Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
69
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef5264428c99115f75e7689/miris-kenapa-orang-pintar-dan-jujur-selalu-dicap-munafik-serta-sombong-di-sekolah
Kujujuran merupakan sebuah aset berharga dalam diri seseorang yang sangat langka di negeri ini. Di mana mereka melakukan segala sesuatu dengan baik saat dilihat orang maupun tidak, bekerja secara benar tanpa sibuk pembenaran dan selaras atas apa yang ada dalam nurani dengan ucapannya. Saking langkanya, kita sampai jenuh karena tak kunjung menemukannya. Berita setiap harinya hanya berisikan politis
Lapor Hansip
26-06-2020 05:33

Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?

icon-verified-thread
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?

Kujujuran merupakan sebuah aset berharga dalam diri seseorang yang sangat langka di negeri ini. Di mana mereka melakukan segala sesuatu dengan baik saat dilihat orang maupun tidak, bekerja secara benar tanpa sibuk pembenaran dan selaras atas apa yang ada dalam nurani dengan ucapannya.

Saking langkanya, kita sampai jenuh karena tak kunjung menemukannya. Berita setiap harinya hanya berisikan politisi melakukan tindak korupsi, suap, pungli hingga kecacatan hukum yang memprihatikan. Yang jelas-jelas salah dipermudah, sementara yang benar malah diincar-incar untuk difitnah.

Karakter seperti ini tak lepas dari kondisi masyarakat yang mana sedari kecil sudah diajarkan untuk lebih memilih kebohongan dan kecurangan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai buktinya, saat di sekolah, apakah sistem pendidikan akan lebih menghargai siswa dengan nilai pas-pas tapi hasil sendiri atau nilai sempurna tapi hasil menyontek?

Hampir 99% pasti jawabannya siswa dengan nilai sempurna walaupun melakukan kecurangan akan lebih dihargai. Kejujuran dinomorsekiankan. Tak peduli pembenaran siapapun, kenyataan di lapangan begitu adanya.

Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
Foto: Twitter.com


Baru-baru unggahan di atas tengah menjadi buah bibir di berbagai platform media sosial. Reaksi netizen atas unggahan itu bermacam-macam. Ada yang menjadikannya sebagai lelucon yang mengundang gelak tawa, ada pula yang menjadikannya satire. Akan tetapi, tak sedikit netizen budiman yang mengkritik unggahan tersebut seperti yang ane temui di grup Facebook, Quora hingga Whatsapp.

Poin penting yang dapat kita soroti dari status Facebook tersebut adalah seorang yang jujur akan dikerdilkan--terlebih jika mereka pintar--karena tidak "membantu" temannya saat ulangan dengan memberikan sontekan.

Perlu dicatat, orang pintar itu belum tentu cerdas. Cara belajar antara mereka yang biasa saja dengan yang berotak di atas rata-rata akan berbeda. Alhasil, orang biasa untuk menjadi pintar perlu perjuangan lebih. Mereka harus banyak membaca dan memahami pelajaran.

Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
Foto: Republika


Bayangkan saat ujian, setelah orang pintar itu berjuang maksimal dengan belajar keras untuk menjawab soal malah diminta jawabannya oleh mereka yang bermalas-malasan. Jika orang pintar itu jujur maka mereka akan dianggap munafik, pelit dan tidak setia kawan.

Lagipula, mereka yang malas di sekolah dan selalu meminta jawaban itu suka memberi apa kepada mereka yang pintar yang jujur? Apakah mereka setia kawan dengan orang pintar yang jujur? Apakah mereka peduli terhadap urusan orang pintar yang jujur?

Hell no!

Mereka hanya bisa bermalas-malasan dengan merasa menjadi korban jika tidak diberikan sontekan. Mereka hanya bisa mengerdilak orang yang giat belajar dan jujur di lingkungannya. Itulah alasan mengapa demokrasi di negara kita penuh dengan ketidakjujuran. Di sini akar mulanya.

Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
Foto: Tribunnews.com


---

Penulis: @malaikatrindu
Referensi: Opini pribadi
Keterangan gambar utama: Facebook.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fias17 dan 18 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 09:59
Direktur doang, masih digaji aja sombong, yg diacungi jempol tu yg berjuang mati matian dgn tangan sndiri, ga ada gaji bulanan dan tetek bengek, penghasilan tinggi tapi hasil dari gaji bulanan mah biasa aja emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
anon009 dan putrateratai.7 memberi reputasi
1 1
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 10:03
Bisa pula kejadian ane kasih contekan cukup banyak, dia pula lebih tinggi nilainya ...

Ada lagi kondisi yang sulit untuk memberi contekan, karena pengawas ketat, ane ndak mau ambe resiko kertas ane juga dikoyak karena memberi contekan, keluar hasilnya, ane lulus dia merah, dia pula bilang ane pelit, sampah, bla bla, ..... 😥 padahal kalo pengawas nya bolehin bebas, kertas ane dia bole ambil taro di sebelahnya tinggal catat, biar puas dia ....

Kalo kita membantu orang, tapi kita sendiri juga jadi dalam bahaya, lantas bagaimana .... 😥 pengecualian tentunya untuk orang yang kita cintai
profile-picture
profile-picture
anon009 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
1 1
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 10:18
mungkin salah cara memakai jujur dan pintarnya.... emoticon-Ngacir
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 10:33
biasanya orang kayak gitu menjaga integritasnya sih jadi maunya ya jalan yang lurus lurus aja gitu loh
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 10:36
Quote:Original Posted By 3770372
seringnya sih pintar, jujur dan kompetitif yg bikin kesel emoticon-Ngakak (S)

ga mau ngajarin tmn2nya emoticon-Ngacir

emng mindset asia tuh kompetitif sih emoticon-Wink


Pinter iya, culas iya
Ngerti ya ngerti sendiri gk mau ngajarin
Giliran gk ngerti minta diajarin

Sering bener tuh gue nemu org begitu
profile-picture
profile-picture
anon009 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
1 1
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 10:37
Kalo ane sih bakal kasih contekan kalo dia juga ngasih contekan ke ane di pelajaran lain yang ane kurang kuasai jadi simbiosis mutualisme lah emoticon-Shakehand2
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 10:48
sayangnya orang pinter dan sombong yang dimaksud sudah terlalu sibuk utk menanggapi ini emoticon-Big Grin
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 11:20
krn amr pintar, maka ane ngasih contekan ke temen2, agar temen2 selalu malas belajar dan jadi goblok... cool
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 11:36
bagian dari budaya, dr sekolah sampe kerja terutama yg berhubungan sama pemerintahan, yg jujur itu pasti lebih banyak gak disukain emoticon-Big Grin
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 11:37
boleh percaya atau enggak, dulu ane sekolah gak pernah nyontek.. hasilnya? jadi peserta rutin remidi hahaha emoticon-Hammer2

tapi uniknya setiap mau naik jenjang (6 SD, 3 SMP, ama 3 SMA) ane bisa ngebut tuh, UN nilainya bagus dan bisa keterima sekolah favorit (no sogok"/jalur belakang)... sampe ane inget ada momen satu guru (beliau tau kalo ane kelas 1 ama 2 malesnya kayak apa) yang ngasih selamat ke bapak ane karena nilai anaknya bagus hahaha (ada kepuasan dan kebanggaan tersendiri di situ) emoticon-Cool

naah masuk bangku kuliah sistem ngebut ini gak bisa ane terapin karena IPK bagus kudu konsisten dari awal... tapi pas kuliah ini juga "sadar" kalo orientasi bukan ke nilai lagi (nilai IPK masih penting tapi bukan yang utama), bangun koneksi asah skill buat memperbesar peluang di dunia kerja lebih penting emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
steven.thereds dan balnus2019 memberi reputasi
2 0
2
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 11:42
gw pernah jd orang itu bray.....
gw pernah pinter tp polos g gw kasih contekan digituin, pernah gw kasih ko enak bener y

Trs y mohon maaf krn gw yg pinter dan mrk yg bodo y gw kasih aja contekan yg salah...win win solution, end wkwkwk

itu meme nya gw jawab aja lah, gw ud manager sejak umur 28, bentar lagi jd GM, klo ud bisa beli "sepeda" br layak lah jd direktur, skrg br mampu beli "mobil" aja bray
profile-picture
steven.thereds memberi reputasi
1 0
1
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 12:13
Justru krn merasa bodoh ane dulu pernah sekolah emoticon-Big Grin,
ya ga mungkin juga klo orang pintar ngomong
Sekolah ga penting
emoticon-Leh Uga
mungkin itu hnya orang kalangan nyesal masa
waktu muda ga dimanfaatin untuk belajar,
Indah lo
yg bilang sekolah ga penting emoticon-2 Jempol
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 12:31
krn itu menyusahkan mereka. menghambat kepentingan mereka. udah itu aja.
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 12:53
ane waktu sekolah antara keduanya aja, pernah nyontek sama pernah nyontekin..

0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 13:38
Lika liku laki2 kehidupan
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 13:41
Ane lebih ngehargain orang yg mau belajar, dibanding yg nyontek kerjaannya.
Alhamdulillah masih ada temen ane minta ajarin, tapi emang dia niat belajar.
Sampe sekarang ane bersyukur masih ada yg kaya gitu.
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 13:43
analoginya bagus gan emoticon-Smilie in some point i am agree
profile-picture
red.bezos memberi reputasi
0 1
-1
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 17:29
pantes budaya korupsi makin subur
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 19:03
jujur itu mata uang yang laku dimana mana tapi.. karena langka..
0 0
0
Miris, Kenapa Orang Pintar dan Jujur Selalu Dicap Munafik serta Sombong di Sekolah?
26-06-2020 19:49
Karena ku tahu engkau begitu.
emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia