• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Disuruh Bayar Pajak, Di Negara Ini Bersepeda Ke Kantor Malah Dibayar Negara

asikasikaja77
TS
asikasikaja77
Bukan Disuruh Bayar Pajak, Di Negara Ini Bersepeda Ke Kantor Malah Dibayar Negara

inet.detik.com

Tampaknya aktivitas bersepeda di negeri ini akan segera punah karena wacana yang dibuat oleh pemerintahnya sendiri. Baru-baru ini kita ketahui bahwa pemerintah akan memberikan pajak bagi para pengguna sepeda. Padahal saat ini bersepeda tengah menjadi trend bagi sebagian orang di Indonesia. Meskin belum banyak yang menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor, seharusnya hal ini disambut baik oleh pemerintah dengan memberikah "hadiah spesial" bagi mereka yang mau bersepeda ke tempat kerja.


weforum.org

Mengesampingkan masalah di negeri ini dan coba melihat negara lain. Mungkin kita bisa melihat apa yang dilakukan oleh pemerintah Belanda terhadap warganya yang memakai sepeda. Kenapa melihat ke Belanda? Karena dari jumlah sepeda yang ada lebih banyak ketimbang penduduk Belanda sendiri. Mereka bakan punya julukkan sebagai negara dengan jumlah sepeda terbanyak dan tidak tertandingi. Hal inilah yang kemudian menjadikan Belanda sebagai peringkat pertama negara pengguna sepeda terbanyak di dunia yang diikuti oleh Denmark, Jerman, Swedia, Finlandia serta beberapa negara lainnya. Lalu dimana posisi Indonesia? Entah, coba agan sista kira-kira sendiri emoticon-Big Grin.


holland.com

Di Belanda, pemerintahnya justru membayar warganya yang mau pergi ke kantor dengan sepeda. Setiap kilometernya, pemerintahnya akan membayar $0.22 (sekitar 3 ribu rupiah). Cukup lumayan bila jarak rumah mereka 5 kilometer, berarti dalam sehari mereka menempuh 10 kilometer. Dan bila dilakukan dalam 22 hari kerja (sabtu minggu libur) maka mereka bisa mendapatkan 660 ribu rupiah dari bersepeda ke tempat kerja. Nominal ini cukup lumayan bila diterapkan di Indonesia, tapi ane rasa enggak mungkin kalo perkilometer kita akan dibayar 3 ribu rupiah, mungkin akan dibawahnya.


youtube.com

Hal ini tentu bisa menjadi pembahasan pemerintah bahwa semua hal yang sedang menjadi trend itu jangan terus dipajaki. Karena ane rasa, bila barang trend dipajaki, akan membuat semakin cepat trend itu segera hilang dari masyarakat. 

Ketimbang naik sepeda dipajakin, mending naik sepeda dibayar. Dibayar 100 rupiah perkilometerpun ane rasa gak masalah. Karena dengan jarak tempuh 10 kilometer (pulang pergi) dan selama 22 hari kerja maka kita bisa mendapatkan pasive income sebesar 22.000 perbulan. Lumayan buat tambahan ngisi kuota emoticon-Big Grin.

Referensi thread weforum.org

BlinkFirstDateeriksaQballszz
Qballszz dan 34 lainnya memberi reputasi
35
11.4K
198
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.