firsaf05Avatar border
TS
firsaf05
4 Manfaat Metode Food Preparation, Salah Satunya: Bikin Uang Belanja Lebih Hemat
Food Preparation







Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang manajemen perdapuran yang masih hits di kalangan ibu rumah tangga. Yakni metode food preparationatau sering juga disingkat menjadi foodprep.

Jadi, sebenarnya apa sih foodprep ini?

Foodprep adalah metode mempersiapkan makanan, dari bahan mentah menjadi olahan yang siap disantap, dalam jumlah besar. Misal untuk seminggu, dua mingggu atau bahkan bulanan. Lebih mudahnya, kita sebut saja nyetok bahan makanan di kulkas untuk beberapa waktu ke depan.😁

Metode ini sendiri memiliki beberapa proses. Memang agak ribet ketika awal-awal akan menerapkannya. Untuk yang belum terbiasa mungkin akan butuh waktu cukup lama untuk mempersiapkan semuanya.

Pertama, kita harus menentukan terlebih dahulu, bahan makanan yang akan kita beli untuk stok berapa lama. Dua minggu misalnya.

Kedua, Membuat daftar menu makanan harian selama dua minggu ke depan. Mencatat bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, lalu mulai berbelanja.

Lalu setelah berbelanja, step ketiga ialah masuk dalam proses inti. Persiapan. Memisahkan sayur, lauk, buah dan bahan makanan lain sesuai jenisnya.

Mengapa step ini dikatakan yang paling penting? Karena dalam proses inilah kita harus melakukan teknik penyimpanan yang tepat, agar bahan makanan menjadi awet dan tetap segar selama waktu yang sudah kita prediksikan.

Triknya adalah, simpan makanan ke dalam wadah kedap udara. Ikan-ikanan setelah dicuci bersih, beri irisan atau perasan air jeruk nipis, lalu simpan dalam freezer. Daging tak perlu dicuci, setelah dipotong-potong, masukkan ke wadah kedap udara dan simpan ke dalam freezer. Untuk sayuran, lakukan hal yang sama. Jangan dicuci. Setelah disiangi atau dipotong-potong siapkan wadah kedap udara, alasi dengan tissu makan, kertas, atau koran. Masukan sayuran, tutup rapat dan simpan di kulkas. Atau, jika tak punya banyak food container, cukup bungkus saja dengan kertas. Fungsi kertas/tissu di sini adalah untuk menyerap embun atau titik-titik air, sehingga sayuran tidak mudah busuk.


Dokpri


Berdasarkan pengalaman pribadi, metode foodprep ternyata memiliki banyak manfaat. Mari simak beberapa di antaranya. 👇

1. Efisiensi Waktu





Kita tahu, pekerjaan ibu rumah tangga itu tak hanya urusan belanja dan memasak. Ada begitu banyak tugas domestik yang harus dikerjakan. Apalagi jika si ibu juga merangkap sebagai wanita karir. Tentu tak punya banyak waktu utuk urusan dapur saja.

Dengan menerapkan metode ini, kita jadi tidak perlu bolak-balik pergi ke pasar atau warung sayur untuk membeli bahan makanan. Terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Selain itu, waktu memasak akan jadi lebih cepat. Tentu saja karena bahan masakan sudah siap di kulkas. Tak perlu waktu lama untuk menyajikan makanan, sreng goreng-goreng dan foilaaa ... matang. 😁


2. Menghemat uang belanja





Soal hemat menghemat memang sudah jadi tugasnya seorang ibu rumah tangga, kan ya. Nah, pertanyaannya adalah... kenapa metode foodprep ini bisa bikin kita hemat?

Memang sih... saat belanja sekaligus banyak, untuk stok beberapa waktu ke depan membuat kita harus menyiapkan pengeluaran cukup besar. Tapi, sebanding pula dengan hasil yang kita terima.

Dengan metode ini lauk-pauk dan sayur mayur akan bertahan lama di kulkas, dalam keadaan yang masih segar. Sehingga tidak ada bahan makanan yang terbuang atau membusuk karena terlalu lama disimpan.

Selain itu, saat kita pergi ke pasar hanya seminggu atau dua minggu sekali, biaya trasport akan lebih sedikit. Ongkos naik kendaraan umum atau biaya untuk membeli bahan bakar bisa dipangkas, dan ditabung.

3. Kulkas tertata rapi





Melihat kulkas yang rapi bersih paripurna, tentu akan membuat moodkita bagus. Kemudian memunculkan semangat dan gairah untuk memasak.

4. Menu makanan teratur





Salah satu bentuk kegalauan yang sering berputar-putar di kepala seorang ibu rumah tangga adalah, "MAU MASAK APA HARI INi?"

Dengan foodprep, otomatis daftar menu makanan yang telah kita buat di awal akan sangat membantu. Tak perlu bingung lagi. Tinggal lihat daftar, bahan telah siap di kulkas, lalu mulai memasak.

Begitulah kira-kira manajemen perdapuran berdasarkan pengalaman pribadi ane. Semoga bermanfaat.

Bandar Lampung, 26 Juni 2020.

#BBB#Firsaf05
Diubah oleh firsaf05 29-06-2020 10:28
liramarlinda
lurika
japarina
japarina dan 81 lainnya memberi reputasi
80
8.7K
373
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.