• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Okinawa, Pulau Dengan Penduduk Berusia Sampai 100 Tahun Bahkan Lebih!

batzforum
TS
batzforum
Okinawa, Pulau Dengan Penduduk Berusia Sampai 100 Tahun Bahkan Lebih!


Pulau Okinawa yang terletak di barat daya Jepang ini terkenal dengan penduduknya yang memiliki angka harapan hidup paling tinggi di dunia sehingga pulau ini dijuluki sebagai tanah abadi atau "Land of the Immortals".


Julukan tanah abadi bukan hanya sekedar panggilan untuk pulau ini, karena di Pulau Okinawa ini kita akan menemukan centenarian atau yang biasa dikenal sebagai orang-orang yang berusia lebih dari 100 tahun. Jika dihitung, setiap 100.000 penduduk Okinawa terdapat 68 orang dengan usia 100 tahun lebih loh. Karena itu pulau ini dibilang memiliki angka harapan hidup paling tinggi di dunia.




Tentu ada alasan mengapa rata-rata manusia yang hidup di Pulau Okinawa Jepang ini memiliki umur yang panjang. Faktor yang paling mempengaruhi umur panjang orang Okinawa adalah pola hidup, letak geografis dan juga makanan.




Sebagai salah satu dari 4 tempat di dunia yang memiliki kesempatan hidup lebih lama dari yang lain, orang Okinawa tentu memiliki pola hidup yang sehat. Rata-rata penduduk Okinawa bekerja sebagai petani atau nelayan, sehingga secara fisik mereka lebih kuat dan sehat daripada masyarakat lainnya di kota-kota Jepang.




Selain itu letak geografis juga menjadi salah satu faktor mengapa masyarakat Okinawa memiliki umur panjang. Wilayah Okinawa jauh dari keramaian kota, sehingga masyarakat di Okinawa bisa hidup tenang tanpa gangguan dari kota, beban pikiran atau stress.




Faktor terakhir yang menjadikan masyarakat Okinawa memiliki umur panjang atau harapan hidup tinggi adalah makanan mereka. Masyarakat Okinawa terbiasa memakan makanan sehat sesuai tradisi mereka yang mengatakan jika memakan makanan sehat maka kehidupan pun akan sehat. Makanan yang biasa mereka makan contohnya adalah Champuru yaitu campuran dari berbagai bahan makanan seperti tahu, daging dan sayuran. Selain itu mereka juga memakan hidangan dari daging babi, rumput laut dan juga ikan segar hasil tangkapan mereka.


Selain itu masyarakat Okinawa juga jarang terserang penyakit karena mereka terbiasa menerapkan diet umibudo segar yang berasal dari bahan anggur laut.




Itulah penjelasan mengenai Okinawa, suatu pulau dengan centenarian paling banyak di dunia serta faktor yang mempengaruhi umur panjang mereka.
Apakah agan sista tertarik mengikuti pola hidup masyarakat Okinawa?


Sumber referensi : Tulisan Pribadi, disinidan disini
Sumber gambar : google image

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh batzforum 02-07-2020 07:32
ekapabettaiThesyaamuli.tsm.import
muli.tsm.import dan 33 lainnya memberi reputasi
34
5.7K
123
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.