News
Batal
KATEGORI
link has been copied
354
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef89b49eaab257da05d2b5f/lilitan-utang-dan-pailitnya-raksasa-sepeda-lokal-wimcycle
Pada awal tahun 2019, PT Wijaya Indonesia Makmur Bycicle Industries sudah terpuruk akibat terlilit utang pada sejumlah kreditur pemasok maupun bank. Penjualan juga merosot karena banyaknya sepeda murah impor dari China.
Lapor Hansip
28-06-2020 20:29

Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle

Past Hot Thread
 Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle

Quote:
JAKARTA, KOMPAs.com - Bagi anak generasi 1980-an hingga tahun 2000-an, tentu tak asing dengan merek sepeda Wimcycle. Iklan merek sepeda ini banyak menghiasi televisi dengan tagline yang mudah diingat "Heboh".

Dicitrakan sebagai sepeda keluarga, jalanan di sejumlah daerah di Indonesia sempat dibanjiri dengan sepeda buatan Wimcycle, dari anak-anak yang berangkat ke sekolah hingga ibu-ibu yang berbelanja ke pasar. Mengayuh sepeda Wimcycle adalah kebiasaan yang sangat lazim.

Kualitas sepeda pabrikan PT Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries terkenal bandel. Terbukti, banyak sepeda Wimcycle yang merupakan produksi puluhan tahun lalu, saat ini masih bisa ditemui di jalanan.


Varian sepeda Wimcycle juga beragam, dari seri BMX, sepeda gunung, hingga sepeda perkotaan. Namun saat ini pamornya sudah meredup, sepeda Wimcycle juga sudah mulai hilang dari pasaran, kalau pun ada di toko sepeda, biasanya merupakan stok lama.

Masalah keuangan hingga membanjirnya sepeda- sepeda impor ditenggarai jadi penyebab perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1972 itu limbung.

Pada awal tahun 2019, PT Wijaya Indonesia Makmur Bycicle Industries sudah terpuruk akibat terlilit utang pada sejumlah kreditur pemasok maupun bank. Penjualan juga merosot karena banyaknya sepeda murah impor dari China.


Dilansir dari Kontan, Minggu (28/6/2020), PT Insera Sena yang merupakan produsen Polygon tadinya akan mengakuisisi dan mengambil alih utang Wimcycle. Namun, kabar terakhir Insera Sena tidak jadi mengakuisisi Wimcycle.


Sebelumnya di 2 Januari 2019, PT Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries tengah menjalani proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang ( PKPU) yang diajukan secara suka rela di Pengadilan Niaga Surabaya, Jawa Timur, dengan nomor perkara 47/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN Niaga Sby sejak 23 November 2018.

Permohonan PKPU ini dikabulkan pada 6 Desember 2018 karena melihat kondisi keuangan yang dinilai bermasalah. Dalam berkas perkara permohonan PKPU, saldo utang Wimcycle mencapai Rp 504,03 miliar yang berasal dari 37 kreditur.

Selain itu ada juga tagihan yang didominasi dari pinjaman perbankan dengan jumlah tujuh kreditur senilai Rp 457,24 miliar.

Adapun permasalahan menumpuknya utang karena pendapatannya terkikis terus akibat gempuran sepeda impor asal China. Kendati demikian, permasalahan ini sudah selesai pada 18 September 2019 dengan hasil damai.

Direktur Insera Sena, William Gozalli menjelaskan hasil dari pembicaraan internal dan proses utang yang sudah selesai di Wimcycle, perusahaan tidak jadi mengakuisisi.

"Polygon merasa masalah tersebut sudah diselesaikan dengan sendirinya," ujarnya kepada Kontan akhir tahun lalu.

William menyatakan setelah proses evaluasi internal diputuskan untuk tidak mengakuisisi Wimcycle.

Selain Polygon, ada investor dari Hong Kong yang tidak ingin Wimcycle pailit sebab perusahaan ini punya potensi bisnis yang bagus.

Menjelang penghujung masa PKPU Wimcycle, Scorpion Enterprise perusahaan asal Hong Kong itu hadir dan ingin menyelesaikan utang Wijaya Indonesia Makmur kepada pada krediturnya.

Scorpion masuk melalui skema Medium Covertible Bond (MCB) dengan jangka waktu tiga tahun. Penyelesaian utang ke kreditur akan diselesaikan dalam waktu 5 tahun dengan mengutamakan kreditur konkuren yang punya utang lebih kecil.

Adapun untuk utang ke perbankan yakni BNI bekerjasama dengan pengembang untuk mengembangkan objek jaminan menjadi proyek pergudangan yang menjadi sumber pembayaran utang BNI selama tiga tahun hingga lunas.

Sebelumnya Wimcycle juga telah melakukan diversifikasi bisnis dengan membentuk entitas anak yaitu PT Wim Motor yang memproduksi kendaraan mainan anak hingga motor listrik.

Bahkan April lalu, salah satu seri motor listrik keluaran Wim Motor, yaitu Wim Motor 8i sempat terkenal lantaran digunakan oleh Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Kabupaten Asmat, Papua.


Sumber
https://money.kompas.com/read/2020/0...lokal-wimcycle

Mungkin masih ada yang inget iklannya?

Heeeebooh

Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SoupAyam dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 11
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 01:13
jadi inget sepeda wimcycle bmx ane dulu yg ilang di maling orang pas lagi maen di warnet emoticon-Najis (S)
0 0
0
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 01:14
masih 2 yg berkibar gan , POLYGON made in Sidoarjo dan UNITED dr Bogor, ada juga Element di Kendal , SNI dan sudah export beberapa negara Eropaemoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan madL99 memberi reputasi
2 0
2
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 01:18
Padahal dari bocah sampe smp beli sepeda ini, sayang sekarang bangkrut emoticon-Matabelo
0 0
0
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 01:22
yAaah ... sedih dengernya, sepeda masa kecil anee niiih emoticon-Matabelo
0 0
0
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 01:59
turut berduka aja ... semoga satu saat bisa bangkit lagi..
0 0
0
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 02:10
pernah punya emoticon-Big Grin
kata tmn yg main bmx
frame yg ane punya mantap


dikasih sodara
asem ga lama dijual kali emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 02:12
wim prodak nya bener2 heboh,awat banget,jaman gw sd ampe skrng gw punya anak msh fungsi itu speda,
mungkin ini faktor penyebab nya juga,
0 0
0
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 02:27
wimcycle speda bagus sebenernya tuh.. ane dl punya awet banget kok.. pemakean jorok padaal.. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan king.soap memberi reputasi
2 0
2
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 03:03
sepeda ane jaman sd emoticon-Malu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 04:14
Sedih juga rasanya mengingat saya pernah beberapa kali membeli sepeda merek ini, jaya sekali pada zamannya.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 04:47
buat aja yang versi murah dan cepat rusak emoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 05:00
sepeda legenda dr wimcycle yaitu sepeda dengan shock karet mentah, sehingga penunggangnya bisa "mentul2" :Wakaka
pelopor sepeda dg model shock tahun 90an
jaman ane itu sepeda kaga kebeli krn harganya mahal. tagline heboh itu awalnya dr iklan sepeda yg bershock karet tsb.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 05:14
bagusan polygon sih menurut ane emoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 05:18
Sepeda masa kecil ane nih gan, bandel bat gak rusak2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 05:29
kira-kira dipalak berapa pas pailit?
serikat palak indonistan memang tiada duanya. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 05:52
jaman sekarang itu produk lebih baik murah sekalipun lifecycle nya bakalan pendek
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 06:04
Quote:Original Posted By chef.dayat
produsen yg terlalu jujur, gw beli sepeda ini dari tahun 1997 sampai sekarang masih berfungsi.
sudah beberapa kali pindah tangan. dari adik, ke adik satunya, lalu keponakan.

kalo sudah begini lama juga orang gak bakal beli lagi.


Iya gan sama. Punya ane thn 2000, full chrome dan msh kinclong emoticon-Turut Berduka
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 06:24
Jadi importir aja, dilabel ulang emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 06:33
klo nda salah d iKLan ad lagu'a wim cycles idoLaku. , betuL ?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lilitan Utang dan Pailitnya Raksasa Sepeda Lokal Wimcycle
29-06-2020 06:36
padahal bagus ni sepeda,, wktu sunat (kelas 2Sd) saya dulu dibeliin nih sepeda sama (alm) ayah.. emoticon-Mewek
profile-picture
radeonxp memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 3 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia