• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Sosok SAKERA Pejuang Rakyat Kecil Indonesia Yang Jarang Diketahui

SenaP99Avatar border
TS
SenaP99
Mengenal Sosok SAKERA Pejuang Rakyat Kecil Indonesia Yang Jarang Diketahui

images source



Sakera adalah seorang tokoh pejuang legenda kelahiran Pulau Madura ia berjuang melawan penjajahan Belanda sekitar permulaan Abad ke -19. Sakera adalah seorang jawara daerah, Yang
melawan perintah diktator Belanda di Perkebunan tebu di daerah Bangil. Sakera. Seperti juga Jawara-jawara daerah lainnya, Ditangkap Belanda setelah Dikhianati oleh salah satu temannya sendiri. Ia dimakamkan di wilayah Bekacak kelurahan Kolusari. Daerah paling selatan dikota Bangil. Legenda jagoan asli pulau Madura ini sangat popular di Jawa Timur utamanya di Pasuruan dan Madura.




Sakera yang bernama asli Sadiman adalah golongan Ningrat yang disebut dengan KALAS MAS, berlatar belakang Islam yang amat sholeh dan pekerja keras. Profesinya sebagai Mandor di perkebunan Tebu milik pabrik Gula Kancil Mas Bangil. Ia dikenal sebagai seorang Mandor yang Baik Hati dan Sangat memperhatikan Kesejahteraan para Pekerja. Sehingga ia dijuluki Pak Sakera.






Sakera menjalani Hidupnya dengan Bahagia. Ia bahkan memiliki dua IstriIstri. Yang pertama bernama Ginten, sementara yang kedua bernama Marlena. Ia juga merawat keponakannya yang bernama Brodin. Namun kehidupannya yang bahagia itu berubah Drastis saat ia dituding sebagai pembunuh dan menjadi Buronan para Kompeni Belanda. Hal itu berawal dari keberanian Sakera yang melakukan perlawanan kepada pihak Belanda.






Setelah musim giling selesai, pabrik gula sangat membutuhkan banyak lahan untuk menanam Tebu. Orang Belanda dengan liciknya berniat membeli lahan milik warga dengan harga yang sangat murah demi memperluas area Kebun Tebu milik Mereka. Belandapun meminta kepada Carik Rembang untuk menyiapkan lahan
Dengan harga yang sangat Murah tersebut dalam waktu singkat. Carik tersebut di Iming-imingi imbalan yang akhirnya membuat si Carik sepakat, si Carik menggunakan cara kekerasan untuk memaksa para warga untuk menjual lahan mereka. Tidak Terima melihat hal tersebut. Sakerapun membela Rakyat dan membuat upaya si Carik Gagal, tindakan Sakerapun dilaporkan kepada pemimpin Perusahaan. AkhirnyaAkhirnya orang perusahaan pun berencana untuk membunuh Sakera.





Para polisi Belanda kerepotan menghadapi ulah Sakera. Terlebt Sakera sangat Kuat. Bisa dibilang Sakti. Akhirnya Belanda pun mencoba mencari kelemahannya. Mereka mendatangi teman seperguruan Sakera bernama Aziz untuk mendapatkan Informasi, Tergiur oleh iming-iming Tersebut, Aziz pun bersedia menjebak Sakera dengan mengadakan Tayuban, Sakera sangat menyukai Tayuban, ia pun Muncul dan Hendak ikut Menari, namun ternyata saat itu Ilmunya Dilumpuhkan menggunakan Bambu apus yang merupakan Kelemahannya, Sakerapun Akhirnya Dihukum Gantung. Ia dimakamkan di daerah Bekacak Kelurahan Kolusari, daerah paling selatan Kota Bangil.









Keberanian Sakera Dalam Memperjuangkan Rakyat Kecil Memang Patut Diacungi Jempol. Tapi Sayangnya, Kisah Heroik Sang Ahli Cerulit Ini Jarang Diketahui Apalagi Didokumentasikan. Walaupun Demikian, Nama Sakera Tetap Akan Terukir Dan Menjadi Panutan Bagi Masyarakat Jawa Timur.





images source


emoticon-Cendol Ganemoticon-Blue Guy Cendol (L)

Referensi : PRIBADI
Diubah oleh SenaP99 26-06-2020 04:30
raliakbarrr
UriNami
peskarepes
peskarepes dan 51 lainnya memberi reputasi
52
17.2K
181
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.