dirawan09
TS
dirawan09
Pengamen itu Pemeras yang Halus
Wellcome GanSis
Pengamen, sebuah profesi atau pekerjaan yang dilakukan bermodalkan musik, yang seharusnya bertujuan menghibur, dan mendapatkan upah dari nyanyian atau lagu yang dilantunkan. Pengamen pada dasarnya adalah seorang musisi namun masih dalam taraf masih di bawah atau menitih karirnya.

tapi untuk di Indonesia, menurut ane pengamen memiliki peran berbeda lebih ke memeras dan mengemis, dan tidak mengandalkan musikalitas mereka. mengapa bisa begitu ? mari ane jabarin alasan-alasannya di bawah ini
Enjoy Gansis

House to House

Buat ane yang tinggal di kompleks sudah biasa nih ketemu dan sering banget disamperin sama pengamen yang datang dari house to house, dari rumah ke rumah. tanpa permisi dan bilang halo ataupun salam gendang pun mulai berbunyi dan suara penyanyi pun terdengar. bisa bertahan hingga lagu selesai, atau mereka akan nyanyi terus di depan sampai ada yang keluar buat kasih duit receh.

Menurut ane ini sudah cukup mengganggu apalagi di saat orang yang di rumah itu lagi istirahat siang, yang sebenarnya nih pengamen tidak tahu waktu dan tempat, asal datang bikin suara dapet uang dari suara kegaduhannya, ini kan gak beda ama preman cuma dalam versi suara. "kalo gak ke luar kasih gue duit, gue bakal nyanyi dan bikin ribut terus" setidaknya itu lah yang gue tafsir dari pengamen yang lewat depan rumah.

Kafe to Kafe/Warkop to warkop

Ini juga salah satu keresahan gue ketika di warkop. gue ke warkop pengen ngopi nyantai tanpa gangguan, atau sekedar ngobrol sama teman ataupun menggarap tugas perkuliahan, atau juga sekedar ngedate ama pacar. 

Namun ketika lagi serius nongkrong, DENG DENG DENG. Pengamen lewat ganggu tanpa say hallo mereka nyanyi kenceng-kenceng. dan mereka langsung masuk ke warkop mengelilingi pelanggan yang lagi serius ngobrol atau mungkin garap tugas kuliah, minta duit. he em, mereka langsung minta. udah ganggu, ngelunjak lagi minta uang. gak kurang ajar apa ?

Maksa/Nyolot

Ini adalah salah satu hal pernah ane temuin di kampung ane. nih orang datang ke rumah, gak Assalamualikum atau apa. nyanyi-nyanyi gak jelas berlama-lama (entah dia pengen ngehibur atau bikin riuh aja) biar dapat duit. setelah itu dikasih receh, dia protes dan bilang "Pelit Amat Sich".

Ini Rumah gue, ini wilayah gue, pengamen datang juga gak ada sopan santun main nyanyi-nyanyi, sebenernya sudah diusir langsung sama warga, cuma kasihan aja masyarakat ama nih pengamen. mending nyanyinya bagus, ini suara udah kayak kaleng krupuk berkarat juga minta lebih. Ngehibur ? kagak, Mengganggu ? banget.

Pengamen Bus

Pengamen Bus ini ada dua sih gan menurut ane, ada yang ngamen di Terminal ada yang di jalan. yang di terminal sepanjang bus belum jalan mereka ngamen dari bus to bus, dan tidak begitu mengganggu. 

yang ganggu adalah ketika ane udah naik bus dan penuh sesak, di beberapa titik perhentian ada aja gitu pengamen yang datang, dan tambah bikin sesak. gue di situ kayak, ayo lah, ini ruangnya udah gak ada lagi masih juga lu pengen bikin tambah gak nyaman penumpang dengan kebisingan nyanyian para pengamen.

Penumpang itu bayar biar bisa sampai tujuan dengan aman dan tenang, malah pengamen datang bikin sesek dan gaduh dengan suara-suara nyanyian berisik, dipikir mereka akan bayar juga gitu dengan ketidaknyamanan yang di bawah pengamen ? jelas nggak kan.

End

Gue gak begitu 100% nyalahin para pengamen, karena gue tahu mereka juga pengen hidup dan nyari duit. tapi juga lihat lah kondisi, lihat lah waktu, lihatlah kualitas juga. karena jujur ane juga pernah terhibur sama pengamen sama lagu yang dibawakan mereka, dan gue kasih apresiasi lebih dengan uang lebih. 

tapi ketika gue udah gak nyaman dan mengganggu jujur mending gak usah ngamen deh. apa lagi di kota ada juga tuh oknum pengamen yang maksa kayak preman di mana mereka gak akan berhenti ngeganggu/ngamen sampai dapet duitnya kalo dapat duitnya dikit malah marah marah. kan kurang ajar.

Pengamen juga bisa kok jadi musisi yang berkualitas, gak harus jadi terkenal kayak IwanFals, setidaknya mungkin mereka bisa gitu jadi penyanyi kafe kalau emang niat nya di musik, dan uang yang dihasilkan pun bisa lebih jika masih mau belajar lagi.

Itu aja dari ane, Kalau ada tambahan ataupun sanggahan, silahkan komen di bawah biar bisa dibahas bareng bareng.
Thank you udah Nyimak
emoticon-Toast
Dirawan


Diubah oleh dirawan09 01-07-2020 19:04
galigulagaluSakaaa9393diotorisasi
diotorisasi dan 35 lainnya memberi reputasi
34
10.8K
228
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.