• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Data Bilang, Transfer dan Bek adalah Senjata Rahasia Liverpool

aftermatchtalks
TS
aftermatchtalks
Data Bilang, Transfer dan Bek adalah Senjata Rahasia Liverpool
Salam olahraga gansis

emoticon-Bolaemoticon-Menang


Euforia gelar juara yang diraih Liverpool sepertinya masih ada, terutama oleh pendukung setianya yang memang sudah lama sekali menanti gelar EPL. Nah kali ini ane mau bahas apa rahasia keperkasaan Liverpool di bawah Klopp selama beberapa musim terakhir baik di Inggris maupun Eropa. Tentunya berdasarkan data.

Seperti yang ane bilang di judul, dua rahasia tersebut adalah transfer dan fullback yang banyak luput dari perhatian banyak orang. Kebanyakan orang mungkin menyebut faktor pemaindan pelatih saja. Tapi data mengatakan ada rahasia lain dibalik itu. Langsung aja cekidot.

Transfer
Klopp mengawali musim pertama di Liverpool secara kurang menggembirakan sebenarnya, cuma finish di posisi 8 saat itu. Tapi untung owner klub masih memberi kesempatan untuk Klopp.

Disinilah kecermatan Klopp menampakkan hasil serining berjalannya waktu. Klopp pintar memilih dan mengoptimalkan pemain yang direkrutnya. Hasil transfer Liverpool  memberikan kontribusi bagus untuk klub dengan memberi menit bermain yang tinggi.


dokumentasi pribadi  @aftermatchtalks


Data yang diolah oleh Financial Times membuktikan bahwa Liverpool membayar pemain lebih murah dibanding big spender lain seperti Manchester City dan Manchester United. Transfer besar seperti M. Salah, Van Dijk, S. Mane berbuah hasil maksimal untuk Liverpool. Sedangkan transfer besar MU beberapa kali kurang maksimal misalnya Alexis Sanches, Mkhtaryan dan Citiy miss dengan Cancelo, Mahrez, Mendy, Sane dsb.

Fullbacks
Di era Klopp, peran fullback ternyata begitu sentral, tidak hanya sebagai benteng pertahanan, fullbacks Liverpool juga menjadi kunci serangan Liverpool. Klopp menganut paham build-up dari bawah. Data yang diolah Financial Times menemukan bahwa tiap musim jumlah peluang gol yang di assist atau diciptakan oleh fullback semakin naik dan musim ini jumlahnya malah mengalahkan midfielder.


Dokumentasi @aftermatchtalks

Secara total, 91% assist milik Liverpool musim ini diciptakan oleh non-midfielder. Tidak heran jika Van Dijk, Trent Arnold, Robertson/Milner sering menjadi kunci permainan bagi Liverpool.

Kesabaran
Selain memang kejeniusan Klopp dan performa para pemain, hal lain yang bisa diambil dari Liverpool adalah kesabarannya, baik suporter maupun pemilik klub. Klopp mengawali awal musim dengan kurang baik, finish di peringkat 8. Tapi owner tetap memberikan kesempatan kepada Klopp untuk membuktikan. Hasilnya, trofi UCL dan EPL berhasil diraih.

Hal tersebut patur dicontoh suporter dan federasi kita agar tidak hanya menuntuk prestasi instant karena semua butuh proses. Apalagi dengan kondisi liga dan federasi kita yang masih belum profesional.

Apalagi kira2 gan rahasia Liverpool bisa juara??



Sumur : Pengamatan & dokumentasi pribadi, data diolah dari Financial Times





Quote:
Diubah oleh aftermatchtalks 03-07-2020 16:15
Tonozzweshley07tien212700
tien212700 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.6K
63
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.8KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.