• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hebat! Saingi Upin-Ipin, Film Animasi Buatan Asli Indonesia Ini Tayang di 56 Negara

widokoAvatar border
TS
widoko
Hebat! Saingi Upin-Ipin, Film Animasi Buatan Asli Indonesia Ini Tayang di 56 Negara
Betul betul betul! Siapa yang tidak kenal dengan suara lucu itu. Ya Upin Ipin. Si kembar dari negeri jiran tersebut seperti begitu lekat pada anak-anak. Tak jarang logat bicaranya digunakan anak-anak kecil di sekeliling kita.


Kiko (Sumber: fimela.com)

Indonesia memang merupakan salah satu negara ekspor terbesar kartun asal Malaysia tersebut. Termasuk Malaysia dan Indonesia, Upin - Ipin telah tayang sekurangnya di 12 Negara. Termasuk diantaranya negara Eropa Turki.


Upin - Ipin (Sumber: tirto.id)


Tetapi bukan Malaysia saja yang berhasil menelorkan film animasi anak yang sukses di pasaran internasional. Ternyata Indonesia juga bisa melakukan hal serupa. 

Benarkah, kartun apakah itu?


Kiko (Sumber: mncupdate.com)


Kartun tersebut adalah petualangan dalam dunia air dengan judul Kiko. Kiko adalah film animasi buatan MNC Animation dari Indonesia. Di Indonesia serial Animasi anak ini tayang di RCTI.

Film ini bercerita tentang kehidupan di dalam air dari seekor ikan emas bernama Kiko di Asri Town. Kiko adalah seekor ikan emas yang bermutasi. Ia hidup bersama teman-temannya bernama Poli, Lola, Patino dan Ting Ting. Banyak keseruan-keseruan khas anak yang menaburi cerita ini. Dari keseruan itu mereka selalu menghadapi masalah, tetapi sering kali berakhir dengan ceria.

Dilansir Sindonews.com, 6 Maret 2019, Kiko pertama kali rilis pada Agustus 2014 yang bersifat pra musim. Dan Februari 2016 merupakan musim pertama.

Dalam perkembangannya film animasi anak ini terus berekspansi dan diterima pasar luar negeri. Dilansir Sindonews.com, 25 Mei 2020, film animasi asli buatan Indonesia ini telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa diantaranya adalah Inggris, Spanyol, Brazilian dan Portugis.

Menurut media yang sama sejak tahun 2019 kemarin film animasi ini telah tayang di 52 negara. Tahun 2020 ini ada tambahan 4 negara baru. Sehingga total sekarang Kiko sudah tayang di 56 negara.

Negara yang menayangkan Kiko tersebar di berbagai kawasan di duniai. Antara lain Inggris, Korea, 5 Negara di Asia Tenggara, 10 Negara Afrika, 14 Negara Timur Tengah dan 25 Negara Amerika Latin.

Selain sukses di pasaran internasional, Kiko juga telah mendapatkan berbagai penghargaan. Di tanah air misalnya, Film Animasi tersebut telah memperoleh penghargaan program dan animasi anak terbaik 2016 dan 2019 dari Panasonic Gobel Awards. Juga menjadi Animasi Anak Lokal Favorite dari Indonesian Television Awards tahun 2017 dan 2018. 

Sementara itu di level Asia mendapatkan penghargaan Program anak - anak terbaik dari Asian Academy Creative Awards 2019. Juga masuk nominasi Program Animasi 3D Terbaik di Asian Television Awards.

Sebuah pencapaian yang luar biasa, semoga semakin berkembang dan menginspirasi program-program lainnya....I]


Referensi:

1. https://lifestyle.sindonews.com/beri...ar-game-global

2. https://lifestyle.sindonews.com/read...-xd-1593047190
cor7
jangkrikgirl32
eeng1989
eeng1989 dan 73 lainnya memberi reputasi
74
17.6K
284
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.