suhai91Avatar border
TS
suhai91
Cara Berbakti
Gimana ya gan caranya berbakti ke orang tua/ mertua yang
1. Menilai anaknya berdasarkan uang yg diberi anaknya
2. Selalu merasa kurang dengan pemberian anaknya
3. Tidak ada inisiatif menghemat pengeluaran
4. Tidak kreatif membelanjakan uang
5. Menuntut lebih dari jatah bulanan
6. Gengsi jika punya barang murah
7. Tidak pernah menolak iuran2 yg ga penting
8. Menyindir anak dgn dalil2 dan hadis tentang sedekah

Fyi, budaya membeda2kan anak sesuai uang ini sudah ada sejak jaman nenek, jadi nenek memperlakukan ibuku seperti ini juga shg aku takut sifat itu akan menurun ke orang tua

Sbg contoh :
Aku memberi jatah bulanan 2.5 juta kepada ibuku (jumlah yg sama saat lockdown ataupun normal) Suatu hari ibuku diberi oleh bibiku yg tajir uang 2 juta karena bibiku ingin membelikan hp baru untuk adik aku. Namun dia mengeluh tak bisa membelikan karena tak ada uang lebih. Sehingga ia meminta uang tambahan. Saya tanya kenapa uang 2 juta tak cukup? Karena ia ingin membeli merk samsvng. Nah! Itu yg membuat saya kesal. Akhirnya saya tawarkan hp xiaomay yg di bawah 2 juta. Katanya merk china jelek. Akhirnya saya biarkan saja. Lalu tiba saatnya saya gajian dan saya transfer 2.5 juta.. Lalu mengeluh lagi tak ada uang buat beli sepatu baru adikku. Dalam hati saya, apa tidak bisa beliau menyisihkan dari 2.5 juta ini untuk membeli sepatu yg harganya 100k an? Beliau beralasan harga barang2 naik. Maksud saya toh dalam masa psbb seharusnya beliau tidak mengeluarkan biaya transport untuk mengantar sekolah adik saya karena sedang libur. Namun saya liat status wa nya sedang kumpul2 dengan teman2 nya. Maksudku saya ingin ibu saya ini berkorban sedikiit saja dengan menghemat uang yg saya berikan sehingga cukup utk memenuhi kebutuhan. Dengan tidak kumpul2, tidak iuran hal2 yg ga penting (spt iuran cenderamata perpisahan, dll), dan tidak gengsian membeli hp dengan merk x. Andai saja dia berpikiran uang 2 juta ini bisa saya belikan hp xiomay 1.8jt + sepatu. Pasti akan cukup. Ya kalau dia tetep kekeuh pengen beli samsvng yg harganya 2.5 juta lalu minta tambahan uang bulanan lalu saya tidak kasih lebih (karena saya sdg nabung) Itu akan trlihat seperti saya anak durhaka karena tidak membahagiakan ortu. Itulah yg saya maksud tidak ada inisiatif dan kreatif membelanjakan uang.
Saya liat orang terdekat saya ibu2 akan memakai segala macam cara agar bisa menghemat pengeluaran karena kasihan liat suami bekerja keras. Nah ini kenapa ibu saya biasa aja liat anaknya banting tulang, malah merasa kurang terus. Uanh segitu ditambah kontrakan harusnya cukup. Ibu saya tipe orang yg ga berani sama orang lain tapi berani sama anak sendiri. Dia ga berani nagih uang kontrakan tapi berani menuntut anaknya ini itu. Sumpah aku ga ngerti lagi harus berbakti dengan cara apa. Karena bagi dia, berbakti = uang. Sementara saya sudah sepakat memberikan ortu dengan jumlah tersebut kepada pasangan saya.

Susahnya berbakti ke orang tua/mertua yg kurang bersyukur 😭
Jika anakku besar kelak, melihatnya berakhlak mulia dan bertakwa kepada Tuhan saja saya sudah sangat bersyukur. Tidak perlu lah anakku memberi uang ini itu. Makanya saya harus bijak menggunakan uang untk sekarang dan dana pensiun.


cheria021
Richy211
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
898
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread•9.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.