• Beranda
  • ...
  • Health
  • Sering Tidur dengan Rambut Basah? Hindari, Atau Kalian Akan Terkena Penyakit Ini

batzforum
TS
batzforum
Sering Tidur dengan Rambut Basah? Hindari, Atau Kalian Akan Terkena Penyakit Ini
Tidur merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap makhluk hidup yang ada di dunia. Namun yang perlu diingat adalah tidur juga tidak boleh sembarangan karena akan memicu berbagai dampak negatif bagi tubuh. Salah satu hal yang harus dihindari saat tidur adalah rambut basah, usahakan sebelum tidur kita memastikan rambut kita kering terlebih dahulu. Jika kita membiarkan diri kita tidur dalam kondisi rambut basah, maka akan memicu terjadinya penyakit seperti di bawah ini.

1. Infeksi Kulit Kepala


Penyakit pertama yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan tidur dengan rambut basah adalah infeksi kulit kepala. Hal tersebut terjadi karena pada saat tidur dengan rambut basah dapat menciptakan iklim yang cocok atau sempurna bagi jamur dan bakteri untuk tumbuh di kulit kepala kita. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya iritasi di bagian kulit kepala atau infeksi jamur pada kulit kepala kita.

2. Sakit Kepala


Jika kita tidur dengan rambut basah, maka akan menyebabkan perubahan suhu tubuh secara mendadak dan menjadikan kepala kita sakit atau pusing. Selain itu jika kita membungkus rambut kita juga dengan handuk saat masih basah akan menimbulkan dampak yang sama juga. Jadi ada baiknya setelah selesai mandi kita mengeringkan rambut kita terlebih dahulu.

3. Alergi dan Pilek


Sepeti di poin kedua, tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan perubahan suhu tubuh secara mendadak dan dapat juga memicu terjadinya alergi dan pilek. Karena rambut kita basah, otomatis rambut kita lembab bukan? Nah dari kelembapan itulah mekanisme pertahanan tubuh kita melemah dan akan menyebabkan bakteri-bakteri dan virus menyerang tubuh kita yang melemah.

4. Gatal dan Bengkak


Jika kita tidur dengan rambut basah, maka jamur akan tumbuh di kulit kepala kita seperti yang sudah dijelaskan di poin nomor 1. Nah, karena kemunculkan jamur tersebut maka akan menyebabkan rasa gatal dan radang pada kulit kepala kita sehingga kita tidak nyaman dibuatnya. Bahkan rasa gatal itu akan bertahan sampai beberapa hari kedepan loh gan jika tidak langsung ditangani dengan benar.

Itulah beberapa akibat dari kegiatan tidur dengan rambut yang masih basah. Memang tidak terlalu parah, namun jika kita terbiasa melakukan hal tersebut maka tidak menutup kemungkinan kalau kita akan mendapatkan dampak buruk yang lebih besar bukan? Jadi hindarilah hal-hal yang dapat membuat tubuh kita menjadi sakit.

Sumber referensi : Tulisan Pribadi dan dari sini



indramamothunknownnymousUriNami
UriNami dan 46 lainnya memberi reputasi
47
9K
251
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.