnya bertujuan menghibur, dan mendapatkan upah dari nyanyian atau lagu yang dilantunkan. Pengamen pada dasarnya adalah seorang musisi namun masih dalam taraf masih di bawah atau menitih karirnya.

tapi untuk di Indonesia, menurut ane pengamen memiliki peran berbeda lebih ke memeras dan mengemis, dan tidak mengandalkan musikalitas mereka. mengapa bisa begitu ? mari ane jabarin alasan-alasannya di bawah ini
Enjoy Gansis

House to House
Pengamen itu Pemeras yang Halus

Buat ane yang tinggal di kompleks sudah biasa nih ketemu dan sering banget disamperin sama pengamen yang datang dari house to house, dari rumah ke rumah. tanpa permisi dan bilang halo ataupun salam gendang pun mulai berbunyi dan suara penyanyi pun terdengar. bisa bertahan hingga lagu selesai, atau mereka akan nyanyi terus di depan sampai ada yang keluar buat kasih duit receh.

Menurut ane ini sudah cukup mengganggu apalagi di saat orang yang di rumah itu lagi istirahat siang, yang sebenarnya nih pengamen tidak tahu waktu dan tempat, asal datang bikin suara dapet uang dari suara kegaduhannya, ini kan gak beda ama preman cuma dalam versi suara. "kalo gak ke luar kasih gue duit, gue bakal nyanyi dan bikin ribut terus" setidaknya itu lah yang gue tafsir dari pengamen yang lewat depan rumah.

Kafe to Kafe/Warkop to warkop
Pengamen itu Pemeras yang Halus

Ini juga salah satu keresahan gue ketika di warkop. gue ke warkop pengen ngopi nyantai tanpa gangguan, atau sekedar ngobrol sama teman ataupun menggarap tugas perkuliahan, atau juga sekedar ngedate ama pacar. 

Namun ketika lagi serius nongkrong, DENG DENG DENG. Pengamen lewat ganggu tanpa say hallo mereka nyanyi kenceng-kenceng. dan mereka langsung masuk ke warkop mengelilingi pelanggan yang lagi serius ngobrol atau mungkin garap tugas kuliah, minta duit. he em, mereka langsung minta. udah ganggu, ngelunjak lagi minta uang. gak kurang ajar apa ?

Maksa/Nyolot
Pengamen itu Pemeras yang Halus

Ini adalah salah satu hal pernah ane temuin di kampung ane. nih orang datang ke rumah, gak Assalamualikum atau apa. nyanyi-nyanyi gak jelas berlama-lama (entah dia pengen ngehibur atau bikin riuh aja) biar dapat duit. setelah itu dikasih receh, dia protes dan bilang "Pelit Amat Sich".

Ini Rumah gue, ini wilayah gue, pengamen datang juga gak ada sopan santun main nyanyi-nyanyi, sebenernya sudah diusir langsung sama warga, cuma kasihan aja masyarakat ama nih pengamen. mending nyanyinya bagus, ini suara udah kayak kaleng krupuk berkarat juga minta lebih. Ngehibur ? kagak, Mengganggu ? banget.

Pengamen Bus
Pengamen itu Pemeras yang Halus

Pengamen Bus ini ada dua sih gan menurut ane, ada yang ngamen di Terminal ada yang di jalan. yang di terminal sepanjang bus belum jalan mereka ngamen dari bus to bus, dan tidak begitu mengganggu. 

yang ganggu adalah ketika ane udah naik bus dan penuh sesak, di beberapa titik perhentian ada aja gitu pengamen yang datang, dan tambah bikin sesak. gue di situ kayak, ayo lah, ini ruangnya udah gak ada lagi masih juga lu pengen bikin tambah gak nyaman penumpang dengan kebisingan nyanyian para pengamen.

Penumpang itu bayar biar bisa sampai tujuan dengan aman dan tenang, malah pengamen datang bikin sesek dan gaduh dengan suara-suara nyanyian berisik, dipikir mereka akan bayar juga gitu dengan ketidaknyamanan yang di bawah pengamen ? jelas nggak kan.

End

Gue gak begitu 100% nyalahin para pengamen, karena gue tahu mereka juga pengen hidup dan nyari duit. tapi juga lihat lah kondisi, lihat lah waktu, lihatlah kualitas juga. karena jujur ane juga pernah terhibur sama pengamen sama lagu yang dibawakan mereka, dan gue kasih apresiasi lebih dengan uang lebih. 

tapi ketika gue udah gak nyaman dan mengganggu jujur mending gak usah ngamen deh. apa lagi di kota ada juga tuh oknum pengamen yang maksa kayak preman di mana mereka gak akan berhenti ngeganggu/ngamen sampai dapet duitnya kalo dapat duitnya dikit malah marah marah. kan kurang ajar.

Pengamen juga bisa kok jadi musisi yang berkualitas, gak harus jadi terkenal kayak IwanFals, setidaknya mungkin mereka bisa gitu jadi penyanyi kafe kalau emang niat nya di musik, dan uang yang dihasilkan pun bisa lebih jika masih mau belajar lagi.

Itu aja dari ane, Kalau ada tambahan ataupun sanggahan, silahkan komen di bawah biar bisa dibahas bareng bareng.
Thank you udah Nyimak
emoticon-Toast
Dirawan


Diubah oleh dirawan09
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diotorisasi dan 35 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 05:05
Sekarang di tempat saya jarang terlihat pengamen dari rumah ke rumah........biasanya sih juga di kasih kalau ada. Tapi jrang banget.
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 05:06
kalo di daerah gue, ky warung2 gt ditulisin "ngamen gratis" udah tu gabakal disamperin
0 0
0
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 05:28
Ada bbrp ngamen yg maksa, ada jg yg selow. Yg plg ngeselin tu pengamen di warung makan yg jalan dr meja ke meja, biarpun ud dikasi tangan tanda ga ngasih ttp aja deket2 nyanyi trs sampe dikasih. Trus yg rumah ke rumah, begitu liat pintu kebuka lgsg aja nyanyi di dpn pager.

Ada yg blg ngamen itu ngemis yg kreatif. Pengamen elite, atau ngamen dgn satu spot khusus di cafe, tu biasanya lbh berkelas, lbh bagus musiknya krn dia cm naro box doang di dpnnya. Bahkan band indie tmn ane yg manggung kontrak dr cafe ke cafe jg blg sendiri kl pekerjaannya ngamen. Mgkn istilah aja, intinya cari duit dgn bermusik. Duit tambahannya dr request lagu pengunjung cafe dan minimal lembaran biru.
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 05:33
kalo ane paling gasuka sama pengamen yang dari cara permisi dan minta uangnya aja udah kaya malak tuh gan kaya "seribu dua ribunya tidak akan membuat anda miskin, daripada kami mencopet, menjambret, dan berbuat kriminal kami minta seribu dua ribu nya saja yah bapak2 ibu2" buset dah kalo ketemu pengamen2 kaya gitu pengen gua tonjok aja langsung congornya emoticon-Blue Guy Bata (L)

Tapi ga banyak juga pengamen2 ditempat makan, atau perempatan lampu merah yang nyanyi nya bagus dan sopan2 gan emoticon-Jempol
Kalo yang modelan kaya gini ane ngasih dua rebu atau lima rebu juga ikhlas gan emoticon-Jempol
profile-picture
Rinka17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 05:36
selain pengamen, tukang parkir jg
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 05:44
Di saat pandemi gini

Daerah rumah gue bisa diitung berapa kali pengamen dateng
Entah solois , gerobak keliling , badut, dsb
Ada 5 kali dalam sehari

Bukan ngga mau kasih
Misal sehari ada 5 pengamen
Setiap pengamen dikasih 1k

Lah iya bangkrut dah

Makanya lebih baik gue tutup pintu nya aja jadi ngga akan nyanyi deh di depan rumah
profile-picture
Rinka17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 05:46
tempat gue jg ngamennya ganggu pake gerobak speaker aktif, cuma stelin mp3 dangdut entah itu grup dia atau artis beneran

intinya cuma dorong gerobak nyalain musik di speaker terus minta uang

yang gue sesalin nongolnya sabtu minggu siang pula dimana libur dan istirahat wtf emoticon-Cape d...
Diubah oleh W32.Sality.AE
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 05:55
pengamen yg dateng ke rumah kalo ane kasih duit lgsg brenti nyanyi gan
baru juga intro... jreng jreng jreng
dikasih duit... ehh stop... mana lagunya???
wkwkwk
profile-picture
yunda.me memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 05:56
dulu ane pernah lg naek metro mini di sekitaran blok m. ada pengamen masuk dan nyanyi sebentar. gak berapa lama nih pengamen minta duit satu per satu ke para penumpang. tibalah giliran ane. ane kasih lah gopek, tp tetep si pengamen masih masih meminta lebih.. ane kasih seribu.. tetep minta lagi .. naik seribu jadi 2 ribu, disitu ane sedang nunggu momen nih metro mini berhenti barang sebentar.. hingga kebetulan bis ini berhenti pas nurunin penumpang. singkat cerita ane langsung gercep kabur lalu nyebrang jalan, untung jalanan gak rame lalu ane masuk gang yg ada di sekitaran situ wkwkwkwk oh iya saking gercepnya ane baru sadar belom bayar tuh bus metro mini wkwkwkwk pantes ane diteriakin kondekturnyaemoticon-Ngakak
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 06:00
pengamen di bis yang tidak sesak, jadi hiburan bagi penumpang

pengamen di rumah makan yang duduk jauh dari meja, para tamu jadi penonton

intinya kalau nyanyi bagus dan tidak memaksa, biarkan saja
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 06:24
ane biasa senyumin aja gan klo ga bisa ngasih
sambil geleng kepala tanpa komen
kek kita bantu smangatin dia dah capek nyari receh

walo kecewa ..
pengamennya ga keberatan & maklum ko

keknya pengamen malah sakit hati
terima receh dri ekspresi muka kecut
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 06:46
kalo kang parkir permeras juga bukan gan ?? emoticon-Cool
Diubah oleh sangkelentut
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 06:54
gw pernah ngasih duit receh ke pengamen malah dibuang padahal nyanyinya gajelas kaya orang idiot
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 06:56
ane pernah naik bis ekonomi sekitar taun 2011n di daerah cirebon pas balik dari jakarta waktu itu macet trus masuk kaya pengamen 3 orang tp g ngamen cuma dia cerita2 doang teriak2 ga jelas abis itu minta duit pas ane keluarin 2 ribuan dia gamau dan dia maksa! tiba2 saku celana ane di tarik gan, udah deh ane lawan aja dan ga jdi ane kasih, abis itu dia ke kursi belakang sama dia maksa sampe mau ribut ama om2 yh dibelakang,
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 07:15
namanya cr duit, tp klo maksa sih beda cerita emoticon-Traveller
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 07:15
yang di bus biasanya suka maksa
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 07:20
drpd nyolong duit rakyat ?
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 07:20
Ane kurang setuju sih sama agan.
Karena kebetulan temen ane ada beberapa yg ngamen juga.
Kata mereka, kalau agan gak mau ngasih, ya tetep musti keluar, ngomong aja yg baik. Kalau di jogja " ngapunten, sanese mawon".
Atau "maaf, yang lain saja". Mereka juga tau diri. Kalau si agan nya ada orang ngamen kok mager, ya mereka bakal nyanyi gak brenti2. Wkwk
Kata temen ane, kalau ada yg nawarin gawean, mereka juga kagak mau ngamen. Tapi mereka idup di jalan, pendidikan seadanya. Ngamen juga kepepet, seenggaknya temen ane punya prinsip, gak mau buat ngemis.
Walaupun cuma modal seadanya, ya alat, ya skill, ya suara. Wkwk
Mereka berusaha nyari duit.
Tp pengamen yg kurang ajar juga ada, mobil ane pernah di baret di perempatan. Wkwkwk..
Tp gak semua yg ngamen itu jahat sih.
Mending kalau ada yg ngamen di rumah agan, tawarin aja gawean. Ane jamin agan gak bakal kebrisikan lagi..
Ataau.. Tulisin di pintu masuk komplek, pengamen dan pemulunf di laramg masuk. Plus kompakan satu komplek kalau ada yg ngamen, gak usah dikasih. Cukup keluar sambil bilang " maaf, yang lain aja mas"
Ane jamin, komplek agan bakal bersih dr pengamen.
profile-picture
dirawan09 memberi reputasi
1 0
1
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 07:23
0 0
0
Pengamen itu Pemeras yang Halus
03-07-2020 07:27
setuju gan, kalo ga dikasih biasanya rada ngambek gitu gan
0 0
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia