• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ketika Fenomena "Sexting" Merajai Pengguna Gadget, Berikut 3 Fakta Mencengangkannya!

Richy211
TS
Richy211
Ketika Fenomena "Sexting" Merajai Pengguna Gadget, Berikut 3 Fakta Mencengangkannya!
Spoiler for chat:


Sumber: link

Selamat siang Gansist apa kabarnya di hari Minggu yang cerah ceria ini.


Adanya kecanggihan teknologi komunikasi dalam sebuah aplikasi dan juga kemudahan dalam mengaksesnya, terkadang suka disalahgunakan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Misalnya kasus yang sering terjadi adalah isi teks dari chat di aplikasi WhatsAppyang bersifat pribadi ini justru di-forward ke orang lain. Ya, kalau isi chatnya itu biasa saja atau justru sesuatu hal yang bermanfaat bagi orang lain. Nah, kalau isi chatnya berupa hal-hal yang sedikit tabu atau mesum ini, bisa menjadi sesuatu yang memalukan bagi yang mempunyai isi chat tersebut. Tahu sendiri kan kadang ada saja orang yang jahil dan iseng dengan sengaja melakukan hal demikian. Alasannya bisa saja karena ada dendam pribadi atau punya masalah pribadi dengan orang tersebut.

Penggambaran di atas tadi, ada kaitannya dengan fenomena sexting yang lagi cukup up to date di kalangan pengguna smartphone dan aplikasi chatting seperti WA. Sexting ini merupakan aktivitas berbagi pesan, gambar atau video yang berbau seksual atau dianggap tabu (hal-hal yang mesum gitu) melalui gadget.

Spoiler for Bonus :


Setahu TS fenomena ini memang marak dilakukan oleh para remaja yang juga sering mengunggah hal tabu demikian ke media sosial dan bisa diakses atau dilihat oleh banyak orang. Memang miris sekali sih melihat kabar-kabar kaya gini.I mean, waktu jamannya TS tuh akses internet memang cukup susah tidak seperti sekarang ini, jadi peran orang tua sungguh harus ekstra ketat dalam mengawasi anak-anaknya saat berselancar di dunia maya.

Bagi Gansist dan TS yang belum paham betul tentang sexting ini, berikut akan TS jabarkan 4 fakta yang cukup mengejutkan tentang fenomena ini.


1. Dianggap hal yang biasa saja

Spoiler for gambar:


Mirisnya Gansist, aktivitas sextingini malahan dicap sebuah hal yang biasa saja atau lumrah di kalangan remaja yang usianya hampir mendekati dewasa. Padahal dulu kalau TS masih sekolah dan ketahuan misal melakukan hal kaya gini, pasti bisa deh dipecat jadi anak 🙈.

Maka dari itu orang tua harus nggak boleh gaptek atau gagap dalam teknologi dan setidaknya harus lebih smart dari anak-anak mereka. Kalau nggak kan, bisa saja si anak diem-diem melakukan hal itu tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Hal ini juga terbukti dalam sebuah penelitian dari seorang ahli yaitu Madigan yang merupakan asisten profesor di Departemen Psikologi The Alberta Children’s Hospital Research Institute di Universitas Calgary, Kanada.


Quote:


2. Aktivitas sextingdilakukan oleh kalangan anak muda



Sumber: link

I know sih, masa muda atau masa remaja adalah masa pencarian jati diri dan masa ingin tahu banyak hal. Namun, hal ini sebaiknya jangan digunakan untuk hal-hal negatif seperti fenomena sextingini. Harusnya untuk hal-hal yang positif, lebih bermanfaat dan kalau bisa sebagai ajang mengukir prestasi.

Masa muda adalah masa yang indah untuk menunjukkan sisi semangat positif dan jangan justru terjerumus di hal-hal negatif semacam sexting ini yang bisa merusak moral, tidak hanya bagi sendiri juga berlaku bagi keluarga dan bangsa.


Quote:


3. Aktivitas sextingini disebarluaskan tanpa persetujuan atau ijin

Nah, ini juga lebih parah hal-hal yang bersifat pribadi milik seseorang yang berbau seksualitas itu dengan seenaknya disebarluaskan tanpa ijin dari sang pemilik. Misalnya nih si A cewek dimintain gambar sama cowoknya seperti chat di bawah ini.


Spoiler for isi chat:


Kemudian, dengan gampangnya cowok itu menyebarluaskan gambar tersebut ke teman-teman cowoknya. Pastinya, kalau si cewek A itu tahu bakalan marah besar dan bisa saja menuntut karena telah melakukan sebuah tindak kejahatan dan mempermalukan dirinya. Kalau jaman sekarang, hal kaya gini dilaporkan atau diproses ke ranah hukum pasti bisa dijerumuskan ke bui sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Quote:


Oleh karena itu edukasi dan peran serta orang tua atau keluarga memang sangat dibutuhkan. Jangan sampai generasi penerus terjebak dalam hal-hal negatif seperti fenomena sextingini yang dapat merusak moral. Manfaatkan gadget untuk hal-hal positif saja Gansist, misalnya menulis online atau bisnis online 😍.




Sumber: link plus opini TS
Diubah oleh Richy211 28-06-2020 09:56
Mahbubah127Bartholome0tien212700
tien212700 dan 52 lainnya memberi reputasi
53
29.6K
763
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.