News
Batal
KATEGORI
link has been copied
448
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa068e10d295024e7dc970/pajak-sepeda-bakal-dipungut-kemenhub-buka-wacana-pesepeda-bayar-pajak
Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membuka wacana pengenaan pajak sepeda. Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan hal itu dalam diskusi virtual akhir pekan lalu di Jakarta.
Lapor Hansip
29-06-2020 22:19

Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak

Past Hot Thread
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak


JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membuka wacana pengenaan pajak sepeda.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan hal itu dalam diskusi virtual akhir pekan lalu di Jakarta.

“Kalau waktu saya kecil, saya mengalami sepeda disuruh bayar pajak dan sebagainya. Mungkin bisa ke sana. Tapi ini sejalan revisi UU 22/2009, sudah diskusi dengan Korlantas Polri,” kata Budi Setiyadi dalam diskusi virtual di Jakarta.

Dia juga menilai penggunaan sepeda perlu diatur mengingat kegiatan bersepeda semakin marak akibat pandemi Covid-19.

“Saya terus terang, sepeda harus diatur. Apakah dengan peraturan menteri atau peraturan pemda, bupati atau gubernur,” kata Dirjen Budi Setiyadi.

Budi menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, sepeda termasuk dalam kategori kendaraan tidak digerakkan oleh mesin.

Karena masuk dalam kelompok bukan kendaraan bermotor, lanjut dia, pengaturannya berada di pemerintah daerah.

“Kami akan mendorong aturan ini di daerah, minimal dengan mulai menyiapkan infrastruktur jalan, DKI, Solo, Bandung, sudah menyiapkan juga, tinggal sekarang gimana aturannya,” kata Budi Setiyadi.

Selain itu, menurut dia, pengelompokan angkutan harus direvisi dalam UU Nomor 22/2009 karena semakin beragamnya jenis angkutan, termasuk angkutan listrik, seperti sepeda listrik, skuter, hoverboard, dan lainnya.

Budi mengaku pihaknya juga sudah melakukan kajian di negara-negara yang kecenderungan penggunaan sepeda meningkat guna menghindari kontak fisik di kereta atau angkutan massal lainnya akibat pandemi COVID-19, salah satunya Jepang.

Namun, dia menjelaskan terdapat perbedaan tujuan penggunaan moda ramah lingkungan tersebut. Di Jepang terutama Tokyo, masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dari rumah ke kantor atau tempat perbelanjaan.

“Di Indonesia sekarang ini sepeda lebih untuk kegiatan olahraga dan jalan ramai-ramai, kemudian foto-foto. Sebenarnya, diharapkan sepeda ini dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari,” katanya.

Sebelumnya Pengamat Transportasi Universitas Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno menilai sepeda menjadi salah satu moda transportasi yang direkomendasikan dalam kondisi normal baru.

“Bersepeda menjadi pilihan, karena selain menghindari kerumunan dalam ruang tertutup dan menghindari antre, bersepeda membuat kesehatan tubuh terjaga,” katanya.

Moda tanpa bahan bakar tersebut juga mulai digunakan secara masif oleh negara Kolombia sebagai dampak pandemi COVID-19.

Negara Kolombia setara dengan Indonesia yang masih sebagai negara berkembang.

Walikota Bogota (Kolombia) Claudia Lopez, punya kebijakan selama masa karantina menutup jalan sepanjang 117 km setiap hari agar pejalan kaki dan pesepeda dapat lebih leluasa bergerak.

• Pelanggaran PSBB, Puluhan Sepeda Motor Warga di Danau Sunter Dikempesi

Ia menuturkan di era kenormalan baru, banyak kota di mancanegara mengurangi kapasitas transportasi umum dan mengalihkan ke perjalanan menggunakan sepeda.

“Untuk perjalanan jarak pendek, moda sepeda dan berjalan kaki benar-benar dikembangkan sedemikian rupa (aman, nyaman dan selamat), supaya tidak beralih ke penggunaan kendaraan pribadi secara berlebihan,” katanya

https://wartakota.tribunnews.com/amp...pajak?page=all

Siap siap ya emoticon-I Love Indonesia
apa daya saya hanya pelari keong emoticon-Big Grin
Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 41 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 15
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:44
lihat thread sebelah, jaman dulu apa2 dipajakin, sampai TV, sepeda, bahkan hewan spt sapi dan anjing.....
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
1 0
1
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:44
Serah lu pade dah, mau lu apain ni negara, idem aja ane mah, jngan terlalu zolim lahhh. Selama ini ane bayar pajak yg nikmatin mereka yg kalangan atas.
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan nasgorbabi memberi reputasi
2 0
2
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:45
nanti napas dipungut pajak ga?
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
1 0
1
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:45
Pajak????. okeh dari bersepeda, nanti kita beralih ke otoped, otoped mau di pajakkan juga??? okeh kita beralih ke jalan kaki, jalan kaki mau di pajakkan juga??? emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:46
Di pajakin habis itu duit pajaknya di bagi2 kemenhub... emoticon-Leh Uga

Dipajakin okelah, tapi klo misalnya ada yg sepeda yang kemalingan mohon di carikan gratis gak pake bayar, kek di jepang ( registrasi susah tapi polisinya juga ketat soal kepemelikan)
profile-picture
profile-picture
nasgorbabi dan aldonistic memberi reputasi
2 0
2
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:47
Welcome To WkwkLand emoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:50
Pajak mulu k0nt0l...


Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
0 1
-1
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:50
sepeda dipajakin baginharga yang diatas 10 juta diatas aja, kalo harga dibawah segitu dipajakin ya gak manusiawi banget
0 0
0
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:51
Wkwkwkwk lama2 orang jogging jg disuruh bayar.
0 0
0
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:52
Hutang sebesar gitu, pajak jadi andalan.
Apapun itu..

emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:53
astaga apasih keinginanmu menhub.
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:54
Sekalian nanti sepatu lari juga kena pajak selain pajak yg dikenakan pas kita beli di toko...
0 0
0
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:54
jaman dulu sepeda itu setara motor pak..makanya makesense dipajak...lah skrg??
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:55
pake otopet kena juga ya? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:55
kenapa kok yang diperbesar pajak2 milik orang kecil ya bukannya pajak perusahaan gede
0 0
0
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:59
wkwkw ya aaal kemudian ada hal2 yg bagus buat pesepeda si ga masalah, misal jalur khusus pesepeda
0 0
0
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:59
Beli sepeda uda kena pajak, masa harus bayar lagi.. Yg koleksi sepeda siap-siap hahhahaha
0 0
0
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 15:59
foto wartawan yang paling kiri emoticon-Leh Uga

mirip artis siapa tuh lupa ane emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
30-06-2020 16:00
saat pemerintah kehabisan akan buat menggaji dan isi punci korupsi pegawainya, maka rakyat pun semakin diperas. apa bedanya dengan penjajah kolonial dahulu, apakah neokolonialisme itu sedang di usung sama pemerintah sendiri
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 5 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia