c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Senang Jadi Introvert Atau Ekstrovert, Atau Pilih Ambivert










Kita akan bahas hal yang agak berat dikit ya gan sis, lumayan lah biar kepala jadi pusing-pusing, sambil ngangguk-ngangguk "oh gitu ya" setidaknya semoga thread ini dapat menghibur agan semua.

Seperti biasa, biar kita santai sejenak membahas hal ini kita dengarkan lagu menarik dibawah ini, sebuah lagu dari Rich Brian ft Joji.



Oke, yuk kita mulai pembahasannya. Disini saya akan sampaikan sesimple mungkin dan sesederhana mungkin, masalah introvert, ekstrovert atau ambivert adalah bentuk dari kepribadian kamu ketika masih bernafas di bumi. Dimana kamu berinteraksi dan juga bereaksi terhadap lingkunganmu, sederhananya seberapa peka dirimu sebagai mahluk sosial.

Kesalahan terbesar adalah ketika kamu mengaku-ngaku lalu melabeli diri dengan 3 bentuk kepribadian tadi, padahal kepribadian itu hasilnya terlihat kalau sudah melakukan beberapa test pertanyaan dari psikologi, walau tak menampik kemungkinan terlihat dari ciri-ciri yang banyak digambarkan di google namun keakuratannya hanya 60%, untuk mengetahui secara pasti tetap harus test kepribadian.




Berikut perbedaan Introvert, Ekstrovert dan Ambivert. Sekali lagi, saya tak akan bahas secara detil hanya garis besarnya saja biar kamu nyaman untuk membacanya. Karena ini kaskus bukan jurnal ilmiah, apalagi skripsi yang berjilid-jilid tapi kalau ingin menambahkan lebih detil lagi pembahasan ini di kolom komentar silahkan untuk itu gunanya forum, berdiskusi, bertanya, dan juga berinteraksi hingga adu bacot namun dengan pikiran dan otak bukan asbun.





Introvert

Kepribadian yang dianggap selalu menyendiri, seakan-akan menutup diri dari orang lain. Tidak ya kawan, introvert itu juga berteman walau tak banyak sahabatnya. Karena ia cenderung pemilih dan tak ingin punya banyak teman, tapi bukan berarti anti sosial. Sebab sekali lagi sosok introvert akan fokus dalam meniti kehidupan ketika ia menyendiri, ia perlu refresh otak agar bisa berfikir untuk mencapai tujuannya.

Tipikalnya ketika bicara langsung pada pointnya tak banyak basa basi, ketika ingin melakukan sesuatu analisisnya terkadang begitu tajam. Maka seorang introvert akan lebih sering terlihat banyak melamun karena pikirannya sering berkeliaran bebas.

Bahkan banyak sosok penulis merupakan mereka yang introvert, sebab mereka sering menuangkan pikiran dan ucapannya lewat tulisan. Seperti pepatah sedikit bicara banyak berkarya, dan selalu menghindari debat yang tak perlu. Bisa dibilang tingkat kecerdasaannya pun bisa diatas rata-rata mahluk sosial lainnya. Dari banyaknya, membaca, riset pribadi atau belajar hal lainnya secara tekun dan teliti.



Ekstrovert

Sebaliknya bila kita mempunyai kepribadian yang ekstrovert adalah kebalikan dari introvert, mereka lebih senang dengan berinteraksi, sibuk update status, sibuk ngurusin hal-hal yang tak perlu, banyak teman dan banyak bercerita hingga curhat rasanya seperti ada dopamine yang membuahkan rasa puas dan senang.

Ekstrovert sosok yang tak bisa menyendiri, ia akan banyak bergabung dengan banyak komunitas terkadang menjadi leader dari perkumpulan tersebut. Di zaman serba canggih ekstrovert bisa interaksi di wag seperti sebuah kesenangan, jangan heran grup-grup si eksteovert banyak banget. Baginya interaksi adalah cara untuk mendapatkan rezeki, maka sosok ini akan terlihat ceria, ramah dan tak terlalu memikirkan kesulitan hidup.

Sosok ekstrovert akan melangkah tanpa perhitungan matang, namun karena banyaknya relasi hingga banyak kawan sosok ini banyak yang sukses di kehidupannya. Ia tidak terlalu memikrkan resiko, easy going dan selalu cepat bangkit dalam masalah apapun.



Ambivert

Nah untuk kepribadian ini bisa dinilai sosok yang seimbang baik itu introvert atau ekstrovert, mereka bisa menyesuaikan keadaan. Hidup mereka bisa berada dalam keadaan menyendiri maupun berinteraksi.

Simplenya inilah kepribadian yang bisa hidup di dua sisi, ciri yang paling terlihat ketika empatinya terhadap lingkungan cukup tinggi. Setidaknya ia dapat menempatkan posisi sesuai keadaan, cukup sulit kalau melihat sosok ini karena tidak cenderung kepada satu sisi kepribadian di atas.






Jadi sesuai judul kamu senang menjadi atau berteman dengan introvert, ekstrovert dan ambivert? Monggo silahkan corat coretnya, saya c4punk see u next thread.






emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF

Kunjungi blog grup kompak di kaskus, klik banner dibawah ini.









Diubah oleh c4punk1950... 28-06-2020 00:51
ikhwancool
raliakbarrr
UriNami
UriNami dan 38 lainnya memberi reputasi
39
6K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.