KoncongAvatar border
TS
Koncong
Massa Demo Tolak RUU HIP Disarankan Tes PCR, PA 212 Klaim Semua Aman


Jakarta -
Pakar epidemiologi menilai setiap kerumunan memiliki potensi besar penularan virus Corona, termasuk aksi demo PA 212 dkk yang digelar kemarin. Massa aksi demo pun disarankan mengikuti tes polymerase chain reaction (PCR). Namun PA 212 meyakini mereka baik-baik saja.

"Belum ada (rencana tes PCR). Kami yakin insyaallah aman dan sehat semua, ikhtiar sudah kita lakukan dari penyemprotan disinfektan," ujar Ketua PA 212 Slamet Ma'arif kepada wartawan, Kamis (25/6/2020).

Slamet menyebut koordinator lapangan pada aksi kemarin telah meminta peserta menjaga jarak. Slamet berdoa pandemi virus Corona segera berlalu.

"Instruksi dari korlap untuk jaga jarak dan pakai masker. Bahkan lewat mobil komando saya sendiri mengingatkan untuk jaga jarak dan pakai masker. Mari kita berdoa semua aman dan sehat dan Corona segera berlalu," katanya.

Sebelumnya, pakar epidemiologi menyebut massa yang tidak menjaga jarak pada unjuk rasa di depan gedung DPR kemarin berpotensi menjadi klaster COVID-19 baru. Pakar meyakini protokol kesehatan akan sulit dilakukan pada aksi massa.

"Mereka berisiko tinggi untuk terinfeksi dan menyebarkan COVID-19. Jadi memang berpotensi besar untuk menjadi klaster baru COVID-19. Apalagi selama aksi mereka tidak melakukan protokol kesehatan, yang pasti sulit dilakukan pada saat aksi massa," kata pakar epidemiologi FKM UI Iwan Setiawan, Rabu (24/6).

Iwan mengimbau para peserta menjalani tes usai berkumpul melakukan aksi. Dia menyebut tes yang dilakukan lebih baik PCR untuk mengetahui secara cepat hasilnya.
"Jangan rapid test, tapi PCR, rapid test sekarang belum terdeteksi yang terinfeksi, karena antibodi baru terdeteksi di hari ke-10," ujarnya.

sumur

Semua aman. Krn mereka semua ahli sorga. emoticon-Angkat Beer

gabener.edan
galuhsuda
nomorelies
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.