• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini Dia 7 Negara Pemilik Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

widokoAvatar border
TS
widoko
Ini Dia 7 Negara Pemilik Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?
Jika mendengar kata emas, ingatan kita pasti akan langsung berelasi pada kekayaan atau harta. Emas juga sering kali menjadi alat penyimpan kekayaan, bukan hanya oleh masyarakat tetapi juga negara.


Ilustrasi Emas (Sumber: cnbcindonesia.com)


Dan berbicara soal emas, ada tambang emas terbesar di dunia yang berlokasi di Indonesia yaitu tambang Grasberg di Papua. Tambang yang dipunyai PT Freeport Indonesia itu mulai beroperasi tahun 1988. Dilansir Duniatambang.co.i.d, 16 September 2019, Grasberg mempunyai cadangan emas sekitar 45 juta troy.


Cadangan Emas Grasberg (Sumber: katadata.co.id)


Tetapi meski mempunyai tambang terbesar di dunia, ternyata kepemilikan emas Indonesia kalah jauh dengan negara-negara besar seperti Amerika, Jerman dan Italia.


Negara dengan Cadangan Emas Tertinggi Hingga Juni 2020 (Sumber: portal-islam.id)


Dilansir Kompas.com, 28 Juni 2020, negara yang memiliki emas sebagai cadangan devisa terbesar di dunia hingga Juni 2020 adalah Amerika. Emas yang dipunyai Paman Sam saat ini tercatat sebanyak 8.133,5 ton.

Negara di tempat ke dua diduduki oleh Jerman. Sang Uber Alles saat ini mempunyai emas sebesar 3.363,6 ton. Di bawah Jerman ada dana moneter internasional IMF. IMF ternyata juga memiliki cadangan emas yang cukup banyak yakni sebesar 2.814 ton.

Negara di urutan ke tiga ditempati oleh Italia. Negeri Pizza tersebut memiliki emas sebanyak 2.451,8 ton. Atau sebanyak 70,8 persen dari total cadangan devisanya.

Urutan ke empat diduduki oleh Perancis. Negara yang mempunyai bahasa yang eksorik ini ternyata memiliki cadangan devisa berupa emas yang lumayan banyak. Perancis memiliki emas sebanyak 2.436 ton atau 65 persen dari cadangan devisanya.

Setelah Perancis kemudian ada Rusia yang menempatkan diri sebagai negara dengan cadangan devisa berupa emas tertinggi ke lima di dunia. Cadangan emas yang dimiliki Negeri Beruang Merah sebanyak 2.298,7 ton atau 22 persen dari cadangan devisanya.

Di tempat ke enam ada China. Negeri Tirai Bambu mempunyai cadangan devisa berupa emas sebanyak 1.948,3 ton. Atau setara dengan 3,3 persen dari cadangan devisanya.

Dan di tempat ketujuh ada Swiss. Negara yang bank-banknya sering dijadikan menyimpan kekayaan orang - orang terkenal tersebut mempunyai devisa berupa emas sebesar 1.040 ton atau 6,7 persen dari cadangan devisanya.

Lalu di mana posisi Indonesia? Ternyata posisi kita sangat jauh. Cadangan devisa Indonesia berada di posisi ke 41 (jika IMF tidak dimasukkan dalam urutan). Saat ini Indonesia mempunyai cadangan devisa berupa emas sebanyak 78,6 ton atau setara dengan 3,5 persen cadangan devisa kita.

Negara-negara maju dan besar pada umumnya memiliki cadangan emas yang sangat besar. Tidakkah Indonesia mencoba mengikutinya...?I]


Referensi:


1. https://money.kompas.com/read/2020/06/28/084200426/10-negara-pemilik-emas-terbanyak-di-dunia-indonesia-nomor-berapa- 


2. https://duniatambang.co.id/Berita/read/256/Mengenal-Grasberg-Harta-Karun-Freeport


0
2.9K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.