Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
193
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef8b132af7e9364d318dc1b/motivasi-buat-yang-kesepian-masuk-sini-lo-semua
Ketika banyak orang diluar sana berbahagia dengan orang-orang terdekat (yang lo liat dari social media mungkin), lo terpaksa harus berdiam diri sendiri menatapi kenyataan hidup kalau untuk sekedar ngedengerin isi hati lo aja gak ada orang yang bersedia sama sekali.
Lapor Hansip
28-06-2020 22:03

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!


(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!


(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!

Quote:Original Posted By thomasshelby
hello darkness ma old friend emoticon-Mewek


SELAMAT DATANG JIWA-JIWA YANG SEPI.

emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi


Pernah gak sih kalian ngerasa kesepian? maksud gue, sepi yang benar-benar sepi.

Ketika banyak orang diluar sana berbahagia dengan orang-orang terdekat (yang lo liat dari social media mungkin), lo terpaksa harus berdiam diri sendiri menatapi kenyataan hidup kalau untuk sekedar ngedengerin isi hati lo aja gak ada orang yang bersedia sama sekali.

Ketika lo mencurahkan segenap tenaga lo untuk membantu hidup orang banyak, disaat lo butuh malah gak ada satu orangpun yang datang untuk sekedar membagi senyum semangat.

Ketika lo berusaha untuk memahami. orang-orang malah berlagak gak peduli.

Ketika yang lo butuhkan saat pandemi ini adalah cinta kasih, yang lo dapet malah perasaan sendiri dan terisolasi.

Pernah ngerasain, gan?

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!


Jawabannya pasti PERNAH. Gue punya study-nya kok jadi pernyataan gue ini punya dasar yang kuat. nih kutipannya:

Quote:
Loneliness is an experience that has been around since the beginning of time—and we all deal with it, according to Ami Rokach, PhD, an instructor at York University in Canada and a clinical psychologist. "It’s something every single one of us deals with from time to time," he explains, and can occur during life transitions such as the death of a loved one, a divorce or a move to a new place. This kind of loneliness is referred to by researchers as reactive loneliness.

According to a 2018 national survey by Cigna, loneliness levels have reached an all-time high, with nearly half of 20,000 U.S. adults reporting they sometimes or always feel alone. Forty percent of survey participants also reported they sometimes or always feel that their relationships are not meaningful and that they feel isolated (Sumber).


Study ini bilang kalau di tahun 2018, setengah dari 20 ribu orang dewasa di US sering atau selalu merasa sendiri. 40% dari partisipan survey ini bahkan merasa sendiri walaupun sedang menjalin hubungan dengan orang lain. Hasil study ini jelas memberi gambaran kalau 1 dari 2 orang di US ditahun 2018 bisa aja mengalami kesepian. Masalah terus berlanjut ketika kesepian ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan mental dan fisik lewat kebiasaan-kebiasaan yang lahir dari perasaan sepi (contoh: ngerokok atau minum alkohol).

Itu baru ditahun 2018, semua semakin berbahaya ketika diawal tahun 2020 dunia dilanda pandemi dari virus corona yang mengakibatkan menurun dengan drastisnya jumlah sosial interaksi yang terjadi dikehidupan sehari-hari. Isolasi kehidupan akibat pandemi virus jelas menimbulkan perasaan sepi dan katanya hal ini bahkan 2 kali lebih berbahaya terhadap kesehatan mental dan fisik dibandingkan obesitas (Perspectives on Psychological Science, Vol. 10, No. 2, 2015).

Yang jadi masalah berikutnya adalah, kesepian katanya juga bisa dialami oleh orang-orang ketika mereka sedang berkumpul dengan orang lain (kayak di ruang kerja, di kelas, bahkan ketika berada dirumah bersama pasangan atau anak). Dari fakta ini terlihat kalau kesepian gak cuma berhubungan dengan isolasi atau penutupan diri. Kesepian ternyata lebih didefinisikan sebagai level kepuasaan seseorang terhadap "hubungannya" dengan orang lain dan persepsi mereka terhadap isolasi sosial.

Ngeri banget gak sih?
emoticon-Takut

Quote:
“The trouble is not that I am single and likely to stay single, but that I am lonely and likely to stay lonely.”
― Charlotte Brontë

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!


Itu belum seberapa, gue udah rangkum dibawah beberapa study untuk memperjelas apa aja dampak dari perasaan sepi yang secara konstan menyerang kesehatan mental dan fisik. silahkan kalian tinggal baca aja.

Quote:
A 2019 study led by Kassandra Alcaraz, PhD, MPH, a public health researcher with the American Cancer Society, analyzed data from more than 580,000 adults and found that social isolation increases the risk of premature death from every cause for every race (American Journal of Epidemiology, Vol. 188, No. 1, 2019). According to Alcaraz, among black participants, social isolation doubled the risk of early death, while it increased the risk among white participants by 60 to 84 percent.


Study dari American Cancer Society menunjukkan bahwa isolasi sosial pada 580.000 orang dewasa meningkatkan resiko kematian premature (mati diusia muda) dari semua penyebab pada semua RAS. Study pada partisipan berkulit hitam menunjukkan kalau isolasi sosial menggandakan resiko mati muda sementara data pada partisipan berkulit putih menunjukkan peningkatan resiko tersebut dari 60% menjadi 84%.

emoticon-Takut emoticon-Takut

Quote:
A 2016 study led by Newcastle University epidemiologist Nicole Valtorta, PhD, for example, linked loneliness to a 30 percent increase in risk of stroke or the development of coronary heart disease (Heart, Vol. 102, No. 13).


Study tahun 2016 oleh Newcastle University
menemukan bahwa kesepian berhubungan dengan 30% resiko peningkatan stroke atau coronary heart disease.

emoticon-Takut emoticon-Takut

Quote:
Researchers at the Florida State University College of Medicine also found that loneliness is associated with a 40 percent increase in a person’s risk of dementia (The Journals of Gerontology: Series B, online 2018).


Study dari Florida State University of Medicine menunjukkan kalau kesepian berhubungan dengan peningkatan resiko demensia (pikun) sebesar 40%.

emoticon-Takut emoticon-Takut

Quote:
A 2015 study led by Steven Cole, MD, a professor of medicine at the University of California, Los Angeles, provides additional clues as to why loneliness can harm overall health (PNAS, Vol. 112, No. 49, 2015). He and his colleagues examined gene expressions in leukocytes, white blood cells that play key roles in the immune system’s response to infection. They found that the leukocytes of lonely participants—both humans and rhesus macaques—showed an increased expression of genes involved in inflammation and a decreased expression of genes involved in antiviral responses.


Study tahun 2015 oleh Steven Cole, seorang profesor dari University of California, menunjukkan kalau leukosit pada pasien yang kesepian menunjukkan peningkatan ekspresi dari gen yang terlibat pada reaksi inflamasi dan penurunan ekspresi yang berhubungan dengan respon antivirus. Singkatnya, kesepian bisa menurunkan sistem imunitas seseorang.

Makin keder gak kalian?

emoticon-Takut

Quote:
“The most terrible poverty is loneliness, and the feeling of being unloved.”
― Mother Teresa

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!


Berita buruknya masih berlanjut gaes. Para peneliti bilang cara mengatasi kesepian ini belum ditemukan secara pasti karena penyebab kesepian yang timbul pada tiap orang itu berbeda-beda. Cara terbaik untuk melawan rasa sepi sementara ini adalah dengan mengenal diri sendiri.

Kenapa mengenal diri sendiri bisa mengatasi kesepian? karena dengan lo kenal dan sayang dengan diri lo sendiri, kemanapun lo pergi lo gak bakal ngerasa sendiri. Lo tau mana yang bisa bikin lo seneng, lo tau mana hal yang berbahaya buat keselamatan lo, dan lo tau kalau lo pada akhirnya gak punya siapa-siapa lagi selain diri lo sendiri.

Masalahnya adalah, mengenal diri sendiri itu susaaah. Ada banyak perdebatan tentang jawaban dari pertanyaan "WHO AM I" dikalangan para peneliti. Sekarang bayangin dulu lo disuruh jawab pertanyaan ini:

Lo siapa?

Dah itu aja. Bingung kan jawabannya gimana? untuk mempermudah memahami pertanyaan "Siapa sih diri kita sebenernya?" para peneliti sepakat untuk menggunakan metoda "SHIP OF THESEUS" yang bakal gue jelasin dibawah. coba simak dulu.

emoticon-cystg emoticon-cystg

WHO AM I?

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!

Selama sejarah hidup manusia, ada satu pertanyaan sederhana yang berhasil membuat para sastrawan dan filosopher mati gaya. Sebuah pepatah Yunani kuno di Temple Of Apollo yang bertuliskan "KNOW THYSELF"  sampai sebuah judul lagu "Who Are You" dengan gablang mempertanyakan maksud dari pertanyaan ini.  Para filosoper, psikologis, akademisi, artis, ilmuwan, dan politisi, semua mencari tahu jawaban dari pertanyaan yang sama tentang siapa identitas mereka sebenarnya. Semua orang berhipotesa tapi gak ada satupun konsensus yang tercapai. Apa yang sebenernya menjadi masalah dalam mencari jawaban pertanyaan "Who am I"? Gak adakah satupunorang pintar dan kreatif yang bisa menjawab pertanyaan tersebut?

Satu tantangan yang jelas ada di pertanyaan ini adalah tentang kompleksitas dari persistensi identitas. Gue bedah satu-satu elemen pertanyaannya sekarang.

Quote:
Siapa"WHO" yang dimaksud dipertanyaan tersebut? Lo yang hidup hari ini? Lo yang hidup 5 tahun yang lalu? Atau Lo yang hidup 15 tahun kedepan?

Kapan "AM" yang dimaksud? minggu ini? jam ini? detik ini?

Aspek apa yang dimaksud dari kata "I"? Aspek fisik kah? Aspek emosi, perasaan, dan pikiran? atau aspek aktifitas apa yang dikerjakan?

Semua aspek dari pertanyaan ini sifatnya tricky banget dan susah buat dinavigasi. Karena ke-kompleksitas-nya, sejarawan Yunani yang bernama Plutarch menggunakan perumpamaan sebuah "perahu" tentang penggambaran kompleksitasnya pertanyaan ini.


Sejarah dari "Ship of Theseus"

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!

Dahulu kala hidup seorang raja yang berhasil menemukan kota Athena pertama kali karena berhasil memenggal kepala Minataur sendirian. Raja ini dikenal dengan nama Theseus. Diceritakan bahwa setelah berhasil mengalahkan Minotaur, Theseus kembali ke Athena dengan  berlayar menggunakan sebuah perahu. Untuk mengenang kemenangan Theseus, penduduk athena selama 1000 tahun terus memaintain dan menjaga kapal ini dipelabuhan dan setiap tahun diadakan perayaan untuk mengenang kembali pelayaran Theseus menggunakan kapal tersebut.

Setiap ada bagian kapal yang rusak, bagian kapal tersebut akan langsung direnovasi dan diganti dengan bagian yang baru dan identik satu sama lain. Pada akhirnya setelah 1000 tahun, tidak ada bagian yang benar-benar asli dikapal Theseus. Plutarch lalu menggunakan kapal Theseus sebagai contoh dari paradok filosofikal yang berhubungan dengan "Persistence of Identity"

Pertanyaannya: Kok bisa sih semua bagian dari satu hal digantikan tapi mereka tetap satu identitas yang sama?

Quote:
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!

Sekarang coba bayangin ada 2 kapal Theseus, Kapal pertama (kapal A) adalah kapal yang digunakan Theseus pulang setelah mengalahkan Minotaur sedangkan kapal kedua (kapal B) adalah kapal yang sama tapi telah direnovasi dengan bagian baru selama 1000 tahun dengan material yang identik.

menurut kalian guys, apakah kapal A = kapal B?

Jawabannya gini. Hampir dari kalian semua bakal bilang kalau selama 1000 tahun cuma ada 1 kapal Theseus. Walaupun kapal Theseus terus mengalami renovasi selama 1000 tahun, tapi identitas dan material yang digunakan tetap sama jadi bisa diasumsikan kapal A = kapal B.

Tapi ada beberapa yang berpendapat kalau kapal A tetap satu-satunya kapal yang digunakan Theseus karena Theseus tidak pernah menginjakkan kakinya di kapal B. Elemen kehadiran Theseus ini jadi syarat kualitatif penting dari kapal Theseus. Jadi walaupun kedua kapal punya identitas dan material yang sama, kapal A tetap jadi satu-satunya kapal yang digunakan Theseus untuk berlayar. Orang-orang ini akan berkesimpulan kalau kapal A gak sama dengan kapal B

Gimana kalau ada twist lain selain 2 pilihan diatas? Gimana kalau ternyata ada seseorang yang mengumpulkan bagian-bagian kapal tersebut untuk dibangun ditempat lain (halaman rumah misal) dengan bentuk dan material yang sama, dan akibatnya ada 2 kapal Theseus ditempat yang berbeda? Apa masing-masing kapal ini masih bisa mengklaim kalau mereka kapal Theseus?


(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!

Apa hubungannya teori yang barusan gue jelasin dengan pertanyaan "Who am I"? Jawabannya gini. Mirip seperti kapal Theseus, gue dan kalian semua adalah sebuah bentuk representasi dari sesuatu yang terus berubah secara fisik, pikiran, emosi, bahkan lingkungan. Semua berubah secara konstan dari waktu ke waktu. Tapi setelah semua perubahan yang terjadi, gue ya tetap gue, lo tetep lo. kita semua tetap dikenal sebagai satu pribadi yang sama.

Quote:
Inilah salah satu alasan kenapa pertanyaan "Who am I" itu sekompleks itu. Untuk menjawab pertanyaan ini, kalian harus rela menghabiskan waktu memecahkan paradok dari filosofi yang gak berujung atau kalau mau simple jawab aja:

"I AM A LEGENDARY HERO SAILING ON LEGENDARY SHIP ON AN EPIC JOURNEY".

emoticon-Ultah emoticon-Ultah


SETELAH KENAL DIRI SENDIRI TERUS APA???? emoticon-Mad (S)

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!

Gini bray, setelah lo kenal diri lo sendiri, lo sayang sama diri lo sendiri, dan lo peduli sama diri lo sendiri, terus buat apa lagi lo mencari perasaan merasa dikenal, merasa disayang, dan merasa dipedulikan dari orang lain?

Bentuk rasa sayang kediri sendiri itu gimana? ya bayangin aja lo sayang sama orang lain gimana rasanya.

Quote:
Lo gak bakal mau orang yang lo sayang ngelakuin hal berbahaya.
Lo gak mau orang yang lo sayang punya kebiasaan jelek.
Lo gak mau liat orang yang lo sayang sedih.

Sekarang cukup ganti kata "orang yang lo sayang" jadi "diri lo sendiri" dari kalimat diatas.
Itulah definisi “love yourself” yang sebenernya.


Bukannya perasaan itu yang kita cari dari interaksi sosial? perasaan dipahami, disayang, dan dipedulikan? kalau tanpa orang lain pun kita bisa dapet perasaan tersebut, buat apa kita mencari eksistensi orang lain untuk menemani kita?

Jadi lo semua kesepian? tandanya lo semua belum kenal dan sayang sama diri lo sendiri.

Sebagai penutup nih gue kasih lagu persembahan mod @gembelngehe

Quote:Original Posted By gembelngehe
{thread_title}
:nyantai


Gue pamit.
Sampai ketemu dikolom komentar gaes.

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
Sumber: youtube, google, study ini


Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :



(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!

(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
Diubah oleh rendyprasetyyo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adelianzw dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 07:31
masih ada Rakib dan Atid yang selalu menemani
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 08:35
kesepian..
ciri makhluk sosial

nice thread bray
emoticon-Toast
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 09:38
apakah kesepian itu terjadi hampir ke semua orang2 dewasa ya gan? gimana si pada cara ngatasinnya
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 09:53
puyeng puyeng tuh bacanya... emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
rendyprasetyyo dan akbraa memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 11:01
aku dan kesendirian emoticon-Turut Berduka
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 11:17
kalo ane sendiri merasa kesepian mungkin karena terlalu ngarep kali ya sama public figure di medsos sana yang followernya ribuan orang, udah jelas beda kasta sama ane sih, dan ane menyadari itu, malah tiap hari berfikir "jangan ngarep jangan ngarep jangan ngarep" sambil motivasi diri tentang perbedaan kasta, tapi tetap aja ane merasa ingin memiliki hubungan yang lebih dari seorang fans kepada idolanya
emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan rendyprasetyyo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 11:54
makanya ane kadang connect ke media sosial terus gan biar ga terlalu ngerasa kesepian banget
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 14:01
jangan terlalu asik sendiri gan, karena kita makhluk sosial, butuh berinteraksi dengan sesama manusia. pilih lingkungan temen yang bisa memotivasi kita menjadi orang yang lebih baik gan emoticon-Smilie emoticon-Smilie
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 14:07
Nice thread gan emoticon-Toast

Bener banget kalo kesepian itu ga bagus untuk diri sendiri. Tapi ga ada yg salah juga dengan kata sepi itu sendiri. Kadang heran sama pandangan orang2 yg kalo ada org lagi sendirian lngsng men cap kalo org itu lagi 'kesepian' dengan pndangan yg negatif.

Terkadang berada di situasi dan lingkungan sepi itu menyenangkan, nyaman, damai. Lepas dari keramaian sejenak, nikmatin yg namanya Me Time. Adem gan rasanya emoticon-Malu
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 14:28
terimakasih atas wejangannya suhu.
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 15:11
masuk ke tahap tidak butuh motivasi, tapi butuh pasangan hidup
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 15:38
Hmmmm actually loneliness itu gaakan ada abisnya sih, its just what peoples mind made, itu semua lahir dari pikiran kita dan hati kita, karena sesungguhnya lingkungan sosial terus bergerak
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 17:19
rutinitas yang membosankan apakah termasuk kekategori kesepian
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
30-06-2020 18:50
selama masih punya keluarga, sahabat, dan uang, rasa kesepian itu tidak akan pernah beranu datang dalam hidup kita, percaya deh.
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
01-07-2020 06:33
diJaman Android ini Masih adakah orng yg merasa kesepian???

emoticon-Bingung

Smartphone =Kantong Doraemon

emoticon-Traveller
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
01-07-2020 09:35
sosialisasi itu kebutuhan
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
01-07-2020 19:29
anak nolep kalo diajakin nongkrong terus ngikut pasti rasanya kesepian gan, karena emang doyannya sendirian
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
10-07-2020 19:04
Pernah banget.. apalagi ane anak kosan.. kalo lg gabut pasti kesepian
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
29-07-2020 11:43
saat ni yang dapat menghilangkan kesepihan ku hanya pendamping hidup, supaya hidup gak gini gini ajja #masihjomblo emoticon-Smilie
0 0
0
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!
29-07-2020 21:44
cintai diri sendiri dulu mungkin baru baru bisa mencintai orang lain, anjaabss
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia