kutilkuda1202Avatar border
TS
kutilkuda1202
[CURHAT] Punya Temen Hobi Menilai Orang Lain
Halo agan-agan semua.. Kangen nih nulis thread tentang curhatan. Maaf kan TS yang dua kali upload isinya kayak cerpen semua. Soalnya TS kemarin sibuk lagi nulis. 
Okay.. back to CURHAT thread..
Kali ini TS sendiri yang akan  ceritain apa yang jadi pengalaman TS dan jujur mengganggu pikiran TS akhir-akhir ini. 
Ane berharap temen-temen semua nih mau memberikan komentar supaya ane bisa mengambil langkah selanjutnya.

Temanku Sang Komentator

Ane adalah pemilik akun Kutilkuda1202 ini. Oya selama ini ane belum pernah memperkenalkan diri ya. Kenalin, nama ane Bian. Ane cowok, umur ane masih 28 kok.. ya mungkin orang-orang bilang ane ini udah tua, ada juga yang bilang udah dewasa matang, ada juga yang bilang sudah kadaluarsa. Terserahlah mereka mau bilang apa. Ane mencoba menjalani hidup ane dengan segala rasa syukur dan menikmati setiap waktu yang Tuhan berikan buat ane. Segala masalah dan cobaan ane udah rasakan. Kapan-kapan ane bikin deh ya thread khusus curhatan TS pribadi. 

Tapi nih gan... ada yang mau ane ceritakan dan minta pendapat agan-agan semua. Ane ini bekerja sebagai karyawan di perusahaan. Jadi untuk kebutuhan hidup ya ane bergantung dari penghasilan kerja di perusahaan kan. Sama kayak karyawan-karyawan lain. Ane punya bakat macem-macem. Ada bakat main musik dan juga bakat buat nulis-nulis. Sebenernya ane suka nulis gara-gara akun ini sih. Jadi ane dengerin curhat temen ane, trus ane buat cerita. Dan syukur-syukur masuk hot thread. Jujur semua cerita yang ane buat itu REAL. tapi ada yang fiksi cuman 1 doang, yang tentang Kutukan Cinta Berti. Itu Fiksi gan.

Agan-agan semua tau kan kalau nulis di kaskus atau pun grup menulis itu tidak menghasilkan uang? NO MONEY. cuman menyalurkan pemikiran dan hobi aja kan. Buat seru-seruan sama temen-temen kaskusers. Selain itu, ane juga bisa melampiaskan apa yang jadi pikiran dan gundah gulana ane. 

Nah, disaat ane sibuk bikin tulisan buat di kaskus, dan juga sosmed lain buat temen-temen komunitas membaca. Ada salah satu temen ane yang ngirim WA ke nomer ane. Dia adalah temen sekolah ane waktu itu. Dia sebenernya orang nya baik, pinter, dan juga perhatian sama temen. Dia juga sering curhat dan ane sendiri juga kadang curhat sama dia. Ya namanya temen. Ane membalas pesan dia,"iya, lagi sibuk bikin cerita". Karena emang ane lagi bikin konten buat di wattpad dan cerpen buat komunitas membaca.

Setelah itu dia bales tuh pesan ane. Doi bilang,"bikin cerita mulu lu, kayak dapet duit aje". Seketika waktu ane baca kalimat awal itu, ane langsung emosi dong. Jujur ane emang bukan orang kaya yang udah kecukupan. Ane sadar ane juga banyak kekurangan, tapi ane langsung merasa seperti tulisan ane di kaskus, di komunitas dan wattpad tu kayak sia-sia.

Ane merasa semuanya sia-sia, semuanya gak berharga, dan bener-bener PERCUMA. Ane saat itu berpikir. "Ngapain gua capek-capek buat tulisan, cerpen, novel, dan artikel kalau tidak menghasilkan uang". Itu yang ane pikirkan saat membaca balasan pesan dari temen ane. Ane seketika down, seperti merasa gak berguna. Bakat ane gak ada gunanya. Cuman tulisan sia-sia yang gak ada artinya. Hanya menghabiskan waktu. Padahal usia 28 adalah usia produktif. 

Ane down saat itu. Ane emosi tapi sebagai teman, gak mungkin ane balas dengan tidak sopan. Ane membalas pesan dari dia begini: Gua nulis ini cuman hobi, supaya otak ane terbuka, jalan dan gak mati. Itu balasan ane. Lalu temen ane membalas kembali pesan dari ane. "Gua kalo dibayar bisa nulis lebih gila dari lo".

Jujur ane berpikir. Apa motivasi temen ane bilang begitu. Apa dia ingin ane berhenti, ane stop melakukan hal gak berguna bagi dia? Dan fokus cari jodoh aja karena ane emang masih single. Atau cari kerjaan tambahan lagi biar dapet duit lagi. Daripada nulis begini tak menghasilkan uang. Sia sia... 

Ane sadar tulisan ane gak menarik. Ane juga sadar ane bukan penulis profesional. Ane cuman melampiaskan apa yang ada di pikiran ane dalam bentuk tulisan. Syukur-syukur menghibur, dan bisa menjadi ajang buat agan-agan semua sharing pengalaman dan memberi masukan serta penguatan. Tapi setelah membaca balasan dari temen ane ini, ane jadi tidak berhasrat lagi buat nulis, ane merasa sia-sia dan gak berguna lagi dalam melakukan hobi yang gak penting ini bagi dia. 

Coba sekarang agan-agan semua bayangkan. Agan semua hobi nulis, jadi agan nulis itu di kaskus dan medsos yang banyak orang baca. Tapi ada temen agan bilang begitu. Apa perasaan agan semua? Biasa aja atau gimana? itu posisi ane lagi mikir keras nyari ide buat novel online di wattpad nih. Agan tau sendiri kan tulisan di sosmed begini tidak akan dibayar.

Nah sekarang ane tanya ya, kalau agan-agan semua dikomentari seperti itu. 
apa yang agan pikirkan? apa yang agan akan lakukan?

lanjut nulis tapi gak dibayar... hanya sia-sia aja, hanya ngisi waktu kosong.. 
atau berhenti aja, dan mengerjakan hal lain yang lebih masuk akal bagi orang umumnya supaya hidup ane seperti mereka.
Mohon komen ya... Ane tunggu balasan agan-agan dan aganwati semuanya.

Salam KUTILKUDA



bukanpriagatel
davinozay
bukhorigan
bukhorigan dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.2K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to Heart
icon
21.6KThread27KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.