News
Batal
KATEGORI
link has been copied
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef915ddfacb9508b74b6e72/mata-pelajaran-tak-biasa-yang-pernah-diajarkan-semasa-sekolah-dulu
sumber gambar Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam damai sejahtera untuk kita semua, Om swastiastu, Namo budhaya, Salam kebajikan SELAMAT DATANG di :hai :hai :hai Kita semua pasti pernah mengenyam pendidikan di sekolah, minimal pernah home schooling. Mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Yang namanya belajar di sekolah tidak akan pernah lepas dari satu hal ini. Yaps, s
Lapor Hansip
29-06-2020 05:12

Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Saat Sekolah Dulu

Quote:



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam damai sejahtera untuk kita semua, Om swastiastu, Namo budhaya, Salam kebajikan


SELAMAT DATANG

di

Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu

emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai


Kita semua pasti pernah mengenyam pendidikan di sekolah, minimal pernah home schooling. Mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Yang namanya belajar di sekolah tidak akan pernah lepas dari satu hal ini.

Yaps, sebuah mata pelajaran yang menjadi dasar topik pembelajaran bagi para guru kepada anak didiknya. Tanpa adanya mata pelajaran, pasti guru akan kebingungan untuk menentukan topik yang akan dibahas setiap mengajar.

Mata pelajaran sangat dibutuhkan untuk membantu guru dalam hal menyusun topik materi, mengatur dan mengarahkan pembelajaran siswa di sekolah.

Selama sekolah dasar kita pernah belajar tentang pendidikan kewarganegaraan, matematika, ipa, ips, bahasa indonesia, bahasa lokal, pendidikan agama, penjaskes maupun seni budaya. Kemudian memasuki sekolah menengah pertama, mata pelajaran tersebut masih sempat kita pelajari dengan tingkatan yang berbeda dengan pendidikan sebelumnya. Barulah saat duduk di bangku sekolah menengah atas, mata pelajaran tadi terpecah menjadi topik mapel tersendiri, seperti ipa dipecah menjadi biologi, kimia, dan fisika. Sementara ips dipecah menjadi sejarah, ekonomi, geografi, dan sosiologi.

Nah, selama mengikuti mata pelajaran di sekolah dulu. TS pernah menemukan mata pelajaran tak biasa atau bisa dikatakan sebagai mata pelajaran yang unik dalam jenjang pendidikan yang ditempuh.


Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
sumber gambar

Berikut ini adalah mata pelajaran yang tak biasa tersebut.


~~~~~~~~~~~




1. Pendidikan Lingkungan Hidup

Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
sumber gambar

Diliat dari namanya aja, agan semua pasti udah paham kan. Maksud dan topik yang diajarkan dalam mata pelajaran ini. Pendidikan lingkungan hidup, biasa disebut PLH waktu ane sekolah dulu. Ane mendapat mata pelajaran ini saat belajar di SMP kelas 7 dan 8. Topik materi yang diajarkan oleh guru pun gak jauh dari hal - hal terkait lingkungan, limbah, energi hijau, serta pengelolaan lingkungan di negara - negara luar. Enaknya belajar PLH dulu karena sering melakukan kegiatan belajar mengajar di luar, seperti di taman sekolah.

2. Penjurnalan

Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
sumber gambar

Lagi - lagi mata pelajaran waktu SMP dulu menyita perhatian ane. Penjurnalan, sesuai namanya materi yang diajarkan oleh guru dulu terkait pembuatan jurnal umum, buku besar, laporan laba rugi, neraca, belajar tentang bentuk - bentuk jurnal, sampe puncaknya dulu harus bisa bikin laporan keuangan (tapi sederhana). Waktu itu, mapel ini bisa dibilang sebagai mapel yang lumayan ribet juga apalagi pas ulangan waktu sudah hampir habis dan baru selesai garisin tabel, bikin keringit dingin gan. Mata pelajaran tak biasa menurut seumuran ane saat SMP.

3. Bimbingan Konseling

Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
sumber gambar

Bimbingan Konseling aka BK, kalo dulu namanya Bimbingan Penyuluhan (BP) termasuk mata pelajaran tak biasa, namun memiliki manfaat yang luar biasa. Pertama kali mengikuti pelajaran ini saat SMP dan terakhir saat SMA. Materi yang diajarkan oleh guru BK/BP ini tidak akan jauh - jauh dari seputaran kenakalan remaja dan isu - isu yang sedang hot di lingkungan sekolah. Guru BK juga lah yang biasa menangani permasalahan anak didik di sekolah terlebih dahulu, sebelum ditangani oleh kepsek dan pihak sekolah.

4. Matematika Peminatan

Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
sumber gambar

Apakah agan berminat dengan mata pelajaran yang satu ini ? ... Tentu jawaban kita pasti sama. Entah apa yang merasuki kurtilas aka kurikulum tidak jelas (eits maksud ane kurikulum 2013) yang mana jurusan IPA berubah nama jadi MIA dan jurusan IPS berubah nama jadi IIS. Dimulai saat SMA kelas 10 sampe kelas 11. Ane pernah merasakan gimana lamanya pembelajaran mapel matematika peminatan selama 4 jam (1 jam waktu kbm = 40 menit waktu sebenarnya) belum lagi mata pelajaran matematika utama selama 6 jam. Mungkin inilah salah satu mata pelajaran peminatan dimana murid yang belajar tidak minat sama sekali dengan mata pelajaran tersebut. Materi yang diajarkan di dalam mapel ini sama dengan mapel matematika tingkat SMA umumnya cuma di tambah waktu pembelajarannya aja dulu dan soal - soal matematika dalam bentuk cerita.

5. Pramuka

Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
sumber gambar

Mata pelajaran pramuka ane anggap tak biasa karena sistem pembelajarannya yang beda dari biasanya serta tidak masuk dalam nilai rapot. Materi yang disampaikan juga hanya terfokus tentang pramuka dan kegiatannya. Ane pertamakali mengikuti mata pelajaran pramuka saat kelas 3 sampe kelas 5 SD, kemudian tidak pernah ada mapel ini selama SMP, dan muncul kembali saat kelas 10 SMA. Pramuka (praja muda karana) atau bahasa inggrisnya 'Scout' lebih ditekankan terhadap kerjasama dan kedisiplinan. Yang ane inget dari mata pelajaran ini adalah latihan baris berbarisnya.

