Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
241
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef4ac1182d4957c3676acb2/ruu-hip-untuk-apa
Krisis di Indonesia makin bertambah saja, dari krisis keadilan, krisis ekonomi, krisis hukum hingga menjalar pada krisis ideologi. Maka lahirlah Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP), disini ada penekanan ideologi yang masih berada di wilayah abu-abu.
Lapor Hansip
25-06-2020 20:52

RUU HIP Untuk Apa?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


RUU HIP Untuk Apa?

RUU HIP Untuk Apa?


Krisis di Indonesia makin bertambah saja, dari krisis keadilan, krisis ekonomi, krisis hukum hingga menjalar pada krisis ideologi. Maka lahirlah Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP), disini ada penekanan ideologi yang masih berada di wilayah abu-abu.

Sebelum lanjut ke pembahasan tentang hal itu, bolehlah kita dengar lagu dari musisi legenda Iwan Fals dibawah ini. Sambil dengerin musik sambil membaca biar lebih asyik ya ga sih.



Ketika DPR berteriak tentang HIP sepertinya Pancasila dianggap kurang sakti maka harus di lindungi oleh HIP, saya tak akan bicara isi secara keseluruhan karena bisa di cari sendiri ya gan apa saja isi lengkap dari RUU HIP yang digagas oleh Partai PDI Perjuangan di DPR.

Apakah gagasan itu bagus? Yup secara keseluruhan tak ada yang salah, terlihat saat ini Pancasila sebagai ideologi negara hanya sebagai hiasan semata. Walau dari masa lalu program PMP, P4, PPkn sudah diajarkan namun lihat hasil akhirnya tak ada yang nyangkut di lapisan masyarakat yang majemuk, apalagi terhadap moral pejabat yang suka bejad.

RUU HIP Untuk Apa?

Korupsi merajalela, siapa yang punya uang dialah yang berkuasa. Kasus Marsinah, Munir, Widji Tukul dan lainnya tak pernah ada titik terang. Jadi sama saja bukan dengan sekarang, apa yang berubah?

Bagi ane pribadi "Tidak ada" hanya berubah peta perpolitikan saja, sedang gaya pemerintahan tidak menyentuh sektor yang sangat penting. Yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dari dulu hingga kini masalah moral, masalah akhlak, masalah keyakinan terus saja menjadi polemik. Kita selalu digiring untuk berseteru, dari masa lalu ketika para pemuda merumuskan kemerdekaan tidak satu suara ada saja sosok-sosok idealist yang akhirnya dibungkam. Salah satunya Tan Malaka, yang dianggap tak punya andil besar akan kemerdekaan negara ini, jejak sejarahnya ingin dihapus dari negeri ini karena berbau-bau PKI.

RUU HIP Untuk Apa?

Hal ini yang menjadi polemik ketika HIP ini hadir langsung dihadapkan dengan hal-hal yang berbau PKI, tidak adanya catatan tentang TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 tentang Larangan Ajaran Komunisme atau Marxisme-Leninisme. Membuat Pancasila yang akan didukung akan menjadi ideologi yang sekuler bahkan cenderung kepada ajaran Marhaenisme yang kiblatnya Marxis.

Pemikiran Nasakom bisa saja kembali berkumandang, ketika Trisila menjadi acuan dan Eka Sila perwujudan dari neo komunisme. Eittss ini yang harus kita bongkar apakah benar seperti itu.

Quote:

Mengutip dari kedua konsep tersebut termaktub dalam Bab II Pasal 7 yang berbunyi:

(1) Ciri pokok Pancasila adalah keadilan dan kesejahteraan sosial dengan semangat kekeluargaan yang merupakan perpaduan prinsip ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan/demokrasi politik dan ekonomi dalam satu kesatuan.

(2) Ciri pokok pancasila berupa trisila, yaitu: sosio-nasionalisme, sosio-demokrasi, serta ketuhanan yang berkebudayaan.

(3) Trisila sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terkristalisasi dalam ekasila, yaitu gotong-royong.


sumber kutipan

RUU HIP Untuk Apa?



Ketika melihat ini, memang gagasan ide ini berkaitan dengan sosial, nasionalis dan agamis. Lalu gotong royong ini sering dipakai jualan oleh PKI, namun yang sebenarnya terjadi Trisila dan Eka Sila merupakan gagasan Sukarno dan tak ada yang menentangnya. Namun yang menjadi dasar akhirnya tetap Pancasila.

Quote:



Berikut kutipan pidato Sukarno yang dimuat dalam Risalah Rapat BPUPKI tentang Trisila dan Ekasila setelah menyampaikan 5 gagasan tentang dasar negara pada 1 Juni 1945.

Saudara-saudara, "Dasar-dasar Negara" telah saya usulkan. Lima bilangannya. Inilah Panca Darma? Bukan! Nama Panca Dharma tidak tepat di sini. Dharma berarti kewajiban, sedang kita membicarakan dasar. Saya senang kepada simbolik. Simbolik angka pula. Rukun Islam lima jumlahnya. Apa lagi yang lima bilangannya?

(Seorang yang hadir: Pandawa Lima)

Pandawa pun lima orangnya. Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima pula bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa saya, namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan Negara Indonesia, kekal dan abadi. (peserta rapat tepuk tangan riuh).

Atau, barangkali ada saudara-saudara yang tidak suka akan bilangan lima itu? Saya boleh peras, sehingga tinggal 3 saja. Saudara-saudara tanya kepada saya, apakah "perasan" yang tiga itu?

Berpuluh-puluh tahun sudah saya pikirkan dia, ialah dasar-dasarnya Indonesia Merdeka, Weltanschauung kita. Dua dasar yang pertama, kebangsaan internasionalisme, kebangsaan dan perikemanusiaan, saya peras menjadi satu: itulah yang dahulu saya namakan socio-nationalism .

Dan demokrasi yang bukan demokrasi Barat, tetapi politiek-economische democratie, yaitu politieke demokrasi dengan sociale rechtvaardigheid, demokrasi dengan kesejahteraan. Saya peraskan pula menjadi satu: inilah yang dulu saya namakan socio-democratie. Tinggal lagi ketuhanan yang menghormati satu sama lain.

Jadi yang asalnya lima itu telah menjadi tiga, socio-nationalism, socio-democratie, dan ketuhanan. Kalau Tuan senang kepada simbolik tiga, ambillah yang tiga ini. Tetapi Barang kali tidak semua Tuan-tuan senang kepada Trisila ini , dan minta satu-satu dasar saja? Baiklah, saya jadikan satu, saya kumpulkan lagi menjadi satu. Apakah yang satu itu?

Sebagai tadi telah saya katakan: kita mendirikan Negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Hadikoesoemo buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemiko yang kaya buat Indonesia, tetapi Indonesia buat Indonesia, semua buat semua!

Jikalau saya peras yang lima menjadi tiga, dan yang tiga menjadi satu, maka dapatlah saya satu perkataan Indonesia yang tulen, yaitu perkataan "gotong-royong". Negara Indonesia yang kita dirikan Negara gotong royong! Alangkah hebatnya! Negara Gotong Royong ! (Peserta rapat tepuk tangan riuh-rendah )

"Gotong Royong" adalah faham yang dinamis, lebih dinamis dari "kekeluargaan ", saudara-saudara! Kekeluargaan adalah satu faham yang statis, tetapi gotong -royong menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan, yang dinamakan anggota yang terhormat Soekardjo satu karya, satu gawe.

Marilah kita menyelesaikan karya-gawe‚ pekerjaan‚ amal ini‚ bersama-sama! Gotong-royong adalah pembantingan tulang bersama‚ pemerasan keringat bersama‚ perjuangan bantu-membantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua‚ keringat semua buat kebahagiaan semua∙ Ho‐lopis kuntul‐baris buat kepentingan bersama! Itulah gotong‐royong! (Tepuk tangan riuh-rendah ).

Prinsip gotong royong di antara yang kaya dan yang tidak kaya‚ antara yang Islam dan yang Kristen‚ antara yang bukan Indonesia tulen dengan peranakan yang menjadi bangsa Indonesia∙ Inilah‚ saudara ‐saudara‚ yang saya usulkan kepada saudara-saudara.

Pancasila menjadi Trisila, trisila menjadi Ekasila. Tetapi terserah kepada Tuan-tuan, mana yang Tuan-tuan pilih: Trisila, Ekasila ataukah Pancasila? isinya telah saya katakan kepada saudara-saudara semuanya. Prinsip-prinsip seperti yang saya usulkan kepada saudara-saudara ini adalah prinsip untuk rakyat Rusia, San Min Chu I tidak dapat menjadi kenyataan zonder perjuangan bangsa Tionghoa, saudara-saudara! Tidak!

Bahkan saya berkata lebih lagi dari itu: zonder perjuangan manusia, tidak ada satu hal agama, tidak ada satu cita-cita agama yang dapat menjadi realiteit. Jangankan buatan manusia, sedangkan perintah Tuhan yang tertulis di dalam kitab Quran, Zwart op wit (tertulis di atas kertas ), tidak dapat menjelma menjadi realiteit sonder perjuangan manusia yang dinamakan umat Islam.

Begitu pula perkataan-perkataan yang tertulis di dalam kitab Injil, cita-cita yang termasuk di dalamnya tidak dapat menjelma sonder perjuangan umat Kristen.

Maka dari itu, jikalau bangsa Indonesia ingin supaya Pancasila yang saya usulkan itu, menjadi realiteit, yakni jikalau kita ingin hidup menjadi satu bangsa, satu nationaliteit yang merdeka, ingin hidup sebagai anggota dunia yang merdeka, yang penuh dengan perikemanusiaan ingin hidup di atas dasar permusyawaratan, ingin hidup sempurna dengan sociale rechtvaardighead, ingin hidup sejahtera dan aman, dengan ketuhanan yang luas dan sempurna, jangan lupa akan syarat untuk menyelenggarakan ialah perjuangan, perjuangan, dan sekali lagi perjuangan.

Jangan mengira bahwa dengan berdirinya Negara Indonesia Merdeka itu perjuangan kita telah berakhir. Tidak! Bahkan saya berkata: Di dalam Indonesia Merdeka itu perjuangan kita harus berjalan terus, hanya lain sifatnya dengan perjuangan sekarang, lain coraknya. Nanti kita bersama-sama, sebagai bangsa yang bersatu padu, berjuang terus menyelenggarakan apa yang kita cita-citakan di dalam Pancasila.

Dan terutama di dalam zaman peperangan ini, yakinlah, insaflah, tanamkanlah dalam kalbu saudara-saudara, bahwa Indonesia Merdeka tidak dapat datang jika bangsa Indonesia tidak berani mengambil risiko, tidak berani terjun menyelami mutiara di dalam samudra yang sedalam-dalamnya.

Jikalau bangsa Indonesia tidak bersatu dan tidak menekad mati-matian untuk mencapai merdeka, tidaklah kemerdekaan Indonesia itu akan menjadi milik bangsa Indonesia buat selama-lamanya, sampai ke akhir zaman! Kemerdekaan hanyalah diperdapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobat-kobar dengan tekad "Merdeka, merdeka atau mati!" (tepuk tangan riuh)

Saudara-saudara! Demikianlah saya punya jawab atas pertanyaan Paduka Tuan Ketua. Saya minta maaf, bahwa pidato saya ini menjadi panjang lebar, dan sudah meminta tempo yang sedikit lama, dan saya juga minta maaf, karena saya telah mengadakan krikitik terhadap catatan Zimukyokutyoo yang saya anggap verschrikkelijk zwaarwiching itu. Terima kasih!

(Tepuk tangan riuh rendah dari segenap hadirin).

sumber kutipan



RUU HIP Untuk Apa?

Terbukti apa yang dituduhkan oleh mereka yang mengatakan HIP ini manifestasi dari PKI nampak konyol, ketika berkata Trisila dan Ekasila bagian dari PKI itu sama saja menuduh "Sukarno PKI" mari berfikir secara terbuka, apa karena "Kartosuwiryo" di bungkam di era Sukarno maka ada pihak-pihak yang hingga kini meradang tak senang?

Lalu apa bedanya dengan kasus Tanjung Priok? Menurut opini saya RUU HIP adalah bentuk penghormatan terhadap Sukarno,pertanyaanya masihkah menganggap Sukarno itu berjasa untuk negara atau Sukarno tak dianggap karena sosok dibalik layar yang menumpas DI/TII dan banyak pemberontakan lainnya hilang dari nusantara?

RUU HIP Untuk Apa?

Apalagi ada perbedaan pendapat hari lahir Pancasila dimana saat ini dianggap 1 Juni 1945, namun secara resmi Pancasila lahir 18 Agustus 1945. Tapi perlu di ingat Piagam Jakarta lahir pada 22 Juni 1945, ada butir di sila pertama di mana pihak agamis yaitu Islam harus menurunkan ego agar hukum yang berlaku di Indonesia berdasarkan Syariat Islam.

Pancasila memang lahir penuh perdebatan, tapi ketika sudah menjadi dasar negara. Para pemimpin banyak yang tutup mata, bahkan hafalan Pancasila di kalangan Pejabat negara saja saat ini banyak yang amnesia.

Apalagi untuk dijadikan tuntunan bernegara? Jadi HIP menurut saya buang-buang waktu saja. Menghormati Sukarno banyak cara lain daripada memperjuangkan HIP. Yang diperjuangkan itu adalah isi dari butir Pancasila lebih pas untuk saat ini.

RUU HIP Untuk Apa?

Mari kita diskusi dengan bijak, terkadang politik memang tak bisa menyenangkan banyak pihak harus ada yang tergusur dan tersungkur. Salam, saya c4punk see u next thread.






emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik,klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

RUU HIP Untuk Apa?
RUU HIP Untuk Apa?
RUU HIP Untuk Apa?

GIF

Kunjungi blog grup kompak di kaskus, klik banner dibawah ini.


RUU HIP Untuk Apa?





Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 65 lainnya memberi reputasi
60
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 15:36
Yg penting jgn sampai ada Komunisme di negeri ini .
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 15:37
yah balik lagi jaman soeharto dong. trus sekalian aja penataran p4 di hidupkan lagi...
RUU HIP Untuk Apa?
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 15:38
Satu sisi ngeributin teori mulu, tapi penerapannya nol.
Sisi lainnya ngeributin PKI mulu...

Hasilnya...muter2 disitu aja, ngga bakal kemana2
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 15:54
dulu ada lho ormas atau apa gitu...pokoknya organisasi itu di bubarin gara2 mau pancasila mau di ganti
kok sekarang ada lagi yg mau ganti pancasila...
ini orang2nya yg itu jga apa bukan sih?
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 16:00
pancasila keknya adem adem ae bre















emang yang demo aje yang rada sengklek, modal nasbung sama bendera sablon sendiriemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan c4punk1950... memberi reputasi
1 1
0
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 16:00
pancasila keknya adem adem ae bre















emang yang demo aje yang rada sengklek, modal nasbung sama bendera sablon sendiriemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 16:19
yups...
bner bgt gan...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 16:28
ribedd.. pancasila, pekai, ribut2 politik

yg laen udh pake mobil terbang, nanem jagung di bulan, implan jembut.. disini masih ngeributin itu2 juga
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 16:39
Partai Banteng bilang RUU HIP bukan gagasan dari mereka... Entah lah
Tapi kalo diliat dari ADART mereka ko bisa klop banget wkwk
.
Tapi dari dulu gua ga peduli sama Parpol mana pun... Gua Golput terus dari dapet KTP emoticon-Salam Kenal
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 16:47
do you know ?
Isu PKI di gembar gemborkan oleh pihak : 212
isu khalifah di gembar gemborkan oleh pihak : buzzerp

dari kesimpulan di atas bisa saja PKI dan paham khalifa cuma akal"an ke dua belah pihak untuk saling menyerang..
masyarakat harus cerdas, apapun yg mereka lakukan tidak menguntungkan masyarakat sepenuhnya.. yg ada negeri ini semakin terpuruk hanya karena kepentingan salah satu pihak baik pihak cebong atau pihak kadrun.

negara yg maju adalah negara yg mapan secara ekonomi bukan politik.
profile-picture
profile-picture
majorminor666 dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 17:02
Negara ini adalah nagara Bapak Saya kalau gak ada Bapak Saya gak ada negara ini, semua ini karena Bapak Saya
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 17:04
RUU HIP untuk mengucurkan anggaran.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 17:05
kita butuh lebih banyak pemuda seperti ente bre emoticon-2 Jempol
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 17:15
RUU HIP Untuk Apa?....yg untuk kepetingan yg punya hajat lah...siapa lagi klo bukan megalodon dan Bangsa GW China
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 17:20
Ni orang-orang dapet ide komunis-marxist darimana sih ?, pasti cuman bandwagon doang emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 17:20
Serius nanya...!!!
Kenapa negara² yg masih menganut komunis saat ini malah menjadi superpower dan ditakuti oleh banyak negara barat khususnya MamaRika?
emoticon-Bingung
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 17:20
Menurut ane, ideologi itu klo mau dibahasakan dengan kata2 kerja ya jadi sulit. apalagi ini isinya ada lima, klo diringkas ada kesan meninggalkan satu dgn yg lain. Ane setuju dgn diadakannya kembali penataran atau sejenisnya utk lebih menancapkan Pancasila dlm diri. Jangan pesimis bilang ga ada gunanya. Klo soal perseteruan politik apapun ideolaginya akan tetap ada
profile-picture
profile-picture
dewakere dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 17:23
Nice Info..emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 17:24
bulsit bgt ini materi, buat apa coba? mau ngatur2 moral lg?
yg bikin peraturan aja ga ada moralnya emoticon-Ngakak
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
RUU HIP Untuk Apa?
28-06-2020 17:30
Quote:Original Posted By adamyvon
Tentu saja untuk menjadikan indonesia sbg negara Komunis emoticon-Angel

Lihat aja rusia cina mereka jd negara super power skrg emoticon-I Love Indonesia


Rusia atau uni soviet? RUSIA bukan komunis...yg komunis itu leluhurnya yg Uni soviet yg bubar...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia