c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Hati-hati Konsumsi Jamur Enoki, Kamu Tahu Jamur Apa Itu?












Saat ini kita bahas tentang jamur, tapi bukan jamur yang menyebabkan kudis, kurap, panu dan kawan-kawannya ya. Tapi jamur yang bisa dikonsumsi namun menyebabkan masalah penyakit Listeria.

Sebelum membahas lebih jauh tentang jamur, nyok ktia goyang pakai musik house mix walau ga ada hubungan sama jamur yang akan kita bahas. Tapi lumayanlah buat di dengarkan ketika bahas tentang jamur. Masih ada kata-kata jamur nya walau beda arti 😂



Gimana lagunya sangat-sangat tidak nyambung bukan dengan thread ini emoticon-Hammer (S)



Nah jamur ini berasal dari negara matahari terbit disana bernama Enokitake namun disini lebih dikenal dengan nama jamur enoki (えのき茸). Jamur ini merupakan jamur yang tumbuh pada permukaan pohon yang daunnya lebar dan sudah lapuk.

Jamur ini berbentuk ramping dan berwarna putih cerah untuk jamur yang dibididayakan, karena bila jamur dialam bebas warnanya agak kemerahan karena terpapar sinar matahari. Karena banyak dibudidayakan untuk konsumsi dan juga ekspor maka di Indonesia jamur ini biasa juga disebut jamur tauge karena bentuknya yang mirip dengan kecambah dari kacang hijau tersebut.



Jamur ini hanya dapat tumbuh di udara yang dingin, bila ingin budidaya jamur ini harus di pegunungan. Karena jamur ini di alam terbuka juga tahan terhadap salju, ia akan tetap tumbuh dan hidup.

Untuk manfaat pada jamur ini, khasiatnya memang banyak untuk lebih jelas kandungannya saya kutip dari media.

Quote:


Tapi sayang baru-baru ini ternyata jamur enoki bisa menimbulkan penyakit Listeria, sebenarnya bukan masalah di jamurnya namun bakteri Listeria mudah menempel pada jamur enoki. Bila terkena penyakit ini yang harus diwaspadai adalah ibu hamil, orang tua yang berusia lanjut, dan orang yang punya imun tubuh yang rendah.



Jadi mirip-mirip virus corona kan, tapi penyebabnya ini adalah bakteri Listeria. Bila kita terkena bakteri ini yang terjadi selanjutnya akan fatal, dari gejala awal berupa demam, kemudian nyeri otot dan sendi, pusing, hingga diare. Bila sudah terinfeksi berat bisa berujung kematian, untuk itu kita harus waspada terhadap makanan yang kurang matang.

Bakteri Listeria monocytogenes ini sebenarnya tidak hanya menempel pada jamur saja, tapi juga bisa terdapat pada daging yang tidak dimasak dengan baik. Bisa dibilang penyebaran jamur yang terpapar oleh bakteri ini awalnya disebabkan oleh pengolahan pangan Sun Hong Foods dan Green Co, Ltd asal Korea Selatan dan di ekspor ke beberapa negara Asia lainnya terindikasi terkena bakteri Listeria. Semoga saja ada perhatian ketika memasak jamur ini jangan setengah matang, namun benar-benar matang dengan suhu mencapai 75 derajat celcius.






Ngomongin tentang matang, kok pikiran ane jadi menerawang yang aneh-aneh ya? Hayo siapa bisa tebak apa yang ane pikirkan! Yo wes, salam jamur saya c4punk see u next thread.







emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik,klik,klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF

Kunjungi blog grup kompak di kaskus, klik banner dibawah ini.










Diubah oleh c4punk1950... 29-06-2020 12:40
oncom.onairbastian.dade07ujellyjello
ujellyjello dan 57 lainnya memberi reputasi
58
12K
258
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.