~~~~~~~~~~~



emoticon-Requestemoticon-Request emoticon-Request


Cuma 5 yang ane dapat, mungkin agan dan sista semua juga pernahkah mengikuti mata pelajaran unik dan tak biasa selama sekolah ? Kalo ada jangan lupa untuk tulis komentar disini.



Sekian dan Terima Kasih

emoticon-Shakehand2




Sumber:
Pengalaman pribadi serta beberapa sumber gambar secara daring
Diubah oleh Ariwanas
profile-picture
alifrian. memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
29-06-2020 05:46
aku bingung
suka ada pelajaran aneh-aneh
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
29-06-2020 06:07
Paling seneng "muatan lokal" jadi gk belajar sama sekali soalnya gurunya jg bingung mau ngajarin apa emoticon-Hammer (S)
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
29-06-2020 17:08
Bimbingan konseling 😂, itu ada waktu ane SMP gan 😂 menurut ane pelajaran ntu nga perlu ada materi cukup langsung teori aja 😁
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
29-06-2020 20:06
dulu pas ane SMP penjurnalan nama matpelnya jasa niaga, lalu ada juga PLBJ (pendidikan lingkungan budaya Jakarta)
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
29-06-2020 20:07
waktu smp diajarin penjurnalan untuk muloknya, mana gurunya galak banget
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
29-06-2020 20:22
pernah di ajarin islam,fiqih,al quran,bahasa arab gan.. tapi yang gua bingung sampe gede juga ngga ada ahklaknya emoticon-Mewek
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
29-06-2020 22:43
PSPB Gan jgn lupa....
profile-picture
profile-picture
Ariwanas dan khakhapu memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
30-06-2020 00:27
Cukup sedih mengingat saya terakhir mendapatkan pelajaran pramuka yaitu saat SD, entah mengapa setelah itu pramuka dikesampingkan.
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
30-06-2020 01:35
yang sering kudu diadain tu pelajaran kedisiplinan bre




orang sini disiplin nya kurang banget breemoticon-Shakehand2
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
30-06-2020 03:26
Pramuka di tempat agan masuk mata pelajaran ya? kalo ane dulu pas SMA, pramuka masuknya ekstrakurikuler tapi sifatnya wajib (seminggu sekali) emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
30-06-2020 04:09
mulok iqro'
haish... nggk ngerti n nggak berbekas ntu mapel
pi ingat sll sm gurunya, pny skill dewa bs nyentuhn ujung2 jarinya k punggung telapak tangannya.
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
30-06-2020 08:31
Gw lupa sama pelajarab sekolahan gan, cuman sedikit2 yg kepake buat kehidupan hahahh
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
30-06-2020 08:37
ane paling suka pelajaran tata boga pas SMP dulu buat kelompok terus masak masak dari pagi sampai jam pulang sekolah emoticon-Leh Ugaemoticon-Shakehand2
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mata Pelajaran Tak Biasa Yang Pernah Diajarkan Semasa Sekolah Dulu
30-06-2020 21:33
Hmmmm semasa sekolah sih emang ada aja gtu program atau mata pelajaran yang unik unikk tapi entah kenapaa
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia